Minggu, 18 Desember 2016

Pura Agung Pulaki Buleleng ( Pura Petirtan )


Hay pembaca, yuk kita esplor dan ketahui wisata apa saja yang di tawarkan Pulau Bali sampai-sampai terkenal hingga ke luar negeri. Bagi warga Indonesia yang baik seharusnya tahu apa saja sih obyek wisata yang ada di bali itu. Yak mayrotas masyarakatnya beragama Hindu, kalau masalah ini saya jamin dari kesemua pembaca sudah tahu.

Nah yang di bahas bukanlah itu, namun akan membahas tentang tempat peribadatnya hlo Guys. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, pura disini juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang tak luput dari kunjungan wisatawan. Sebagai contohnya Pura Agung Pulaki yang lokasinya berada di tepi Jalan Raya Gilimanuk - Singaraja.

Oh iya nama lain dari Pura Agung Pulaki  ialah “Pura Petirtan”, dari keunikan pura ini terlihat jelas pada ornamen batu yang berwarna hitam dan juga di ruanagn jaba tengah. Selain keunikan tersebut, keunikan lainnya terdapat pada letak pura yang menempel di kaki perbukitan. Hal ini tentunya akan menciptakan suasana serta pemandangan yang begitu ekspetakuler dan menakjubkan.

Maka tak jarang para pengunjungnya banyak yang memanfaatkan momen ini dengan berselfie ria, yang mana dilatar belakangi dengan laut dengan deburan ombaknya yang jelas terdengar. Bagi wisatawan yang berkunjung sekaligus ingin melakaukan ibadah, alangkah baiknya tutuplah sesajen yang anda bawa.

Hal tersebut dimaksutkan agar tak mengundang respons monyet-monyet yang banyak berkeliaran di kawasan Pura Agung Pulaki. Memang di tempat wisata kali ini, yah gitu Guys banyak monyet yang berkeliaran dengan bebasnya. Meskipun begitu tak usah takut hlo, karena maonyet-monyet ini tak akan menyerang selagi anda tak menggganggunya.

Oh iya , kesemua haturan kecuali Canang dan Kewangen ( sesajen ) sebelum anda melakukan sembahyang lebih baik masukkan ke dalam tempat yang dikurung dengan kawat. Pada saat anda melakukan ibadah tak usah takut akan diganggung monyet-monyet terebut, selama haturang sembah para Pemangku Penyade akan menjagamu dari gangguan monyet-monyet.

Yang perlu diperhatikan dan tak boleh diiabaikan adalah pada saat pembaca berkunjung ke Pura Agung Pulaki bersama keluarga tercinta terutama dengan anak-anak. Untuk lebih amannya pada saat berada dikawasan Pura Agung Pulaki anak-anak jangan sampai membawa makanan, hal ini tentunya akan menjadi serbuan monyet-monyet dan tentunya anda tidak menginginkan sesuatu yang tak diinginkan, harap di perhatikan ya.

Kebanyakan dari mereka yang melakukan ritual persembahyangan di sini memiliki acara khusus seperti mendak tirta dan lain sebagainya yang pastinya lebih spesifik. Selain itu tak sedikit pula wisatawan yang datang hanya seketar rekreasi menikmati semua keseruan yang di tawarkan di kawasan Pura Agung Pulaki.

Memang berpiknik ke Pulau Bali sangat menyenangkan dan menjadi tujuan sebagian besar dari pembaca. Untuk menuju ke Pura Agung Pulaki  cukup mudah, karena lokasinya berada di tepi Jalan Raya Gilimanuk - Singaraja.

Jikalau pembaca sedang melakukan perjalanan dari arah barat atau dari Gilimanuk maka anda akan melewati Pura Agung Pulaki ini. Lingkungan dari Pura Agung Pulaki adalah satu kompleks yang terdiri dari Pura Agung Pulaki sendiri dan beberapa “Pesanakannya” yakni Pura Melanting, Pura Kertha Kawat, Pura Pabean dan Pura Pemuteran.

Keseruan pariwisata yang di tawarkan Kabupaten Buleleng masih banyak lagi kok, bagi anda yang ingin mengetahui info detailnya yuk baca obyek wista di bawah ini :

Makam I Wayan Jayaprana Buleleng – Berbalut Kisah Romantis




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pura Agung Pulaki Buleleng ( Pura Petirtan )

1 komentar:

  1. Bingung mencari kendaraan?
    Bingung menyewa kendaraan dimana?
    Bingung mencari harga yang pas?
    Share Trans solusinya.
    Share Trans merupakan jasa penyewaan mobil online yang menghubungkan calon penyewa mobil dengan Rent Car atau Owner yang menyediakan kendaraan
    Kontak Info 087865097776/08990151556 atau cek di website kami www.sharetrans.id

    BalasHapus