Kamis, 19 Mei 2016

30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

Obyek Wisata Alam di Jawa Timur -  Alhamdulillah, yang kesekian kalinya saya sempat menulis artikel spesifikasi Obyek Wisata di Jawa Timur. Semoga bisa memberi sedikit informasi bagi Anda yang hendak berlibur. Alangkah bahagianya jikalau berlibur sudah mengetahui situasi dan kondisi ditempat tersebut, segala persiapan sudah disiapkan. Di Jawa Timur terdapat tempat-tempat wisata yang patut dikunjungi dan tentunya akan mengasikkan. Lokasinya yang mudah di jangkau membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan berlibur bagi wisatawan lokal ataupun non lokal.

Sama halnya ketika berwisata di tempat lainnya, saat ingin berkunjung ke beberapa Obyek Wisata di Jawa Timur, Anda harus memilih daerah mana yang ingin dikunjungi terlebih dahulu. Berapa jumlah ongkos wisata yang akan dikeluarkan beserta beberapa rencana yang harus di siapkan, ketika semua sudah lengkap maka liburan akan menyenangkan dan seru. Semoga informasi di bawah ini bermanfaat.

Silahkan luangkan waktu liburan Anda, Berikut ada 30 Obyek Wisata di Jawa Timur yang mungkin ingin Anda kunjungi ;

1. Wisata  Pulau Sempu di Malang

Pulau Sempu ( Sempu Island ) mempunyai pasir bersih berwarna putih yang mempesona, terdapat sebuah  Telaga Blue Lagoon Sempu berhawa sejuk di tengah-tengah pulaunya. Membawa kendaraan pribadi roda empat sangat disarankan untuk mencapai pulau ini, berjarak -+ 70 km dari Kota Malang. Setelah sampai di Pantai Sendang Biru, Anda bisa menyewa kapal perahu bertarif Rp 150.000 kemudian penjaga perahu akan memberikan nomor hpnya untuk melayani atau menjemput pulang. Saat menyeberang kita bisa melihat keindahan Samudera Hindia, betapa senangnya setelah sampai di tempat ini karena pemandangannya.

Beristirahatlah sejenak dan jangan sampai lewatkan melihat barisan lumba-lumba bermain di tengah laut. Harus Kamu ketahui untuk menuju ke Blue Lagoon Sempu jalur Trackingnya adalah Kawasan Hutan Konservasi,di perlukan Stamina lebih dan berhati-hati untuk melewati bidang  jalan setapak yang di penuhi karang. Setelah sampai tujuan semua akan terbayarkan akan keindahan dan kesejukkannya, pada siang hari air di telaga Blue Lagoon Sempu akan pasang. Tak sabar bermain air jernih, berlarian, dan berenang di telaga Blue Lagoon Sempu bagaikan surga ini.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

2. Wisata  Danau Ranu Kumbolo Gunung Semeru di Lumajang

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau air tawar yang terletak di Pegunungan Tengger di kaki Gunung Semeru, mempunyai luas -+ 15 hektar.  Disini merupakan tempat transit / camping bagi mereka yang akan melanjutkan perjalanan menuju puncak tertinggi Gunung Semeru ( Puncak Mahameru ).

Adapun keistimewaan di Danau Ranu Kumboro, pada saat matahari terbit yang muncul perlahan di antara dua bukit hijau dan ketika kabut yang mulai turun di waktu sore hari, berpadu dengan air danau yang jernih adalah pemandangan indah yang sayang terlewatkan. Untuk menuju ke Danau Ranu Kumbolo Kamu bisa turun di terminal Probolinggo / terminal Lumajang lalu naik bus jurusan Kencong / Ambulu turun di Klojen. Kemudian dari Klojen naik angkot menuju ke Senduro hingga sampai di Pasar Senduro .

Di Pasar Senduro tersedia penyewaan jeep hardtoop untuk menuju ke pos Ranupani Desa terakhir di kaki Gunung Semeru. Perlu diingat pendaki harus melakukan regristasi terlebih dulu dengan mengisi dokumen foto KTP 3 buah dan Surat Keterangan Sehat yang bisa Kamu peroleh dari Dokter di Senduro, semua dilakukan di maksudkan untuk keamanan dan keselamatan pendaki pada waktu perjalanan. Jalur untuk mencapai Danau Ranu Kumbolo Anda harus melewati jalan setapak membutuhkan waktu 6 sampai 7 jam dari pos pendaftaran tersebut.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

3. Wisata Telaga Sarangan di Magetan


Telaga Sarangan / Telaga Pasir merupkan telaga yang masih alami, karenanya obyek wisata ini menjadi andalan Kabupaten Magetan yang ramai di kunjungi wisatawan. Tempat wisata ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan berlokasi di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, jawa Timur. Luasnya -+ 30 hektar dengan kedalaman -+ 29 meter dan bejarak 16 km dari arah kota Magetan. Dengan suhu dari 15 – 20 derajat Celsius yang cukup sejuk telaga ini kerap di serbu pengunjung.

Di sekitar telaga ada dua hotel berbintang yaitu 18 hotel pondok wisata dan 43 hotel kelas melati. Selain itu ada beberapa fasilitas yang mungkin Anda butuhkan misalnya kuda / kapal cepat untuk berkeliling telaga, rumah makan dengan makanan khasnya sate kelinci, tempat bermain, tempat parkir, pasar wisata, telepon umum, tempat ibadah, jasa sewa perahu motor berjumlah 50 biji, jasa sewa becak air berjumlah 13 biji, taman dll.

