Senin, 24 Oktober 2016

20 Makanan Khas Di Bali Yang Enak Dan Murah

Berwisata ke Bali pastinya akan berkeliling menikmati setiap sudut tempat wisata yang di tawarkan dan tak ada salahnya mencicipi makanan Khas Bali. Olahan masakan khas Bali memiliki daya tersediri bagi penikmatnya, karena racikan dalam masakan di bumbui dengan rempah-rempah yang menonjolkan rasa kuat dan pedas.

Tak terbantahkan bahwa Bali menjadi surganya dunia. Jika Anda ke Bali jangan lupa mencoba makanan khas Bali yang terkenal sangat enak. Nah, bagi muslin Anda harus lebih memilih secara teliti makanan khas di Bali yang ingin Anda santap. Sebab beberapa makanan tersebut ada yang berbahan daging babi.

Berlibur tak hanya mengeksplor tempat wisata alam ataupun wisata-wisata lainnya, untuk mengisi perut cobalah cicipi masakan khas Bali yang ekspetakuler lezatnya. Di bawah ada beberapa rangkuman makanan khas Bali yang bisa menjadi incaran atau bahan pilihan sebelum memesannya.

1. Ayam Betutu

Berbahan seekeor ayam yang di olah sedemikian rupa, dengan berbahan daging ayam dan semua kalangan pastinya suka dengan kenikmatannya. Yah, Ayam Betutu adalah makanan khas Bali yang tak asing bagi wisatawan dan hampir kesemuanaya pernah mencicipi kelezatan yang di tawarkan oleh hidangan ini.

Kuliner Ayam Betutu mempunyai cita rasa yang sangat lezat, enak, banyak sensasi dan menonjolkan rasa pedas. Karena dalam proses mengolahnya menggunakan bumbu cabai yang cukup banyak yang dimasak berbarengan dengan ayam sehingga bumbu meresap sampai ke dalam daging. Para pecinta makan pedas, bersiaplah kangen dan jatuh hati dengan Ayam Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah.

Awal pembuatannya bumbu di masukkan kedalam perut ayam kampung, kemudian daging ayam di bungkus dengan daun pisang dan dipangang menggunakan bara api sekam dengan waktu 1 hari / 24 jam penuh. Tidak hanyak ayam saja yang bisa di olah menjadi masakan betutu, telusur punya telusur ternyata ada juga olahan bebek betutu.

Alamat :
- Ayam Betutu Khas Gilimanuk berada di Jalan raya Tuban No. 2X, Kuta, Bali, Indonesia.
- Ayam Betutu Pak Man berada di tempat makan Khas tradisional bali, Jl. Raya Kuta, No. 72X, Kuta, Bali, Indonesia.
Dan tak perlu pusing mencari makanan khas Bali satu ini karena di setiap sudut daerah banyak sekali yang menjajakannya.

Baca juga : Pantai Tanjung Benoa – Hal Menarik & Informasi

2. Nasi Tepeng

Pedas luar biasa yang ditawarkan makanan khas Bali bernama Nasi Tepeng, yang mana dimasak dengan racikan lengkap rempah-rempah dan lada yang identik dengan rasa pedas yang nendang. Nasi Tepeng di lengkapi dengan sayuran seperti kacang merah, kacang panjang, gori ( nangka muda ), terong, kelapa parut, daun kelor semakin menambah kelezatannya.

Untuk penyajiannya juga memiliki ciri khas tersendiri walaupun kuliner yang satu ini berbahan dasar nasi. Dengan adanya racikan yang berbeda menghasilkan cita rasa unik, menarik dan tentunya akan memberikan ketagihan. Penyajiannya menggunakan alas daun pisang, dan Nasi Tepeng merupakan salah satu jenis makanan untuk sarapan bagi masyarakat Gianyar.

Jika Anda ingin mencobanya olahan khas Bali ini akan dengan mudah di jumpai di Pasar Senggol. Dari Patung Ciung Wanara menuju ke arah Lapangan Gianyar hingga di Jalan Ngurah Rai, tepat di depan Pasar Umum Gianyar di sinilah Pasar Senggol yang di buka ulai dari pukul 18:00 – 23:00 waktu setempat.

Baca juga : Pantai Seminyak – Hal Menarik & Informasi

3. Nasi Sela ( Ubi )

Sejarah terciptanya Nasi Sela ( ubi ) adalah ketika masyarakat Bali sedang dilanda peceklik, akhirnya menambahkan ubi pada nasi untuk memperbanyak menunya. Ternyata perpaduan nasi dan ubi menhasilkan cita rasa yang enak seperti sedikit manis apalagi berpadu dengan lauk yang kaya rasa, membuat olahan Nasi Sela menjadi sangat istimewa.

Sementara untuk lauknya bisa di variasikan menurut selera, ada yang menggunakan lauk Ayam Betutu, Sate Kulit Ayam, Pindang Tongkol, Urab Sayur Kacang, dan lain-lain. Meskipun kuliner ini sudah mengalami perubahan yang tak berarti, Anda tetap masih bisa menyatap dan mencobanya di “Warung Mek Luh” yang berlokasi di depan RSUD Karangasem atau “Warung Nyoman Sate Tuna Nasi Sela” yang beralamatkan di Jl. Raya Anggungan No.11, Mengwi, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia.

Baca juga : Pantai Lovina - Hal Menarik & Informasi

4. Nasi Campur Ayam Bali

Seandainya berlibur di Pulau dewata dan tidak sempat mencicipi berbagai kuliner khasnya, menu masakan Nasi Campur Ayam Bali bisa menjadi pilihannya. Sebab menu ini berisikan beragam kuliner Pulau Dewata yang disajikan didalam satu piring. Yang lebih menariknya lagi, di setiap rumah makan menu ini selalu tampil dengan lauk yang bervariasi.

Nasi Campur Ayam Bali umumnya dibuat dari nasi putih, sate, sate lilit, kacang goreng, urab, lawar, tum ayam, ayam betutu, ayam sisit, pepes ikan, telur, udang bumbu Bali, ares, dan di lengkapi dengan sambal mentah. Kekhasan Nasi Camapur Bali memiliki cita rasa pedas yang segar yang mana di hasilkan dari sambal mentahnya tersebut.

Baca juga : Pantai Dreamland - Hal Menarik & Informasi

5. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo atau Nasi Jenggo dalam bahasa “Hokkien” adalah Jeng Go yang memiliki arti “seribu lima ratus”. Nasi Jinggo merupakan nasi siap saji yang di bungkus dengan daun pisang berposri kecil sekitar sekepalan orang dewasa. Karena porsi Nasi Jinggo sangat sedikit, pembeli biasanya tak cukup hanya menyantap satu porsi saja.

Seperti halnya Nasi Kucing yang di jual di warung angringan pada umumnya, lauk dari pada Nasi Jinggo juga bervariasi seperti ayam suwir, mie goreng, kering tempe, telor dadar dan lain sebagainya. Nasi Jinggo sudah ada dari tahun 1997 sebelum krismon,kini di jual mulai dari harga Rp 1.500, 2.000 hingga 5.000 per porsinya.

Nasi Jingga termasuk makanan ngehits di Bali, sehingga akan mudah Anda temukan di pinggir-pinggir jalan di daerah Pulau Dewata ini. Biasanya pedagang Nasi Jinggo akan membuka stand seadanya di pinggir jalan dimana Nasi Jinggo dijajakan.

Baca juga : Pantai Menjangan - Hal Menarik & Informasi

6. Sate Lilit

Makanan ini merupakan salah satu dari banyaknya kuliner Bali yang enak, lezat, dan memiliki tampilan yang sedikit unik. Dengan memiliki rasa yang sangat bersahabat menjadikannya banyak di gemari penikmatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk Sate Lilit bisaa menggunakan bahan utama sesuai selera seperti menggunakan daging sapi, udang, tahu, ikan, daging ayam dan masih banyak lainnya.

Cara pengolahannya daging dicintang terlebih dahulu dan di racik dengan bumbu khas, setelah itu kemudian dililitkan di batang serai maupun tanggai bambu. Untuk menemukannya tak harus berkeliling kota, cukup hanya berjalan kaki Anda akan mudah menemukannya lapak penjual Sate Lilit di pinggir-pingir jalan.

Baca juga : Pantai Sanur - Hal Menarik & Informasi

7. Tum Ayam

Serasi dengan namanya, kuliner ini menjadikan daging ayam sebagai bahan dasar sebagai pembuatannya. Kata “tum” bermakna di bungkus menggunakan daun yang biasanya menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Kemudian daging ayam yang sudah di cincang sedemikian rupa di beri bumbu dan dimasak dengan cara dikukus.

