Selasa, 06 Desember 2016

Desa Wisata Baha Mengwi – Wisata Alam Bali


Ini adalah obyek wisata di Pulau Bali yang dapat dikategorikan sebgai tempat wisata yang mengasyikkan. Bagaimana tidak Desa Baha memiliki keindahan berupa alam yang masih asri dan pastinya akan mampu membuat nyaman pengunjungnya. Keanekaragaman obyek wisata dikawasan ini memang sangat banyak sekali, sebagai contohnya Wisata Pantai, Wisata Danau hingga Wisata Air Terjun.

Jika membahas tentang seluk beluk Dea Baha tentunya akan mengarah ke kepariwisataan yang mana ada kelompok tukang ukir, bangunan, pengrajin anyam-anyaman, industri rumah tangga pembuat tape, sekeha cak pria maupun wanita, sarana upacara keagamaan, pertunjukan legong, tempat rekreasi memancing dan juga penataan pematang persawahan dan sistem pengairan dengan sistem subaknya.

Bisa dikatakan bahwasannya Desa Wisata Baha masih memegang teguh akan nilai-nilai kesejarahan Bali. Dulunya merupakan salah satu kawasan dari para pejuang kemerdekaan Bali. Selain memiliki nilai-nilai sejarah Bali yang sesunguhnya, di kawasan Desa Baha masih melestarikan berbagai budaya warisan leluhur. Dari sebab inilah, pada tahun 1992 dijadikan sebagai desa wisata karena banyak sekali yang bisa dijadikan obyek wisata.

Keunikan lainnya yang bisa dinikmati ialah pola kehidupan masyarakat setempat yang masih melestarikan budaya dan arsitektur tradisional. Sebagai buktinya sebagian besar dari pintu di rumah-rumah penduduk setempat masih mengunakan ( angkul-angkul ) khas Bali. Sajian tersebut tentunya cukup menarik jika dijadikan sebagai objek wisata budaya, sehingga kelestariannya masih bisa dinikmati oleh wisatawan hingga saat ini.

Tepat di bagian selatan Desa Baha dapat dijumpai pura dengan berciri khas ukiran-ukiran kuno, dimana sering dijadikan objek wisata yang tak luput dari kunjungan wisatawan. Keindahan bentangan persawahan di desa ini cukup menyuguhkan pemandangan yang harmoni, yang mana siapaun yang melihatnya akan mendapatkan kesejukan serta ketenangan hati.

Alamat :

Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Indonesia.

Jika pembaca dari Kota Denpasar jarak yang akan Anda tempuh sekitar 19 km atau setara dengan 1 jam perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Selain itu Desa Baha juga berjarak sekitar 5 km antara objek wisata Taman Ayun Mengwi dan Monkey Foresh ( Sangeh ).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desa Wisata Baha Mengwi – Wisata Alam Bali

0 komentar:

Posting Komentar