Jumat, 25 November 2016

Pulau Menjangan, Bali Yang Eksotis - Spot Snokerling


Pulau Menjangan adalah spot snokerling atau diving yang patut Anda coba ketika sedang berlibur di Pulau Dewata ini. Memang kawasan ini terkenal dengan wisata pantainya seperti Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Pantai Pandawa, Pantai Lovina, Pantai Tanah Lot dan masih banyak yang lainnya. Spot snokerling di Pulau Menjangan atau Pantai Menjangan bagai surga tersembunyi yang menawarkan panorama menakjubkan.

Pulau ini adalah perpaduan sempurna dari keindahan panorama alam bawah laut dengan hamparan pasir putihnya yang masih alami. Kata “menjangan” adalah bahasa Jawa berarti kijang atau rusa, karena setiap musim semi banyak kawanan rusa liar yang berenang menempuh jarak sekitar 1,3 mil ke Pulau tersebut.

Sehingga tak mengherankan jika terdapat banyak rusa liar yang jumlahnya semakin menurun. Kemudian pemerintah menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat, upaya pemerintah tak lain ialah untuk membangun konservasi guna menjaga kelestarian rusa dan keanekaragaman hayati. Jadilah pulau ini dinamakan sebagai Pulau Menjangan.

Tahukah Anda jika Pulau Menjangan terkenal dengan wall-divingnya ? Wall-diving ialah salah satu jenis aktivitas menyelam dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Kedalaman tebing bawah laut di Pulau Menjangan sekitar 20 - 60 meter. Walaupun begitu, Pulau Menjangan juga memiliki aneka terumbu karang dari kedalaman 10 meter hlo Sob.

Kondisi perairannya cukup tenang sehingga jarak pandang saat menyelam mampu mencapai 50 meter dalam syarat kondisi cuaca tertentu yang mana banyak ikan jenis gorgonial fanfish. Pulau ini dikelilingi terumbu karang dengan berbagai formasi dan bentuk yang beraneka ragam, sehingga menciptakan pemandangan bawah laut yang begitu ekpetakuler.

Di salah satu formasi batuan karang sedalam 60 meter ada yang membentuk gua kecil dan gua-gua besar, yang mana tempat habitat berbagai terumbu karang seperti karang lunak, kerapu besar, belut moray, serta  kakap kecil dan batfish yang berenang kesana kemari. Di dasar lautnya juga kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans berukuran sangat besar. Selain itu juga tempat hidup spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, berbagai penyu dan juga hiu.

Spot-spot diving  di Pulau Menjangan

Eeel gardens terletak di bagian barat Pulau Menjangan yang mana sering disebut sebagai spot diving terbaik di Pulau Menjangan. Di area ini banyak sekali terdapat kumpulan garden eel dan sea fans, aktivitas diving akan dimulai pada kedalaman dinding karang sekitar 40 meter.

Secret Bay merupakan lokasi yang cocok bagi para pecinta macro diving, sebab perairan di lokasi ini cukup dangkal yang berisikan bermacam terumbu karang serta pasir berlumpur di dasar laut dengan keadaan yang masih sangat alami. Pasir berlumpur atau pasir vulkanis ini adalah tempat hidup beraneka biota laut yang langka dan endemik.

Drai kedalaman 10 meter saja sudah bisa menemukan nudibranch, frogfish, lionfish, shrimpfish, dragonets, seahorses, pipefish, udang laut, belut pita dan masih banyak biota laut lainnya. Jika ingin melihat hewan laut tersebut harus menyelam di saat gelombang tinggi dan sirkulasi bulan berada pada posisi yang tepat. Sangat disarankan bagi penyelam menggunakan ( wetsuit / jenis pakaian selam ) yang dikarenakan suhu air di sini lebih dingin dibandingkan perairan di Pulau Bali lainnya.

Anchor Wreck ialah lokasi diving yang sangat dianjurkan bagi yang sudah berpengalaman. Areal ini berkedalaman sekitar 45 meter dengan menawarkan keunikan bangkai kapal lengkap dengan jangkarnya. Usut punya usut, kapal ini merupakan kapal laut milik Belanda yang tenggelam pada abad ke- 19 saat terjadinya Perang Dunia II.

Kapal ini juga disebut sebagai Kapal Anker atau Kapal Budak, yang katanya dulunya mengangkut budak dari Bali menuju Jakarta. Didalam kapal tersebut dapat ditemui peti yang berisi perabot-perabot keramik yang sudah ditumbuhi karang.

Alamat :

Sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat, Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia.

Rute :

Kota Denpasar - Tabanan - SelemadengPupuan - Seririt - Pulau Menjangan, waktu perjalanan yang akan ditempuh sekitar 4 jam perjalanan yang mana akan dihibur dengan pemandangan hijaunya sawah khas Bali dan laut yang biru.

Pertama-tama untuk mencapai Pulau Menjangan harus menyeberang dari Pelabuhan Lalang dengan menggunakan boat ( kapal motor ) kurang lebih selama 30 sampai 45 menit. Di pelabuhan tersebut fasilitas yang disediakan cukup lengkap, seperti adanya restoran, penginapan, bar, dan tersedia berbagai paket diving dengan harga yang bervariasi.

Paket diving yang ditawarkan terdiri dari sewa kapal boat + guide + asuransi + sewa peralatan snorkeling, dengan adanya paket tersebut tentunya akan memudahkan wisatawan untuk berlibur.

Rincian harga :

Rp 400.000 – 600.000 sewa kapal bat / hari
Rp 40.000 – 50.000 sewa peralatan snorkeling / orang
Rp 2.500 tiket masuk / orang
Rp 4.000 biaya asuransi / orang
Rp 100.000 jasa pemandu / kelompok

Fasilitas Penginapan Yang Terdekat Dengan Pulau Menjangan :

The Menjangan Resort
Mimpi Resort Menjangan
Taman Sari Bali Resort and Spa
Pondok Sari Beach & Bungalow Resort

Tips :

Disarankan bagi wisatawan yang akan belibur ke Pulau Menjangan datanglah antara bulan April – November, karena pada bulan tersebut merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini. Pulau Menjangan adalah pulau yang tidak berpenghuni, jadi bawalah bekal makanan dan minuman sendiri, obat-obatan, sunblock serta baju ganti.

Bagi pengunjung sangat amat disarankan untuk bermalam, karena waktu untuk pulang pergi ke Kota Denpasar akan memakan waktu sekitar 7 jam. Jangan sampai lupa membawa kantong plastik untuk baju kotor serta sampah makanan dan minuman. “ ingat budayakan kebersihan agar alam disekitar tak tercemar “.

Baca juga :

13 Pantai Indah Di Pulau Bali Yang Disukai Wisatawan Indonesia

30 Cafe Kekinian Dengan Desain Menarik, Unik Dan Kece Buat Selfie Di Bali

13 Makanan Tradisional Khas Bali Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

21 Oleh-Oleh Khas Bali Yang Enak, Tahan Lama Dan Mudah Di Dapat

20 Wisata Kuliner Terkenal Di Bali Yang Enak Dan Murah

20 Makanan Khas Di Bali Yang Enak Dan Murah

11 Tempat Wisata Kesukaan Wisatawan Indonesia Di Bali

42 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

Daftar Pantai Di Pulau Bali Yang Bisa Kamu Kunjungi

Spot Prewedding Di Pulau Bali Yang Harus Kamu Ketahui

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pulau Menjangan, Bali Yang Eksotis - Spot Snokerling

1 komentar:

  1. https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=543603555989080&id=536221276727308

    BalasHapus