Minggu, 27 November 2016

Air Terjun Nung-Nung – Keindahan Alam Pegunungan Bali


Hay Travelers yang suka wisata petualangan sekaligus mencari keindahan alam yang masih alami, di Pulau Bali ada obyek wisata air terjun yang masih sangat alami bernama Air Terjun Nung-Nung. Lokasinya berada dilembah setinggi 50-70 meter dan mempuyai debit air cukup besar. Sepanjang perjalanan menuju kelokasi pemandangan yang disajikan sangat hijau, menyegarkan, keadaan alam sekitar masih alami dan asri, serta udara sejuk yang nyaman.

Air Terjun Nung-Nung sangat eksotis, karena letaknya di daerah pedesaan yang jauh dari keramaian kota menjadikannya diburu oleh para wisatawan domestik ataupun mancanegara yang datang ke Bali. Kebanyakan pengunjung yang datang ialah mereka yang menyukai olahraga trekking, sebab  untuk sampai ke lokasi harus melewati persawahan berbukit dan beberapa anak tangga menuju ke lembahnya.

Meskipun jalur jalan menuju lokasi terlihat menakutkan dan melelahkan, objek wisata air terjun ini dikelola dengan baik dan profesional. Berbagai fasilitas pengunjung dikawasannya sudah dibangun cukup lama. Jalur jalan berbentuk tangga tersebut bisa dikatakan cukup lebar dengan konstruksi beton serta diberi handle pengaman.

Jika sudah merasa capek diwaktu perjalanan, bisa beristirahat di gazebo atau bale bengong ( warga setempat menyebutnya ) yang di bangun dibeberapa titik strategis. Selain untuk beristirahat dan melepas lelah, juga bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian. Jalur ini jaraknya sekitar 400 meteran, jadi tidak usah terburu-buru ya SOB.

Jalur bertingkat ini berlumut disarankan untuk tetap berhati-hati, di kawasan Kecamatan Petang hampir setiap harinya selalu ada hujan sehingga tidak mengherankan jika begitu adanya. Setelah sampai dilokasi, pemandangan menajubkan Air Terjun Nung-Nung setinggi 30 meter akan langsung menyambut Anda di ujung tangga.

Saking besarnya air yang dicurahkan air terjun ini, di dasar lembah akan terbentuk kabut tebal yang menciptakan udara sejuk dan lebih cenderung dingin. Vegetasi tanaman di sekitarnya sangat eksotis, yang mana banyak ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan khas dataran tinggi seperti paku-pakuan dan yang lain sebagainya.

Kawasan wisata Air Terjun Nung-Nung ini mempunyai fasilitas parkir yang cukup luas dan WC umum.

Tiket masuk :

Rp 10.000 / orang

Alamat :

Banjar Nungnung, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Propinsi Bali, Indonesia.

Rute perjalanan :

Jarak dari Kota Denpasar menuju ke Air Terjun Nung-Nung sekitar 45 km atau sekitar 1,5-2  jam perjalanan.  Lokasi Air Terjun Nung-Nung dari Jembatan Tukad Bangkung berjarak sekitar 5 km.

Kota Denpasar - Jalan Ahmad Yani - Pasar Desa Mambal belok ke kiri - Sangeh - Kecamatan Petang - Desa Nung-Nung - pertigaan ada plang bertuliskan "Nungnung Waterfall” - belok kanan - Area Parkir Air Terjun Nung-Nung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Air Terjun Nung-Nung – Keindahan Alam Pegunungan Bali

0 komentar:

Posting Komentar