Adapun produksi-produksi penduduk setempat yang biasa Anda bawa pulang untuk oleh-oleh seperti anyaman bambu, kerajinan sepatu, kerajinan kulit, souvenir, berbagai makanan khas  ( emping melinjo dan lempeng / kerupuk terbuat dari nasi ).


4. Wisata Pantai Pasir Putih di Situbondo
Sungguh menyenangkan jika Anda berlibur disini, Pantai Pasir Putih terkenal akan pasir putihnya yang bersih. Airnya yang jernih, tenang dan nyaris tak berombak, Anda bisa melihat dengan jelas keindahan karang yang di iringi aneka ikan cantik. Keindahan lainnya yaitu bentuk pantai ini melengkung ke arah laut, di arah utara pantai terhampar laut biru Selat Madura.

 Hutan unik yang asri kehijauan di tumbuhi Pohon Cemara Udang, Jati, serta  barisan Pohon Kelapa menjadikan suasana sejuk, berbagai burung dan kera hitam singgah di Hutan Pantai Pasir Putih. Akomodasi dan fasilitas, bagi pengunjung yang belum mahir berenang di lokasi pantai terdapat ban pelampung, perahu kota-kaca untuk melihat paronama bawah laut, tempat penginapan ( hotel,montel, losmen ), kamar mandi, mushola, bangku beton untuk beristirahat. Kios-kisos menyediakan souvenir seperti miniature perahu dan aksesoris dari kerang.

Harga tiket Rp 5.000 / orang, akses jalan menuju ke Pantai Pasir Putih cukup mudah karena lokasinya di pinggir jalur utama Surabaya – banyuwangi berjarak -+ 175 km dari Kota Surabaya / -+ 4 jam perjalanan. Dari arah Situbondo  bisa ditempuh memakai angkutan umum ( bus / minibus ) -+ 22 km  / 1,5 perjalanan.  Secara administrative, Pantai Pasir Putih Situbondo bertempat di Dusun Kembang Sambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.


5. Wisata Gunung Bromo di Probolinggo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif  berketinggian 2392 meter dari permukaan laut. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ), untuk bisa menikmati pemandangan Gunung Bromo para wisatawan akan menuju ke View Point. View Point adalah sebuah tempat yang di gunakan untuk melihat matahari terbit, Kawah Gunung Bromo, Padang Savana, Lautan Pasir ( Lautan Berisik ), dan keindahan Gunung Bromo dari ketinggian.

Melalui Bukit ada lima tempat untuk melihat keindahan Gunung Bromo di antaranya Pananjakan satu, Sruni Point, Bukit Kingkong, Bukit Cinta, dan Puncak B29. Namun untuk Puncak B29 tempatnya agak jauh dari keempat tempat tersebut. Ada empat rute perjalanan untuk menuju Wisata Gunung Bromo yakni jalur dari Kabupaten Lumajang, jalur dari kabupaten Malang, jalur dari Pasuruan, dan jalur dari Probolinggo.

 Beberapa persiapan ketika akan berwisata ke Gungun Bromo adalah;
-Memilih waktu yang tepat ( pada musim kemarau Anda dapat menyaksikan matahari terbit dengan sempurna tetapi pemandangandi  padang savana kurang bagus di karenakan rumput-rumput yang mengering, pada musim penghujan Anda akan kehilangan pemandangan sunrise tetapi keindahan padang savana yang mulai menghijau dapat anda nikmati dengan sempurna ).
-Menjaga kondisi fisik ( di karenakan suhu cuacanya yang sangat dingin, jangan sampai pada saat berwisata kondisi  fisik anda menurun  sehingga tidak dapat menikmati keindahan Gunung Bromo ).
- Pesanlan penginapan jauh-jauh hari, dengan memesan Anda tidak akan kebingungan pada hari H, apalagi di musim liburan penginapan sudah penuh dan kalaupun masih ada harganya sangat mahal.
- Siapkan perlengkapan pribadi seperti; jaket, kaos tangan, kaos kaki, masker, dan jangan lupa kamera dan video shooting untuk mengabadikan momem-momen seru.


6. Wisata Pantai Balekambang
Balekambang adalah salah satu pantai terbagus di Jawa Timur, mempunyai konsep paronama alam yang hampir sama dengan Tanah Lot ( Bali ) dimana kedua pantai tersebut mempunyai sebuah Pura. Pada tahun 1985 Pura Amerta Jati atau bisa di sebut Pulau Ismoyo ini didirikan oleh Bupati Kota Malang yaitu Edi Slamet.

Luas Pantai Balekambang -+ 2 km dengan lebarnya 200 meter. Jika air laut surut, terumbu karang, tanaman laut, dan berbagai penghuni laut akan kelihatan. Pantai ini bertempat sekitar 70 km kearah Selatan dari Kota Malang, walaupun tempatnya lumayan terpencil fasilitas di Pantai Balekambang cukup memadai seperti restoran, warung makan tradisional, toko souvenir, toilet umum, penjaga pantai, tempat camping, kantor informasi, mushola, penginapan, bungalow, hingga tempat parkir luas.
Harga tiket masuk Rp 10.000  sampai Rp 15.000 / orang. Jalur menuju lokasi; Terminal Arjosari - Turen - Gondanglegi - Bantur - Balekambang bisa juga ditempuh dari Malang Kota - Kepanjen - Pagak Bantur - Balekambang.


