Selasa, 15 November 2016

Bali Safari Marine Park – Hal Menarik & Informasi


Di Pulau Bali ada tempat wisata yang asyik dan seru bernama Bali Safari & Marine Park atau sering juga disebut dengan Taman Safari Bali. Tempat tersebut menawarkan berwisata melihat satwa liar seperti di habitat aslinya, yang mana dibangun dengan perpaduan kebudayaan masyarakat Bali dan bisa dikunjungi untuk segala usia.

Bali Safari & Marine Park berada di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra tepatnya berada di tiga desa yang ada di kawasan Kabupaten Gianyar, yakni Desa Lebih, Desa Serongga, dan Desa Medahan. Kawasan tersebut merupakan objek wisata nasional yang dibangun diatas lahan seluas 40 hektar. Didalamnya ada berbagai jenis satwa langka yang berasal dari Indonesia, India dan Afrika.

Satwa tersebut terdiri dari 60 species dan 400 ekor satwa langka asal Indonesia, mulai dari Jalak Putih, Burung Hantu, Tapir, Buaya, Babi Rusa dan Harimau Sumatra. Satwa dari India adalah Rusa Tutul, Beruang Himalaya, Nilgai dan Black Buck. Sementara satwa langka dari Afrika berupa Kuda Nil, Burung Unta, Singa, Babbon, Zebra dan Blue Wildebeest.        

Menariknya lagi Bali Safari Marine Park juga di lengkapi dengan aneka arena permainan yang seru mulai dari roller coaster, twister dan masih banyak lainnya. Fasilitas bermain juga terdapat dikawasan Fun Zone, yang mana tempat bermain untuk anak-anak berusia maksimal 10 tahun. Arena bermain seperti Mary Go Round, Clumbing Car, Go Go Bouncer di tarif Rp 10.000 untuk sekali main.

Terdapat pula bermacam-macam pertunjukan yang ditampilkan di Bali Safari Marine Park yang bisa dinikmati semua pengunjungnya, diantaranya adalah :

- Elephant Conservation & Education Show di Kampung Gajah : kawasan yang memiliki museum gajah, kandang gajah, wisata menaiki gajah, souvenir, dan tak ketinggalan warung gajah.

- Elephant Bathing di Ganesha : Taman Ganesha yang memiliki sebuah patung Ganesha setinggi 9 meter, tempat ini merupakan pintu masuk ke lokasi Bali Theater. Selain itu, Kamu juga dapat dilihat replika relief yang berada di Gunung Kawi serta bisa berinteraksi dengan gajah-gajah yang sedang mandi.

- Animal Education show di Hannuman Stage : Taman Hanuman, di dalamnya ada sebuah panggung yang digunakan untuk pertunjukan satwa serta memberikan pengetahuan tentang satwa langka.

- Balinese Holy Water Procession di Tirta Sulasih : tempat pemandian suci yang bernuansa khas kebudayaan Bali. Disinilah dimana tempat dapat menyaksikan kegiatan sehari-hari masyarakat Bali dengan budayanya yang unik dan menarik. Oh iya Guys, disini banyak dijual berbagai barang kerajinan khas Bali, aksesoris berbentuk binatang maupun souvenir di areal pertokoan yang dikenal dengan nama Peken Bali.  Setiap harinya juga diadakan kelas menari Bali dan memainkan alat musik berupa gambelan Bali di Bale Banjar.

- Tigers of Ranthambore : tempat yang didesain layaknya benteng kuno di India, bangunan ini menjadi tempat berdiamnya harimau putih yang sangat langka.

-Balinese Bamboo Music di Terminal Bali.

- Balinese Dancing Class di Bale Banjar.


Wisatawan yang berkunjung di  Bali Safari Marine Park juga dapat menunggangi unta ataupun kuda  poni dengan tarif Rp 20.000 / orang, naik gajah untuk berkeliling selama ½ jam dengan tarif Rp 100.000 / orang, memberi makan gajah dan berfoto dengan berbagai satwa langka hanya membayar Rp 20.000 untuk satu kali foto.

Bali Safari Marine Park adalah salah satu tempat wisata terbaik di Pulau Bali untuk anak-anak, selain berwisata mereka bisa belajar mengenal hewan-hewan langka. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, sudah disediakan penginapan di Mara River Safari Lodge serta restoran yang menyajikan berbagai menu. Disaat malam hari pengunjung dapat melihat satwa liar yang berkeliaran persis di habitatnya aslinya.

Selain dijadikan sebagai kawasan tujuan wisata yang menarik di Bali, Bali Safari Marine Park juga menjdi tempat pengembangbiakan satwa yang terancam punah.

Lokasi & Akses ke Bali Safari Marine Park

Jl. Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km. 19,8, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Indonesia. Dari Denpasar sekitar 17 km atau setara 1 jam perjalanan, sedangkan dari Kuta berjarak sekitar 30 km yang bisa ditempuh dalam waktu 40 menit dari pusat Kota Denpasar. Lokasi Bali Safari Marine Park sangat strategis, mudah di akses dan jarang terjadi kemacetan.

Dibuka : 13 November 2007.   
         
Jam Operasional : 09.00 - 17.00.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bali Safari Marine Park – Hal Menarik & Informasi

0 komentar:

Posting Komentar