Rabu, 23 November 2016

Tirta Gangga, Karangasem – Wisata Teraik Keluarga


Anda berencana liburan bersama keluarga tercinta di Pulau Bali ? Objek wisata Tirta Gangga bisa menjadi pilihat tepat. Tirta Gangga adalah bangunan berupa sebuah taman air peninggalan kerajaan Karangasem yang berada di kawasan  Bali timur. Luas area Tirta Gangga atau Taman Air Tirta Gangga mencapai 1,2 hektar, yang memanjang dari arah timur ke barat.

Lokasinya tepat berada di tengah-tengah areal persawahan yang mana air di Taman Air Tirta Gangga berasal dari Mata Air Rejasa. Oh iya, sebelumnya terdapat tiga hal utama yang ada di Taman Air Tirta Gangga Karangasem, yakni kebun, kolam air dan patung. Bangunan disini berbentuk tiga tingkatan, bangunan tertinggi terdapat mata air di bawah pohon beringin. Bangunan tingkat kedua, terdapat kolam renang serta bangunan yang terakhir terdapat kolam hias dengan air mancur.

Disaat memasuki kawasan Taman Air Tirta Gangga, hal pertama yang lihat adalah hamparan kolam air dan satu buah candi yang menjulang tinggi di bagian kanannya. Air di taman ini sangat jernih dan sejuk yang mana didalam kolam air tersebut dihuni banyak ikan hias. Masyarakat setempat mempercayai bahwa mata air di Taman Air Tirta Gangga dianggap sebagai air suci yang sering gunakan untuk keperluan upacara keagamaaan.

Jumlah air yang dikeluarkan Mata Air Rejasa sangat besar, sehingga sepertiga dari pasokan air tersebut di kirim ke rumah penduduk di Kota Amlapura. Dua pertiganya digunakan untuk mengisi kolam, sementara keluaran dari air kolam dimanfaatkan untuk keperluan pertanian di wilayah sekitar Taman Air Tirta Gangga.

Nah air di Taman Air Tirta Gangga sangat sejuk dan jernih, bagi Anda yang ingin berenang juga di perbolehkan hlo Sob dan rasakan kesegarannya. Selain itu, obyek wisata ini tak luput dari fotografer untuk melakukan sesi foto prewedding.

Sejarah Taman Air Tirta Gangga Karangasem

Tirta Gangga memiliki arti air dari Sungai Gangga, dan Taman Air Tirta Gangga di bangun oleh Raja Karangasem ( Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung ) pada tahun 1946. Kompleks taman air seluas 1,2 hektar ini hampir seluruhnya hancur yang di akibatkan oleh letusan Gunung Agung pada tahun 1963.

Kemudian Pemerintah kabupaten Karangasem membangunnya kembali yang ditujukan untuk kawasan wisata. Daerah di sekitar Taman Air Tirta Gangga sangat diterkenal oleh wisatawan dengan teras-teras sawahnya.

Lokasi Taman Air Tirta Gangga

Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Indonesia.

Tiket Masuk

Rp 5.000 untuk satu orangnya dan jika ingin berenang, akan ada biaya tambahan sebesar Rp 6.000 per orang.

Obyek wisata menarik di sekitarnya


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tirta Gangga, Karangasem – Wisata Teraik Keluarga

0 komentar:

Posting Komentar