7. Wisata Pulau Merah di Banyuwangi

Wisata Pulau Merah adalah wisata primadonanya masyarakat Banyuwangi. Pulau Merah mempunyai panjang bibir pantai seluas -+ 3 km dan berketinggian 200 meter, berpasir putih, tanahnya berwarna merah dan bentuknya seperti bukit. Gelombang ombaknya berketinggian 4 sampai 6 meter sehingga sangat cocok untuk surfing dan selancar, tak ketinggalan juga akan sensasi keindahan pasir putih berkilauan dan air jernih berpadu dengan sunsetnya yang tidak bisa terlupakan.

Di sebelah timur tampak barisan gunung-gunung di iringi banyaknya pohon kelapa dan pisang membuat pulau tambak asri. Walaupun telah dilengkapi lifeguard, disarankan dan diharapkan bagi para pengunjung untuk berhati-hati dengan cara menaati arahan yang diberikan oleh petugas.  Mengingat ketika air sedang pasang ombak di perairan Pulau Merah cukup besar.

Jalan menuju Pulau Merah Anda harus rela menempuh jarak 60 km melewati jalan pedesaan dan perbukitan dari pusat Kota Banyuwangi, perjalanan membutuhkan waktu hampir 2,5 jam. Selanjutnya naik ojek menuju ke Pulau Merah, kalau Anda dari arah Jember turunlah di terminal Jajag lalu naik bus menuju ke Pesanggarann. Ataupun jika Anda dari Bandara Blimbingsari sebaiknya menyewalah kendaraan untuk memudahkan perjalanan, kemudian langsung menuju ke Pulau Merah. Harga tiket Rp 2.500 / orang dan parkir gratis.


8. Wisata Pantai Sendang Biru di Malang

Pantai Sendang Biru merupakan pantai yang indah, ombaknya tidak terlalu besar, dan arusnya tenang di banding pantai di pesisir selatan Pulau Jawa. Pantai ini dinamakan Sendang Biru karena di pantai tersebut terdapat sumber mata air  berwana biru. Pantai Sendang biru adalah akses jalur menuju ke Pulau Sempu.

Untuk menuju ke Pantai Sendang Biru, bisa menggunakan kendaraan pribadi, bisa juga menggunakan jasa kendaraan umum. Tiket masuk Rp 5.000 / orang. Kita bisa menikmati keindahan pantai ini di sisi barat, yang mana terdapat tebing dan batu besar  membuat pantai ini terlihat menawan ketika matahari mulai terbenam dengan sinar matahari yang terpantul di pantai.


9. Wisata Pantai Bandealit di Jember
Hasil gambar untuk Wisata Pantai Bandealit di Jember
Pantai Bandealit, salah satu pantai yang menjadi tujuan utama wisata alam karena tempatnya yang alami dan bersih. Beberapa potensi dapat di nikmati adalah Demplo Penangkaran Rusa dan Green House Anggrek ( disini banyak koleksi bunga anggrek langka ). Di Pantai ini adalah tempat bersandar perahu nelayan, sehigga bagi pengunjung yang ingin merasakan ikan bakar segar dapat langsung membeli di nelayan lokal.

Terdapat muara sungai dari sisi timur dengan luas menyerupai danau, muara ini ditanami mangrove dengan dominasi jenis pedada. Kondisi muara sungai Bandealit cukup aneh, karena pada musim kemarau airnya menggenang menjadi danau sedangkan pada musim penghujan kondisi muara sungai ini mengering. Fasilitas olah raga air; Memancing, Bodyboard, Jetski, Berenang, Kano, Selancar Angin dsb.

Jika Kalian akan menuju ke Tempat Wisata Pantai Bandealit alangkah baiknya menggunakan kendaraan beroda empat dengan melalui rute; Jember – Ambulu / Tempurejo -+ 26 km, lalu menuju ke Andongrejo -+ 20 km dan selanjutnya ke Bandealit -+ 15 km khusus jalur ini disarankan memakai mobil 4WD / sejenisnya. Fasilitas wisatawan; Pondok wisata, Area Parkir, Camping, MCK, Bodyboard, Solar cell, Genset, Kano, Shelter, dll. Perlu di perhatikan disana tidak ada ATM jadi bawalah uang tunai untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Harga tiket masuk hari biasa  Rp 5.000 / orang ( WNI ), Rp 150.000 / orang  ( WNA ), Rp 3.000 / 10 orang rombongan pelajar ( WNI ), Rp 100.000 / 10 orang rombongan pelajar ( WNA ). Harga tiket masuk hari libur Rp 7.500 / orang ( WNI ), Rp 225.000 / orang ( WNA ), Rp 4.500 / 10 orang rombongan pelajar ( WNI ), Rp 150.000 / 10 orang rombongan pelajar ( WNA ).


10. Wisata Pantai Plengkung di Banyuwangi

Pantai Plengkung terletak di Taman Nasional Alas Purwo ( TNAP ) dengan popularitasnya yang sudah mendunia dikarenakan mempunyai ombak yang besar dan tinggi, sehingga para peselancar  tingkat dunia datang ketempat ini. Selain menikmati eksotisme Pantai Plengkung / G-Land yang sudah terkenal di mancanegara, Anda bisa menikmati pesona alam Taman Nasional Alas Purwo dengan segala habitat yang hidup bebas didalamnya.

 Selain itu ada beberapa kegiatan menyenangkan lainnya seperti Snorking, Mancing, Diving, Caving, melihat  penangkaran penyu, dan bagi Kalian yang hobbi fotografi sunset di Pantai Plengkung tidak kalah indahnya dengan tempat lain, bia
sanya para wisatawan banyak menunggu momen ini.  Untuk mencapai Pantai Plengkung bisa melewati jalur darat ataupun jalur laut.

Harga tiket untuk masuk ke Taman Nasional Alas Purwo sebesar Rp 5.000 / orang dan harga tiket untuk menyeberang ke hutan lindung dan tepi Pantai Laut Selatan Rp 5.000 / orang. Perlu di perhatikan, ketika sampai ke TNAP, Anda tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Anda hanya di perbolehkan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau menyewa  truk / pick up.


11. Wisata Pantai Papuma di Jember

Pantai Papuma memiliki keindahan mirip dengan pantai-pantai yang ada di Hawai, berjarak -+ 35 km dari pusat Kota Jember dengan medan jalan tempuh agak curam / tanjakan -+ 300 meter. Pantai Papuma berpasir putih yang bersih dan indah memungkinkan para wisatawan asing untuk berjemur. Selain keindahan alamnya, pantai ini kaya akan fauna seperti Ayam Alas, Biawak, berbagai jenis Burung, Babi Hutan, Rusa, Landak dan Trenggiling. Pantai ini berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur.

Informasi penting, bahwa untuk pergi ke Pantai Papuma kami sarankan jangan menggunakan bus besar, karena mengingat medan jalannya yang curam dan berliku-liku dengan tingkat kecuraman antara 45 - 50 derajat. Bagi Anda yang sudah terlanjur tidak usah kecewa karena panitia dan mengelola sudah menyiapkan kendaraan ojek bertarif Rp 12.500 / orang sampai ke Pantai Papuma Jember. Harga tiket masuk Rp 15.000 / kepala, parkir motor Rp. 5.000, parkir mobil Rp 10.000.


12. Wisata Bahari di Lamongan

Wisata Bahari Lamongan ( WBL ) merupakan salah satu wisata unggulan berkonsep modern di provinsi Jawa Timur yang terletak di pesisir utara Pantai Jawa / Tanjung Kodok, tepatnya di Kecamatan Pacitan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Berdiri pada tahun 2004 dengan luas areal 11 hektar buka setiap hari dari pukul 08:30 – 16:30 WIB. Tiket masuk hari Senin-Kamis Rp 60.000 / hari Jum’at-Minggu Rp 80.000.

Beberapa wahana unggulan ditempat wisata ini adalah Istana Bawah Laut,Gua insectariums, Space Shuttle, Anjungan Wali songo, Texas City, Paus Dangdut,Tembak Ikan, Rumah Kaca dan Istana Bajak Laut. Dengan didukung hadirnya 3 jenis wahana setiap tahunnya menjadikan obyek  wisata ini semakin menyenangkan. Ditambah lagi fasilitas pendukungnya seperti Pasar Wisata, Pasar Hidangan, Pasar Buah dan ikan beserta fasilitas umumnya seperti Masjid, Free Wifi, ATM, Klinik, Area Parkir dan lain-lain.

Di Wisata Bahari dilarang membawa makanan, Anak-anak berketinggian lebih dari 85 cm dikenakan tiket penuh, Tiket yang di beli tidak dapat dikembalikan, Tiket tidak dapat diwakilkan, Tiket tidak boleh rusak / berlaku sehari penuh selama tanggal kunjungan.


13. Wisata House Of Sampoerna di Surabaya
   Hasil gambar untuk Wisata House Of Sampoerna di Surabaya
House Of Sampoerna berlokasi di pusat Kota Surabaya, yang berada di Jl. Taman Sampoerna  No.6, krembangan, Pabean, Cantikan. Dibangun pada tahun 1862, dulunya menjadi sebuah panti asuhan yang dikelola oleh Belanda. Kemudian pada tahun 1932 bangunan ini dibeli oleh salah satu anak yatim ( Liem Seeng Tee ) dialih fungsikan sebagai perusahaan besar memproduksi rokok.

Pada ulang tahunnya yang ke 90 lebih tepatnya pada tahun 2003, fungsi kompleks ini di kembalikan dan sebagian dijadikan museum,produksi rokok bergengsi ( Dji Sam Soe ). Yang menarik di House Of Sampoerna ialah melihat secara langsung pembuatan rokok dengan peralatan tradisional dan dikerjakan oleh ribuan pekerja wanita yang mampu membuat 350 batang rokok / jamnya. Jika ingin melihat produksi rokok, sebaiknya datanglah pada hari Senin-Sabtu sebelum jam 15:00 WIB / buka setiap hari mulai pukul 09:00-22:00 WIB.

House Of Sampoerna mempunyai agenda keliling Surabaya dengan gratis ( Surabaya Heritage Track ), para wisatawan bisa menggunakan fasilitas bus ini dari mulai pukul 09:00-10:00 WIB dan pukul 15:00-16:00 WIB. Adapun fasilitas lainnya di House Of sampoerna adalah Ruang Pamer Galeri Seni, Kafe dan Kamar Mandi Umum. Biaya untuk tiket masuknya gratis.