Dengan pembungkus berupa daun pisang menjadikan kuliner ini mempunyai cita rasa yang khas, sedap apalagi dengan peracikan bumbunya dari rempah-rempah yang istimewa pastinya akan memanjakan lidah Anda.

Baca juga : Pantai Nusa Dua - Hal Menarik & Informasi

8. Babi Guling

Makanan klasik Bali, kuliner Babi Guling menggambarkan cara memasaknya dengan di panggang yang diputar dan digulingkan di atas bara api. Perlu di perhatikan bahwa makanan ini haram bagi umat muslim dan jangan sampai Kalian mencobanya. Walaupun begitu, makanan inilah yang menjadi favortnya masyarakat Bali ataupun wisatawan yang beragama non muslim.

Kuliner Babi Guling berwarna kecoklatan sungguh nikmat ketinka mengunyahnya, apalagi dagingnya yang empuk dan kaya akan rempah-rempah yang meresap sampai kedalam daging. Sangat menarik, karena bumbu basa genep Bali beserta sayur daun ketela pohon dimasukkan ke dalam perut babi sebelum di masak dengancara di guling di atas bara api.

- Babi Guling Candra ( Restoran keluarga ) berada di Jl. Teuku Umar, Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat.
- Babi Guling Pak Malen ( Rumah Makan ) berada di Jl. Sunset Road No. 554, Seminyak, Kuta.
- Babi Guling Bu Oka 3 ( Rumah Makan ) berada di Jl. Tegal Sari No. 2,Ubud.

Baca juga : Pantai Pandawa - Hal Menarik & Informasi

9. Rujak Kuah Pindang

Rasanya menggelegar dari paduan segar, asam, manis, pedas dan rasa kekhasan ikan pindang dengan seikit bau amis. Rujak Kuah Pindang adalah resep masakan dari Bali, yang unik dan menariknya ialah menggabungkan kesegaran buah-buahan dengan kuah yang di ambil dari air rebusan kepala ikan laut.

Pada kebiasannya yang digunakan ialah ikan togkol berukuran agak besar, sekalipun terlihat aneh cita rasa dari Rujak Kuah Pindang sangat menggelitik lidah dan sangat sedap. Adapun buah-buahan yang di gunakan seperrti halnya mangga muda, jeruk bali, pepaya muda, mentimun, dan juga kedondong.

Baca juga : Pantai Tanah Lot - Hal Menarik & Informasi

10. Rujak Bulung

Asli nikmat banget, satu lagi rujak khas Bali yang siap menggoyang lidah para penikmatnya yakni Rujak Bulung. Rujak Bulung tidak seperti rujak-rujak pada umumnya, rujak ini berbahan dasar rumput laut yang di racik dengan garam, cabe rawit, terasi, kencur, kelapa parut, kuah pindang dan memiliki rasa yang luar biasa pedasnya.

Rasa menonjol dari segar dan pedas akan sangat menonjol, Kalian semua bisa mencicipi Rujak Bulung di salah satu kedai di sekitar Jalan Blambangan atau di kedai-kedai lain yang menyebar di Pulau Dewata bah surga ini.

Baca juga : Pantai Jimbaran - Hal Menarik & Informasi

11. Kue Bagiak

Dimana adalah kue tradisional Bali yang terbuat dari adonan tepung sagu beserta parutan kelapa dan bahan-bahan lainnya sehingga menghasilkan suatu kue yang memiliki rasa manis, gurih, garing beraromakan kayu manis. Kue Bagiak sejenis kue kering yang berbentuk lonjong berukuran sepanjang jari telunjuk orang dewasa.

Selain itu, Kue bagiak bertekstur agak keras saat digigit dan akan terasa lembut di mulut saat mengunyahnya. Kue ini biasanya di sediakan dalam berbagai varian rasa dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para Travelers yang berkunjung di Pulau Bali.

Baca juga : Pantai Karma Kandara - Hal Menarik & Informasi

12. Kue Jaja Bendu

Kue Jaja Bendu juga merupakan kue tradisional masyarakat Bali yang kini masih eksis, kue tersebut biasanya dijadikan sebagai jajanan yang dihidangkan ketika ada acara pernikahan di Bali. Tidak Cuma itu saja, Kue Jaja Bendu juga sering di temukan di tempat-tempat penjual seperti pedagang kaki lima dan berbagai tempat lainnya.

