Minggu, 13 November 2016

Bali Shell Museum – Hal Menarik & Informasi


Bali punya sederet museum unik menarik yang patut dikunjungi seperti Museum Geopark Batur dan Museum 3D DMZ Bali.  Selain itu masih ada satu lagi musium yang sayang dilewatkan yakni Bali Shell Museum ( Museum Kerang Bali ). Museum ini merupakan satu-satunya museum kerang yang ada di Indonesia, yang memiliki banyak fosil kerang dalam beragam jenis dengan usia ratusan bahkan jutaan tahun.

Museum yang baru dibuka pada bulan September 2009 ini adalah museum kerang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Bali Shell Museum dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WITA.  Para pengunjung dewasa diwajibkan menebus tiket masuk sebesar Rp 50.000, sedangkan untuk anak-anak dikenakan Rp 30.000.

Pemilik dari Bali Shell Museum adalah Stephen, Ia sudah sangat tertarik pada dunia kerang sejak masih kecil. Selama puluhan tahun Stephen telah mengumpulkan kerang, dan tak terkecuali traveling ke seluruh dunia untuk mengoleksi fosil kerang langka. Sungguh luar biasa bahwa  Bali Shell Museum dibangun menghabiskan biaya Rp 6 miliar.

Bali Shell Museum memiliki luas 1.500 m2, didalamnya tersimpan rapi ribuan jenis kerang. Masuk ke dalam museum, mata Anda akan disuguhi galeri indah berisi aneka aksesoris berbahan kerang, diantaranya ada lampu, pajangan dinding, sampai pernak-pernik dan barang-barang yang mempesona lainnya yang ditata apik.

Menuju ke lantai dua, berisikan koleksi kerang dalam berbagai ukuran dan umur, yang mana kerang-kerang itu diambil dari perairan Indonesia dan dari seluruh penjuru dunia. Kerang yang ada di ruangan ini berupa fosil Orthoceras, kerang panjang berbentuk pipih yang diperkirakan berumur 395 juta tahun. Juga ada dua Ammonites yang berukuran raksasa, di ruangan ini pula ada fosil kerang terbesar di Asia yang bernama Crinions ( Fosil dengan diameter 1,4 meter dengan berat 1,7 kilogram ).

Berada di lantai tiga, sejauh mata memandang akan dihadapkan pada museum biota laut, seperti Cypraea moneta yang sangat mengkilap. Usut punya usut pada zaman dulu, kerang ini sempat dijadikan alat pembayaran. Sellain itu banyak juga koleksi fosil aneka jenis bulu babi, hiu, bintang laut, berbagai  biota laut.

Serunya lagi, didalam Bali Shell Museum para pengunjungnya bisa menonton film dokumenter tentang kehidupan kerang serta kisah akan proses pencarian dan penemuan fosil kerang. Saat berlibur ke Bali, tak ada salahnya jika mengunjungi museum ini untuk berwisata sekaligus mempelajari aneka kerang yang ada di dunia

Wisatawan yang datang ke Bali Shell Museum tak hanya dari domestik saja, melainkan banyak juga wisatawan mancanegara seperti AS, Jepang, Australia, Eropa, dan Malaysia. Menurut informasi yang didapatkan dari pihak pengelola, museum yang dibangun dengan biaya Rp 6 miliar ini menyimpan kurang lebihnya 10 ribu spesies kerang yang berumur 100 - 500 juta tahun. Dengan jumlah spesies kerang yang berhasil dikumpulkan dari seluruh pelosok dunia mencapai 200 ribu lebih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bali Shell Museum – Hal Menarik & Informasi

1 komentar:

  1. Bingung mencari kendaraan?
    Bingung menyewa kendaraan dimana?
    Bingung mencari harga yang pas?
    Share Trans solusinya.
    Share Trans merupakan jasa penyewaan mobil online yang menghubungkan calon penyewa mobil dengan Rent Car atau Owner yang menyediakan kendaraan
    Kontak Info 087865097776/08990151556 atau cek di website kami www.sharetrans.id

    BalasHapus