14. Wisata Jawa Timur Park


Jawa Timur Park 1 ( Jatim Park 1 )  merupakan wahana rekreasi keluarga yang sangat lengkap, dengan 36 jenis wahana permainannya diantaranya Kolam Renang Raksasa ( berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, Mpu Gandring ),Spinning Coaster, Drop Zone  yang menjadi tempat wisata terpopuler di Jawa Timur.

Berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur -+ 20 km dari Kota Malang. Adapuun wahana pendidikan seperti Volcano, Galeri Nusantara ( terdapat tanaman argo ), diorama binatang langka, miniature berbagai candi, serta tersedia Bioskop 4D. Harga tiket masuk keJatim Park 1 pada hari Senin-Kamis 55.000 / orang, pada hari Jum’at-Minggu Rp 75.000 / orang.

Jawa Timur Park 2 ( Jatim Park 2 ), tempat ini lebih mengutamakan sebagai tempat belajar dan mengusung konsep belajar Ilmu Alam, Biologi, dan Pembelajaran tentang Satwa. Didalam tempat ini tersedia fasilitas imlu pengetahuan seperti Museum Satwa, Batu Secret Zoo, Pohon In Hotel. Harga tiket masuk  keJatim Park 2 pada hari Senin-Kamis Rp 65.000 / orang, pada hari Jum’at-Minggu Rp 90.000 / orang.



15. Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen adalah Danau terbesar penghasil batu blerang, yang mempunyai pesona alam eksotik di Pulau Jawa. Gunung Ijen mempunyai ketinggian 2.368 meter dari permukaan laut, Kawah Ijen ialah danau asam yang mempunyai kedalaman -+200 meter dan luas kawahnya -+5.466 hektar.

Obyek wisata ini sudah dikenal luas oleh wisatawan domestik dan asing karena keindahannya, pada hari-hari biasa Kawah Ijen tidak pernah sepi dari pengunjung. Terlebih pada akhir pekan atau hari-hari tertentu seperti pergantian tahun baru tempat ini akan sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk mencapai Kawah Ijen akan menempuh pendakian sejauh 3 km selama -+2 jam. Rasa lelah dan capek akan terbayar tatkala Anda sampai di tempat, Anda akan disuguhi pemandangan alamnya yang indah mempesona dengan Api Blue Fire ( fenomena alam langka ) pada salah satu sudutnya. Untuk kulinernya kebanyakan makanan khas Banyuwangi seperti Rujak Soto, Sego Tempong, Pecel Rawon, Pecel Kare,dan Rujak Bakso.

Berbagai bentuk dan macam Souvenir yang terbuat dari belerang adalah oleh-oleh khas yang bisa Anda peroleh. HTM wisatawan domestic hari kerja Rp 5.000 / orang, hari libur Rp7.500 / orang. HTM wisatawan asing hari kerja Rp 100.000 / orang, hari libur Rp 150.000 / orang.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

16. Wisata Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Air Terjun Madakaripura dijuluki sebagai Air Terjun Abadi / Hujan Abadi, karena air terjun ini tidak pernah berhenti. Air Terjun Madakaripura berbentuk Ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh tebingnya. Tempat Wisata ini berlokasi di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Air Terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi ke 2  di Indonesia.Untuk menuju kelokasi bisa dari Malang ataupun Probolinggo, naik bus kearah Tongas ( mengutarakan tujuan ke air terjun ) nda akan diberhentikan di pertigaan Tongas, selanjutnya naik angkot.

Perjalanan dari Tongas ke pintu gerbang Madakaripura Anda akan di suguhi pemandangan yang indah, tidak ada tiket masuk / geratis. Memerlukan waktu -+ 1 jam untuk menempuh perjalanan dari gerbang sampai ke lokasi, setelah sampai Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa bertema paronama alam yang memukau ditambah hawa sejuk dan air yang bersih dan dingin.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

17. Wisata Arung Jeram Songa di Probolinggo
   Hasil gambar untuk Wisata Arung Jeram Songa di Probolinggo
Arung Jerang Songga tentunya bagi Kalian yang suka olahraga Rafting, di sinilah tempat dimana akan menyuguhkan pengalaman seru berpetualang arung jeram. Dengan arus sungai yang lumayan deras wisatawan baik dari wisata lokal maupun mancanegara mengaku mersa tertantang.

Tempat Arung Jeram Songga berlokasi di Desa Ranu Gendang, Tiris Probolinggo, Jawa Timur. Tempat sungai ini mencapai -+5 sampai 10 meter dengan kedalaman air -+1 samapai 4 meter. Suasana alam yang asri sehingga mampu mengusir kebosanan, untuk start point di lokasi ini bertempat di Dusun Angin-angin, Ranu Gendang. Dari awal perjalanan para wisatawan akan melihat 7 paronama air terjun dan deretan Goa Kelelawar beserta pemandangan alamnya yang alami dan terjaga.

Untuk mengarungi sungai dengan jarak 12 km biasanya dapat ditempuh dalam waktu -+4 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan terdapat -+45 jeram yaitu Good Bye, Long Rapid, Hiu, Cucak Rowo, KPLA, Xtravaganza, The Fly Matador, Triple Ace, Pandawa, Batu Jenggot, Rajawali, Welcome, Inul ( karena untuk bisa melewati tantangan arung jerat tersebut para wisatawan akan bergoyang dasyat layaknya biduan Inul Daratista ).

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

18.  Wisata Pemandian Air Panas Cangar Pujon di Kota Batu

Pemandian Air Panas Canggar Pujon merupakan pemandian air panas yang sekitarnya dikelilingi pemandangan hutan yang hijau dan alami, beserta berbagai burung berkicau menambah suasana menjadi harmoni. Sumber mata air panas ini berasal dari Gunung Welirang yang bersuhu -+30 sampai 40 derajat Celsius, dengan aroma belerang di percaya berhasiat untuk menyembuhkan beraneka penyakit kulit.

Pemandian Cangar terletak sekitar 18 km dari pusat Kota Batu, perjalanan menuju lokasi akan mengasikkan meskipun harus melewati jalan sejauh -+10 km yang berkelok-kelok dan sempit dari Junggo. Anda akan melihat pemandangan yang indah di sepanjang jalan.

Anda bisa berendam berjam-jam di tempat ini, bagi wisatawan yang tidak ingin berendam dapat melihat-lihat satwa hutan yang dengan bebasnya bermain seperti monyet, lutung ,berbagai macam burung dan sebagainya. Untuk tiket masuk Anda hanya membayar Rp 6000 / orang, harga tiket ini berlaku hari biasa maupun akhir pekan.

Baca juga; 32 Tempat Wisata DiSumatera Utara Yang Seru

19. Wisata Goa Maharani di Lamongan

Goa Maharani memiliki luas -+2.500 meter persegi, dengan menyuguhkan keindahan wisata bawah tanah akan berbagai bentuk stalakmit dan bebatuan yang unik. Suasana didalam Goa Maharani bagaikan istana yang di penuhi pilar-pilar penyangga dan langit-langit berukir.

Di obyek wisata kali ini terdapat Museum Galeri Satwa ialah suatu tempat yang disetting bangunanan bergaya Afrika serta di penuhi oleh offset satwa dari berbagai belahan dunia yang sudah di awetkan. Tidak ketinggalan pula Gem Stone Gallery ( Museum Batu ) adalah menyimpan berbagai koleksi batu-batuan dari berbagai penjuru dunia. Harga tiket untuk masuk ke Goa Maharani Senin-Kamis Rp 40.000 dan Jum’at-Minggu Rp 60.000.

Baca juga; 24Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

20. Wisata Gunung Kelud di Kediri

Gunung Kelud memiliki keindahan alam yang indah, yang berlokasi -+28 km dari pusat Kota Kediri. Gumumg Kelud adalah Gunung Berapi yang masih aktif yang memiliki ketinggian 1731 dari permukaan laut. Untuk rute menuju ke lokasi Anda bisa melalui jalur Pesantren-Wates-Ngancar-Desa Sugihwaras-Gunung Kelud. Selama perjalanan Anda akan di suguhi pemandangan khas pegunungan.

Ada keunikan ketika sampai di salah satu jalan yang bernama Mysterius Road Gunung Kelud. Anda akan terheran-heran ketika menjumpai ruas jalan yang terlihat menanjak, apabila Anda menaruh botol air mineral dengan posisi tertidur botol tersebut akan menggelunding naik. Untuk menuju ke lokasi pengunjung hanya membayar tiket sebesar Rp 5.000 / orang.

Baca juga; 16Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

21. Wisata Pantai Goa China di Malang

Pantai Goa China yang mempunyai nama asli Pantai Rowo Indah, dikarenakan dulu pernah ada seorang China yang bertapa di Goa di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah kalah pamornya dengan Goa China. Keberadaan 3 Pulau yang berada di tengah-tengah pantai membuat pandangan lebih indah ( Pulau Goa China, Pulau Bantengan, dan Pulau Nyonya ).

Pantai Goa China tidak hanya di manfaatkan untuk berlibur, namun banyak wisatawan yang berkemah di Pantai tersebut. Di pinggir pantai cukup rindang dengan di tumbuhi banyak pepohonan yang membuat Pantai Goa China tampak teduh dan asri. Selain terkenal akan keindahannya, pantai ini juga ada fenomena alam langka yakni terjadinya pertemuan gelombang bersimpangan yang tidak karuan dari arah barat, timur, dan selatan.

Ombak di Pantai Goa China cukup besar, di harapkan para wisatawan berhati-hati jika bermain di tepi pantai. Karena besarnya ombak, tidak ada perahu nelayan yang berani bersandar di pantai ini. Terdapat berbagai fasilitas umum yang bisa di manfaatkan para wisatawan antaralain area parkir, warung makan, kamar mandi, mushola, masjid, semua tersedia hanyalah demi kenyamanan wisatawan.

Akses jalur ke lokasi; dari Kota Malang kearah selatan-Gadang-Bululawang-Turen-Sumber Manjing Wetan-Sitiarjo. Harga tiket untuk masuk ke Pantai Goa China sebesar Rp 10.000 / orang.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

22. Wisata Pantai Bajul Mati di Malang
    Hasil gambar untuk Wisata Pantai Bajul Mati di Malang
Ketika akan sampai kelokasi suara ombak yang keras akan terdengar, dikarenakan Pantai Bajul Mati tergolong Pantai Selatan. Pantai Bajul Mati ialah sebuah pantai yang letaknya di pesisir Selatan Pulau Jawa, terletak di Desa Gajahrero, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.Pantai yang mempunyai pasir putih dengan struktur pantainya yang curam dan lumayan dalam, sehingga para wisatawan tidak diperkenankan berenang.