Kue Jaja Bendu di buat dari campuran tepung ketan, gula, kelapa, serta bahan-bahan lainnya yang di racik secara khusus. Kue Jaja Bendu adalah satu di antara kue tradisional Bali yang bercitarasa legit, manis dan tentunya gurih. Ketika berlibur di Bali, intinya kurang afdhol jika belum mencicipi kue kebanggaan masyarakat Bali ini. Jangan lupa ya Sob !!! jangan sampai liburanmu kurang berkesan.

Baca juga : Pantai Virgin Karangasem Bali - Hal Menarik & Informasi

13. Sate Plecing

Masakan Bali memang terkenal pedas, seperti halnya olahan Sate Plencing mengunakan cabe rawit sebagai bumbu ekstra pedasnya. Untuk bahan utamanya bisa menggunakan daging sapi, daging ayam atau sesuai dengan selera. Sebelum di olah menjadi masakan Sate Plencing, bahan daging di pukul-pukul terlebih dahulu agar mendapatkan tekstur daging yang empuk selain itu bumbu juga mudah meresap.

Penasaran dan ingin segera merasakan sensasi kedasyaratn rasa pedasnya  ? bisa mencicipi Sate Plencing di :

- Sate Plencing Arjuna yang terletak di Jalan Arjuna No. 47, Denpasar Utara, Bali, Indonesia.
- Sate Plencing Mak Lukuk yang terletak di Jalan Raya Puputan No. 210.

Baca juga : Pantai Kuta Bali - Hal Menarik & Informasi

14. Sop Komoh

Sajian ini akan mudah di temukan di daerah Barat dan Utara Bali, apalagi saat perayaan Penambahan Galungan. Menu kali ini terancam punah, sebab saking jarangnya di jajakan dirumah makan atau restoran di daerah Bali. Jika dilihat dari bahan bakunya sangat maklumlah sangat jarang penjualnya karena cukup sulit yakni terbuat dari darah segar dan daging cincang.

Sop Komoh bahkan bisa di masukkan dalam kategori makanan unik atau “bizarre food”. Bagi yang belum begitu mengenal akan makanan ini, mungkin dari beberapa orang perlu keberanian lebih untuk mencoba memakan Sob Komoh. Nah, dari bumbunya masih sama dengan bumbu lawar / base kele yang mana didalam bumbunya mengandung base selem ( bumbu hitam ).

Kuah Sop Komoh biasanya diseruput secara langsung dari gelas atau mangkok kecil tanpa menggunakan sedok. Sop Komoh juga bisa dinikmati tanpa makanan lainnya atau boleh dijadikan lauk teman makan nasi.

Baca juga : 13 Pantai Indah Di Pulau Bali Yang Disukai Wisatawan Indonesia

15. Lawar Kuwir

Ialah makanan khas Bali dari campuran sayur-sayuran dan daging cincang dengan ramuan khusus menggunakan racikan bumbu Bali. Cincangan daging bisa menggunakan daging babi, namun jangan khawatir dulu karena ada yang menggunakan daging ayam, daging sapi, dan daging bebek. Menu kali ini sudah lazim disajikan dalam rumah tangga atau di jual secara luas di rumah makan di daerah Bali.

Terkadang ada juga yang menambhakan unsur darah dari daging yang di pakai guna mendapatkan rasa yang katanya lebih mantap. Kuliner ini tak mampu bertahan lama, jikalau di didiamkan di udara terbuka hanya mampu bertahan setengah hari saja. Penamaannya juga berfariasi hlo, menurut daging yang digunakan seperti contohnya jika menggunakan daging babi maka di namakan dengan “ Lawar Babi”.

Baca juga : 30 Cafe Kekinian Dengan Desain Menarik, Unik Dan Kece Buat Selfie Di Bali

16. Serombotan

Makanana hasil dari perpaduan dari berbagai sayuran antara lain kacang panjang, toge, bayam, terong bulat, dan kangkung. Kesemua dari sayuran tersebut di rebus di atas api sedang higga matang terkecuali sayur terong. Setelah itu di tiriskan dan di potong pendek guna mempermudah penyajian dan memakannya.

Selain sayuran yang sudah disebutkan di atas ada juga menu Serobotan yang di sajikan menggunakan beberapa jenis sayuran kacang-kacangan hingga disebut dengan “Serobotan Kacang”. Sementara bumbu yang digunakan ada 3 jenis seperti bumbu kelapa parut, bumbu kacang dan yang terakhir adalah bumbu Unyah Sere Limo ( bumbu paling pedas di antara keduanya ).

