Senin, 14 November 2016

Art Centre Bali – Hal Menarik & Informasi


Art Centre atau Taman Budaya ( Taman Werdhi Budaya ) merupakan salah satu tempat terluas untuk pergelaran seni budaya dari seluruh Pulau Bali. Setiap tahunnya tempat ini rutin diadakan Pesta Kesenian Bali. Selain  memiliki lokasi yang sangat strategis serta sejuk,  tempatnyapun dijaga, dirawat,  dan juga indah.

Art Center didirikan oleh Gubernur Bali pertama yang bernama Ida Bagus Mantra, yang mana lokasinya berada di Jalan Nusa Indah Denpasar Bali. Luas keseluruhan Art Center kurang lebih 14 hektar, tak mengherankan jika menjadi target kunjungan wisatawan ketika berlibur di Bali dan setiap harinya banyak wisatawan domestik maupun asing yang berkunjung.

Kawasan ini pertama kali dibuka pada tahun 1973 dan merupakan awal dari diselenggarakannya tradisi Pesta Kesenian Bali atau Bali Art Festival. Tepatnya di bulan Juni di setiap tahunya, kawasan Art Center akan diadakan Pesta Kesenian Bali yang biasannya dibuka oleh presiden sendiri. Melihat waktunya, pastilah sangat tepat karena merupakan libur panjang dan paska berlibur yang seru.

Kesenian Bali tersebut akan ramai diikuti oleh seluruh seniman dari Bali yang akan memperkenalkan indahnya kesenian yang tidak Cuma berbentuk tarian maupun pahatan. Beraneka macam pagelaran seni dapat dinikmati wisatawan setiap malam saat Pesta Kesenian Bali diadakan. Pagelaran seni tersebut adalah seni wayang, sendratari, seni tari kreasi baru, bondes, jogged dan geguntangan.

Seluruh kesenian ini diadakan bertujuan untuk menjaga kelestarian seni dan budaya Bali agar tidak punah. Diadakannya acara di Art Center tersebut, akan membuat lokasi obyek wisata ini menjadi sangat ramai oleh wisatawan. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan bahkan bersama keluarga besar tak perlu khawatir karena area parkir yang disediakan cukup luas.

Selain bisa menikmati segala pagelaran seni di Art Center, pihak pengelolapun ternyata membebaskan biaya masuk ke kawasan wisata ini alias geratis. Bagaimana Guys, tertarik mengunjungi Art Center ? Janga lupa berkunjung ke Bali ya !!!

Lokasi Art Center berada di Jalan Nusa Indah Denpasar, yang bisa Anda akses dari Bandara Internasional Ngurah Rai dengan jarak sekitar 15 km atau 30 menit perjalanan. Sementara itu rute yang dapat Anda gunakan  bisa mengambil jurusan menuju ke pusat Kota Denpasar di Jalan Gajah Mada, lurus ke Timur menuju Hayam Wuruk, disebelah kiri tepat setelah Banjar Kedaton, Anda akan sampai di Jalan Nusa Indah Denpasar dan di sinilah lokasinya.

Kawasan Art Center dibagi menjadi 4 komplek, adalah sebagai berikut :

1. Komplek Suci meliputi Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan, dll.
2. Komplek tenang meliputi Perpustakaan Widya Kusuma
3. Komplek setengah ramai meliputi Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Studio Patung, Wisma Seni, wantilan
4. Komplek ramai meliputi Panggung Terbuka Ardha Candra & Panggung tertutup Ksirarnawa (keduanya berada sebelah Selatan Sungai)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Art Centre Bali – Hal Menarik & Informasi

0 komentar:

Posting Komentar