Senin, 21 November 2016

Jatiluwih Tabanan Bali, Pemanadangan Persawahan Terasering Nan Eksotis


Bosan menikmati obyek wisata mewah dengan suasana hiruk-piruk keramaian kota di Pulau Bali ? jika jawabanmu iya, tak ada salahnya berwisata di Jatiluwih Tabanan Bali. Jatiluwih adalah sebuah nama dari desa di kawasan Kabupaten Tabanan yang memiliki suasaa tenang, alami, asri dan tentunya udara disekitar sangat menyegarkan. 

Lokasi Desa Jatiluwih ini juga masih berdekatan dengan Gunung Batu Karu, yang sudah banyak dikenal sebagai suatu daerah dengan menawarkan keindahan yang ekpetakuler panorama sawah terasering. Seperti yang sudah dikatakan tadi, di dalam daerahnya banyak persawahan yang ditata bertingkat-tingkat, yang dinamakan sawah terasering.

Luas sawah terasering di Desa Jatiluwih kurang lebihnya ialah 636 hektar, yang mana merupakan kawasan terbesar yang memiliki pemandangan sawah terasering di Pulau Bali nan eksotis ini. Oh iya Guys, sistem pengairan di sawah terasering tersebut menggunakan pengairan Subak, yakni salah satu cara irigasi tradisional Bali yang dilakukan oleh masyarakat.

Pemandangan yang disajikan tak hanya sawah terasering saja, namun juga didominasi dengan pemandangan sungai, pura, serta rumah-rumah penduduk yang masih berbentuk tradisional.  Agar kesan berlibur menjadi seru, dalam menjelajah di obyek wisata Jatiluwih Tabanan Bali bisa menggunakan sepeda atau juga menggunakan jasa penyewaan mobil.

Daya tarik obyek wisata Jatiluwih Tabanan Bali adalah hampir dari semua petani masih menggunakan cara tradisional didalam penanaman beserta alat-alat yang digunakan. Selain itu di kawasan ini juga ada aktifitas wisata hiking dan cycling, untuk mendukung sarana pariwisata di Jatiluwih Tabanan Bali kini sudah disediakannnya penginapan, cafe, warung makan sederhana hingga restoran dengan makanan khasnya yang berbahan beras merah dari hasil pertanian di Desa Jatiluwih.

Dengan pesona alam yang berupa persawahan terasering dengan keindahan  yang luar biasa, tak jarang tempat ini menjadi salah satu lokasi untuk sesi pengambilan foto preweding wisatawan yang berlibur di Bali.

Sejarah Tentang Nama Jatiluwih Tabanan :

Jatiluwih berasal dari kata Jaton dan Luwih ( berarti jimat dan bagus ), bisa disimpulkan sebuah desa yang mempunyai Jimat yang benar-benar sakti. Dari informasi yang didapat, konon di tengah desa ini ada sebuah kuburan binatang purba ( burung Jatayu ). Dengan berjalannya waktu yang lama, kata “Jatayu” mengalami perubahan bunyi menjadi “Jaton Ayu” dan akhirnya menjadi  “ Jatiluwih”.

Alamat :

Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, Indonesia.

Baca juga :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jatiluwih Tabanan Bali, Pemanadangan Persawahan Terasering Nan Eksotis

0 komentar:

Posting Komentar