Tidak perlu kecewa, karena di sebelah barat terdapat muara sungai yang bisa digunakan untuk bermain-main air dengan leluasa, dengan dikelilingi bukit karang yang hijau nan indah ( seperti sebuah danau ).Sebelum memasuki pantai, Anda akan melewati sebuah jembatan yang panjangnya 90 meter berbentuk setengah lingkaran. Dijembatan ini Kita bisa melihat paronama pemandangan bukit-bukit karang dan luasnya lautan, tempat inilah salah satu tempat favorit para wisatawan untuk selvi.

Kurang lebih 5 menit untuk melewati jembatan itu, setelah sampai di Pantai Bajul Mati diwajibkan membayar tiket sebesar Rp 4.000 / orang. Di lokasi Pantai Bajul Mati terdapat beberapa gazebo untuk berteduh, adapula warung-warung di sekitar pantai yang menjual makan dan minuman.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

23. Wisata Pantai Kondang Iwak di Malang

Pantai Kondang Iwak memiliki keindahan dengan paronama alamnya persis dengan paronama alam di Pantai Kuta-Bali. Pantai ini mempunyai pasir putih yang bersih dengan bercampur pasir besi hitam di sepanjang pantainya. Untuk menuju Obyek wisata ini para wisatawan bisa mengnakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi dengan rute perjalanan Gadang-Kepanjen-Sumbermanjing Kulon / Pagak ( Persimpangan Jalan ) Donomulyo, kemudian melanjutkan perjalanan jalan kaki -+2 km.

Suasana pantai yang tenang, nyaman beserta pemandangan alamnya yang menawan dari bibir pantai membuat Anda rileks dan melupakan sejenak kepenatan rutinitas sehari-hari. Bagi wisatawan yang hobi memancing ditempat ini sering dikunjungi masyarakat untuk memancing baik di pantai maupun di air payau, jadi tidak ada salahnya kalau Kita membawa alat pancing. Walaupun pantai ini indah sekali namun kebanyakan wisatawan tidak mengetahui keberadaannya karena minimnya pormosi.

Baca juga; 15Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

24. Wisata Kebun Apel di Kota Batu Malang
   Hasil gambar untuk Wisata Kebun Apel di Kota Batu Malang
Sangatlah menyenangkan liburan sambil memetik buah apel segar yang berada di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Saking asiknya wisatawan dari berbagai daerah di nusantara, bahkan wisatawan asing ( Asia dan Eropa ) terus berdatangan. Dengan membayar Rp 20.000 / orang, Anda bisa memakan buah apel sepuasnya. Andaikan pengunjung ingin membawa pulang buah apel untuk oleh-oleh, buah ini dijual seharga Rp 15.000-Rp.20.000 tergantung jenis dan ukurannya.

Buah apel kini telah menjadi ciri khas Kota Batu sehingga membuat berkembangan perkebunan apel sebagai obyek wisata oleh masyarakat setempat. Wisata Kebun Apel yang berada di Kota Batu Malang sekarang telah menjadi obyek wisata favorit, perkebunan apel dengan suasana asri nan sejuk dan di kelililingi gunung elok membuat para wisatawan merasa nyaman serta merefresh diri dari kebosanan aktifitas sehari-hari.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

25. Wisata Batu Secret Zoo di Malang

Obyek Wisata Batu Secret Zoo ialah kebun binatang modern,terawat, bersih serta tertata rapi dengan memiliki luas -+15 hektar.  Kebun binatang Batu Secret Zoo mulai dibangun pada akhir tahun 2008 brsamaan dengan Jawa timur Park 2  dan diresmikan oleh President SBY pada tahun 2010  lalu. Ditempat ini terdapat berbagai macam koleksi hewan dari berbagai belahan dunia, yang beberapa di antaranya sudah mulai punah.

Selain berjelajah di kebun binatang, Anda juga dapat menikmati berbagai Wahana Batu Secret Zoo Malang yaitu Fantasy Land yang didalamnya terdapat berbagai permainan seperti Brigade Mobil Pemadam, Animal Show, Safari Car, Safari Farm, Kolam Renang anak-anak bertemakan tokoh kartun Toy Story. Alamat obyek wisata kebun binatang Batu Secret Zoo berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9, Batu, Malang, Jawa Timur.

Batu Secret Zoo buka setiap hari mulai pukul 10:00-18:00 WIB dengan harga tiket Rp 55.000 / orang (Senin-Kamis) dan Rp 65.000 / orang (Jum’at-Minggu).

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

26. Wisata Candi Penataran di Blitar

Penatataran yaitu sebuah candi berlatar belakang Agama Hindu sejak kerajaan Kediri dan masih digunakan sampai masa kerajaan Majapahit. Candi Palah memiliki nama lain dari Candi Penataran adalah kumpulan kompleks candi terluas di Jawa Timur dengan ketinggian 450 meter. Dilokasi ini terdapat beberapa candi dengan ukuran dan bentuk yang berbeda.

ika Kita masuk ke kompleks Candi Penataran, serasa sedang berada di sebuah perkampungan di masa kerajaan jaman dahulu. Candi Penataran terletak di sebelah utara Kota Blitar / 10 km dari makan Presiden Soekarno. Keberadaannya di pedesaan, Candi Penataran menyajikan konsep wisata budaya dengan keramahan masyarakat khas Kabupaten Blitar.

Terdapat beberapa fasilitas yang mungkin Anda butuhkan di obyek wisata tersebut yaitu kamar mandi, warung makan / ngopi , changer Hp, dsb. Untuk tiketnya Anda cukup membayar Rp 3.000 / orang, Rp 5.000 parkir motor, Rp 10.000 parkir mobil.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku Utara Yang Menyenangkan

27.  Wisata Petilasan Monte di Blitar

Pelitasan Monte yakni tempat wisata alam dengan adanya telaga, candi, petilasan, dengan suasana sejuk alami diimbangi dengan pepohonan yang rindang dan hijau membut tempat ini cocok untuk bersantai. Dipinggir telaga tersedia sebuah gazebo untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam di sekitar telaga.

Keindahan Lokasi wisata Petilasan Monte ini akan bertambah dengan pantulan air telaga yang jernih kehijauan. Para pengunjung dilarang keras untuk berenang di area telaga yang di yakini berisi ikan Dewa, jika ingin berenang terdapat kolam kusus bagi pengunjung untuk menikmati hijaunya alam di Obyek Wisata tersebut.

Rute dari Blitar Kota menuju timur-Malang-Garum-Talun-Wlingi-menuju arah Desa Semen-Tulungrejo-Krisik. Ada beberapa ongkos untuk bisa menikmati keindahan di tempat ini, tiket masuk Rp 3.000 / orang dewasa, Rp 2.000 / anak-anak, bagi rombongan mendapatkan diskon 15% (minimal 25 orang). Sedagkan biaya untuk parkir Rp 3.000 / bus, Rp 2.000 / mini bus.

Baca juga; 39 Tempat Wisata Di Banten Yang Menjadi Incaran Wisatawan

28. Wisata Pantai Klayar di Pacitan

Pantai Klayar mempunyai berbagai keindahan alam yang menajubkan, disisni Anda dapat menemukan pesona dan keistimewaannya terdapat hamparan pasir yang putih, karang raksasa seperti sphinx, bermacam-macam karang dan air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter. Pantai Klayar mempunyai banyak tebing, beberapa diantaranya bolong karena terjangan ombak yang lumayan besar. Oleh sebab itu para pengunjung disarankan agar tidak berenang di pantai ini mengingat untuk keselamatan.

Tidak hanya paronamanya yang unik, ditempat ini Kalian akan menjumpai fenomena yang unik yaitu dimana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing. Ketika cekungan ini diterjang ombak , maka air laut keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela bebatuan dan menghasilkan bunyi yang indah seperti bunyi seruling.

Diwaktu senja datang, suasana sunset di Pantai Klayar di Pacitan sungguh menawan. Sejauh mata memandang, Anda akan mendapati keindahan paronama pantai yang tak terlupakan. Untuk informasi tiket masuk sebesar Rp 3000 / orang dewasa dan Rp 2.000 / anak-anak. Alamatnya berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata Terbagus Di Jambi

29.  Wisata Goa Gong di Pacitan

Pesona Goa Gong di Pacitan adalah Goa terindah yang terkenal serta mendapat predikat Wisata Goa terindah se-Asia tenggara. Didalam goa terdapat stalakmit dan stalagmit berumur ratusan tahun yang indah, kedalamannya 256 meter membutuhkan watku -+ 2 jam untuk menjelajahinya. Goa Gong ini berada di Dusun Pule, Desa Bromo , kecamatan Punung Kota Pacitan, jawa Timur.

Bagi Anda yang ingin melihat atau menikmati pesona keindahan Goa Gong di Pacitan yang kaya akan keunikannya, Anda harus membayar tiket untuk bisa masuk kedalamannya sebesar Rp 5.000 / orang. Disaat menyusuri Goa gong, Anda diajak ke tangga dan menyaksikan berbagai pemandangan Gong Cave, Shawl Drappery ( stalaktit yang meneteskan air ), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk danau kecil.

Sesampai di luar goa terdapat para pedagang yang menjajakan dagangannya seperti halnya dari aneka makanan, minuman, foto gua, lukisan wajah,hingga kaos atau cidera mata lainnya. Terdapat hotel bagi Anda yang berminat untuk menginap.

Baca juga; 35 Tempat Waisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan

30. Wisata Taman Nasional Baluran di Situbondo
kian rupa karena, suasana di tempat ini seperti padang savanna (Afrika) dengan berbagai satwa liarnya. Sejauh mata memandang yang terhihat hanyalah bentangan tanah tandus, pohon-pohon kering serta bebatuan.

Taman Nasional Baluran adalah perwakilan ekosistem hutan yang terdiri dari tipe Vegetasi Savana, Hutan Musim, Hutan Mangrove, Hutan Pantai, Hutan Pegunungan Bawah, Hutan yang selalu hijau dan Hutan Rawa. Luasnya 25 hektar dengaan ditumbuhi -+445 jenis tumbuhan , 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung.

Taman Nasional Baluran / TNB terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putihh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sesampainnya di pintu gerbang TNB, Kita harus membayar distribusi / tiket di pos jaga sebesar Rp 5.000 / orang dan Mobil Rp 10.000. Dari pintu gerbang TNB, travelers masih harus menempuh perjalanan -+12 km untuk mencapai Padang Savana Bekol. Selama perjalanan Anda akan di sambut hujan musiman yang sangat hijau pada musim penghujan dan akan kering / rawan kebakaran pada musimm  kemarau.

Baca juga;
42 Tempat wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui
50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik& Menarari

Alangkah baiknya baca juga;

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

4 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  2. info nya bagus gan, lanjutkan

    jng lupa juga untuk mampir di tour jogja

    BalasHapus