Sabtu, 12 November 2016

Danau Beratan Bedugul – Hal Menarik & Informasi


Danau Beratan atau Danau Bratan berada di kawasan Bedugul, yakni di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Dari kota Denpasar berjarak kurang lebih 55 km, yang mana terletak di ketinggian ± 1250 meter diatas permukaan laut dan suhu di kawasannya sekitar 18° C pada malam hari serta ± 24° C pada siang hari.

Luasnya kira-kira 375.6 hektar dengan kedalaman 24 - 48 meter dengan luas keliling kurang lebih 12 km. Danau Bratan merupakan danau terluas dan terbesar kedua setelah Danau Batur di wilayah Kintamani, Bali. Danau Beratan memiliki fungsi sebagai sumber utama irigasi di Pulau Bali bagian tengah.

Danau Beratan adalah satu dari 20 danau terbaik dan terindah di dunia ( The World's 20 Most Beautiful Lake ), dan sangat dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata terbaik yang dikunjungi ribuan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Segarnya udara pegunungan disertai pemandangan danau, pura dan juga gunung nan indah ditambah jauh dari kebisingan kota membuat Danau Beratan menjadi tempat wisata favorit dan sayang dilewatkan ketika berlibur di Pulau Dewata. Selain itu, didalam kawasan Danau Beratan terdapat pemandangan bunga berwarna-warni, pepohonan cemara yang rindang dan hijaunya rerumputan yang alami.

Pura Ulun Danu Beratan

Lokasi Pura Ulun Danu berada di bagian ujung Danau Beratan, pura ini dibangun sekitar awal abad ke-17. Pura Ulun Danu berfungsi sebagai tempat memuja kebesaran Tuhan untuk memohon anugerah kesuburan, kesejahteraan manusia, kemakmuran, dan keseimbangan alam semesta.

Pura Ulun Danu Bratan memiliki pemandangan yang sangat indah dan eksotis ketika di pagi hari, tepatnya disaat matahari terbit dan kabut menyelimuti bagian dari gunung. Sementara pantulan bayangan Pura Ulun Danu juga sangat menakjubkan dari permukaan air, sehingga momen ini sangat di gandrungi oleh wisatawan dan para fotografer yang ingin mengabadikan keindahan wisata ini.

Gambar pada lembaran mata uang Rp 50.000, terdapat gambar pura Danu Beratan dan bangunannya sangat mencirikan khas Bali. Bangunan Pura Ulun Danu memiliki atap bertingkat, menara dengan atap 11 tingkat, 7 tingkat, dan 3 tingkat. Dari menara-menara tersebut menyimbulkan terhadap tiga dewa dalam kepercayaan umat Hindu di Bali, yaitu : Dewa Wisnu (11 tingkat), Dewa Brahma (7 tingkat) serta Dewa Siwa (3 tingkat).

Agar bisa masuk ke areal Pura Ulun Danu Bratan, dan dapat berfoto dengan latar belakang pura di tengah danau tersebut, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 / kepala. Saking banyaknya wisatawan yang ingin memiliki foto berlatar belakang Pura Ulun Danu, mereka akan kesulitan untuk mengambil foto tanpa ada orang di sampingnya, untuk menyiastinya datanglah lebih pagi.

Selain itu, banyak pula wisatawan yang menyewa perahu speed boat maupun sepeda motor untuk mengelilingi danau, hal ini dilakukan tak lain untuk  menikmati pemandangan danau dari jarak dekat.

Fasilitas Pendukung & Akomodasi

Di kawasan Danau Beratan Bedugul sudah banyak tersedia hotel, villa, restoran dengan kelas yang bervariasi. Bagi yang suka wisata air, boleh mencoba beberapa permainan seperti parasailing, kano ataupun jetski. Di bagian timur Danau Beratan Bedugul terdapat Gunung Catur ( orang Bali menyebutnya sebagai Pucak Mangu ) yang mana tempat sering dilakukannya aktivitas hiking.

Selain itu tak terkecuali tersedianya fasilitas parkir yang memadai, toilet, dan taman bermain untuk anak-anak. Obyek wisata ini multiguna dan sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan bersama keluarga tercinta.

Alamat Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul beralamatkan di , Jalan Raya Candi Kuning – Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Karena lokasi Pura Ulun Beratan berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan wilayah Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Buleleng, untuk mencarinya tentu sangat mudah sekali. Jarak yang akan di tempuh sejauh  60 kilometer dan akan memerlukan waktu tempuh kurang lebihnya 2 jam perjalanan.

Baca juga :

13 Pantai Indah Di Pulau Bali Yang Disukai Wisatawan Indonesia

30 Cafe Kekinian Dengan Desain Menarik, Unik Dan Kece Buat Selfie Di Bali

13 Makanan Tradisional Khas Bali Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

21 Oleh-Oleh Khas Bali Yang Enak, Tahan Lama Dan Mudah Di Dapat

20 Wisata Kuliner Terkenal Di Bali Yang Enak Dan Murah

20 Makanan Khas Di Bali Yang Enak Dan Murah

11 Tempat Wisata Kesukaan Wisatawan Indonesia Di Bali

42 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

Daftar Pantai Di Pulau Bali Yang Bisa Kamu Kunjungi



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Danau Beratan Bedugul – Hal Menarik & Informasi

1 komentar: