Kamis, 15 Desember 2016

Desa Pakraman Pengotan, Bali Woso – Desa Tradisional di Bangli


Bali merupakan sebuah pulau di Indonesia yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menyengkan dan seru untuk ditelusuri. Seperti halnya tempat wisata yang berada dikawasan kabupaten Bangli ini, yang mana terkenal dengan kesejukan udara serta alamnya yang masih asri dan mempesona.

Karakter inilah yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata saat di Bali, khusunya bagi anda yang mengidam-idamkan tempat wisata yang bernuansa pedesaan alangkah tepat dengan pembahasan kali ini yakni Desa Pakraman Pengotan. Desa ini adalah sebuah desa aga yang masih memiliki budaya tradisional khas Bali.

Desa Pakraman Pengotan ialah objek wisata yang keberadaannya paling ujung Kecamatan Bangli yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kintamani. Karena itulah udara di daerah ini bersuhu rata-rata 240 Celcius. Tata ruang pemukiman di Desa Pakraman Pengotan berjejer sangat rapi dari arah utara hingga selatan dan hampir sama dengan desa wisata lainnya seperti Desa Panglipuran maupun Desa Bayung Gede.

Di kawasan Desa Pakraman Pengotan ini memiliki sebanyak 8 banjar adat , Kedelapan banjar adat tersebut adalah Banjar Adat Dajan Umah, Delod Umah, Adat Sunting, Padpadan, Penyebeh, Besenge, Yoh, dan juga Banjar Adat Tiying Desa.

Nah, bagi anda yang berwisata bersama keluarga alangkah bainya ke Bali Woso, tempat ini merupakan bumi perkemahan di Desa Pakraman Pengotan. Bali Woso menawarkan pemandangan alam yang hijau nan asri. Untuk sampai dilokasinya, diawali dari jalan raya kemudian menyusuri kawasan persawahan dengan kondisi jalan setapak yang masih berupa jalan tanah.

Meskiun kondisi jalan masih sangat original, pada saat sampai di Bali Woso anda akan mendapatkan suasana desa yang sebenarnya. Di Bali Woso sudah disediakan sekitar 10 tenda yang kapasitasnya mampu menampung 10 orang untuk satu tendanya. Untuk hiburannya di Bali Woso juga sangat menarik seperti halnya game keakraban, futsal, berjalan-jalan mengelilingi area Bali Woso dll.

Selain itu juga bisa ke Desa Tradisional, yang mana sebuah komplek rumah asli masyarakat Bali Aga yang berarsitektur kuno. Rumah-rumah ini merupakan banguanan yang berusia tua dengan arsitektur khas Bali Aga. Untuk menikmati suasananya, nada bisa berkeliling dengan berjalan kaki dan jangan lupa untuk berfoto mengabadikan keunikannya ya Guys.

Dari kedua aktivitas kedua tempat tersebut, ini adalah aktivutas yang menjadi favoritnya wisatawan yakni  bersepeda mengelilingi desa. Perlu diingat bahwa aktivitas ini merupakan cocok bagi anda yang hobi bersepeda melewati medan berat. Hal ini tak mengherankan, Karena Desa Pakraman Pengotan tergolong desa yang berada di kawasan perbukitan.

Hal ini yang menyebabkan kondisi jalan khas pegunungan dengan ciri khasnya tanjakan dan turunan jika lebih masuk ke pedalaman Desa Pakraman Pengotan. Walaupun lelah pasti dirasakan, namun kelelahanmu akan terobati dengan pemandangan alam beserta keunikan-keunikan yang berada di kawasan Desa Pakraman Pengotan, penasaran ? Aktivitas ini wajib di ciba ketika berada di temppat wisata ini.

Di Desa Pakraman Pengotan juga ada sebuah tradisi ang menarik untuk diketahui hlo Guys, tardisi ini tak lain adalah Nikah Massal yang merupakan sebuah tradisi turun temurun dari nenk monyang mereka. Oh iya, tradisi Nikah Masal ini dilaksanakan dua kali dalam setahun sesuai penanggalan Bali. Penggelaran upacaranya biasanya dilaksanakan pada sasih kapat ( bulan keempat ) dan sasih kadasa ( bulan kesepuluh ).

Tak tanggung-tanggung, ketika diselenggarakannya acara nikah masal ini suasana di Desa Pakraman Pengotan akan sangat ramai oleh wisatawan maupun warga setempat. Dalam adat di Desa Pakraman Pengotan, ketika diadakannya acara nikah massal diwajibkan untuk memotong 1 ekor sapi.

Nah, itulah informasi yang bisa anda ketahui sebelum berlibur menikamti sajian pariwisata di Desa Pakraman Pengotan dengan segala keunikan dan keindahan alamnya yang begitu ekspetakuler. Desa Pakraman Pengotan atau sebagian orang mengenal dengan sebutan Bali Woso ini beralamatkan di  Desa Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia.

Masih banyak lagi kok obyek wisata yang menyenangkan dan seru lainnya di kabupaten bangli ini, yuk baca juga :

Pesona Lembah Tukad Melangit, Desa Jehem, Antugan Bangli – Spot Selfie Terhits Bulan Ini

Desa Catur Kintamani – Desa Agrowisata

Taman Narmada Baliraja – Wisata Seru Bangli

Lembah Pantunan Bangli

Hutan Bambu Panglipuran – Yuk Eksplor




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desa Pakraman Pengotan, Bali Woso – Desa Tradisional di Bangli

1 komentar:

  1. Bingung mencari kendaraan?
    Bingung menyewa kendaraan dimana?
    Bingung mencari harga yang pas?
    Share Trans solusinya.
    Share Trans merupakan jasa penyewaan mobil online yang menghubungkan calon penyewa mobil dengan Rent Car atau Owner yang menyediakan kendaraan
    Kontak Info 087865097776/08990151556 atau cek di website kami www.sharetrans.id

    BalasHapus