Baca juga : 13 Makanan Tradisional Khas Bali Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

17. Jukut Ares

Bagi yang belum pernah memakannya menu kuliner ini mungkin sangat aneh karena berbahan batang pisang. Jelasnya “Jakut” artinya sayur, sedangkan “Ares” artinya batang pisang. Kuliner nan eksotik ini biasanya dimasak masyarakat Bali ketika diadakannya pelaksanaan suatu upacara atau Yadya berlangsung.

Merupakan makanan sayur berkuah tradisional Bali yang bercampurkan tulang babi, ayam, bebek, sapi dan lain sebagainya. Sedangkan untuk pembubuannya menggunakan base genep ataupun base gede yakni bumbu lengkap. Oh iya, Jukut Ares banyak dijumpai dan di sajikan pada warung masakan khas Bali. Selamat mencoba !!!

Baca juga : 21 Oleh-Oleh Khas Bali Yang Enak, Tahan Lama Dan Mudah Di Dapat

18. Bubur Mengguh

Siapa coba yang tak tahu dengan menu yang satu ini, yaitu Bubur Mengguh yang sudah populer di kalangan warga Bali. Kuliner khas dari daerah Bali Utara, yakni di Teja Kula, Buleleng ini memang sangat tersohor kwalitas rasanya. Rasa yang di ciptakan merupakan gabungan dari rasa enak, pedas, gurih, manis dan intinya mantap tidak menyesaal untuk mencobanya.

Bubur Mengguh berbahan utama beras dan santan yang di rebus hingga menjadi bubur. Dalam penyajiannya di beri sayuran dan ayam suwir yang sudah di bumbui atau daging yang diinginkan, kemudian disiram dengan kuah nan berkaldu kental. Wow sungguh nikmat di santap sebagai menu sarapan atau menurut selera masing-masing.

Baca juga : 20 Wisata Kuliner Terkenal Di Bali Yang Enak Dan Murah

19. Tipat Cantok

Olahan Tipat Catok hampir sama dengan kuliner gado-gado yang mana racikan bumbunya yang sedikit berbeda. Tipat Cantok ialah ketupat ( dalam bahasa Indonesia ) atau lontong yang di ulek bersama berbagai sayuran rebus. Semua bahan di campur menjadi satu ke dalam wadah dengan saus kacang tanah yang mampu menggoda selera.

Tipat Cantok disajikan di atas piring dengan sendok dan garpu, di atasnya di beri taburan bawang goreng, kacang merah goreng, yang di lain tempat ada variasinya tersendiri seperti penambahan telur, daging dan lain sebagainya.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Kesukaan Wisatawan Indonesia Di Bali

20. Tipat Blayag

Sajian istimewa di Pulau Dewata, yakni diciptakan oleh pendahulu dari Desa Pegelatan, Kecamatan Buleleng, Bali, Indonesia. Menu ini tak lain adalah ketupat yang disajikan dengan telor, ayam suwir, toge, sambal, yang langkah seterusnya disiram dengan kuah bersantan persis kuah kare. Tidak cukup itu saja, di atasnya kemudian di taburi kedelai goreng dan berbagai bahan yang bisa menambah cantik dan lezat.


Untuk kuliner Khas Bali kali ini kelezatannya tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata, salah satunya untuk mengetahui hebohnya keaslian kombinasi rasa dari pada Tipat Blayag adalah langsung mencicipinya di Pulau Dewata.

Baca juga :

42 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Makanan Khas Di Bali Yang Enak Dan Murah

4 komentar:

  1. Suka bgt sma makanan khas bali.. mampir yuk ke elementmtb.com/manfaat-bersepeda-tidak-hanya-untuk-kesehatan/

    BalasHapus
  2. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan AKI RUSLAN SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit, kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI RUSLAN SALEH dan saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI RUSLAN SALEH saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Jika Anda Ingin Di Bantu Ritual Pesugihan Hubungi 0852=8584=7477 Atau [klik] AHLI PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    KEAMPUHAN RITUAL AKI RUSLAN SALEH
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris Usaha DLL
    Dan Masih Banyak Lagi, AKI RUSLAN SALEH Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    BalasHapus
  3. https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=543487656000670&id=536221276727308

    BalasHapus