Minggu, 18 Desember 2016

Pura Dalem Melanting – Wisata Buleleng


Bali - Pura Melanting atau Pura Dalem Melanting merupakan aspek agama dan kebudayaan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Bali terkhusus bagi para pedagang. Kata Melanting adalah bahasa Bali yang memiliki arti kebun atau hasil bumi yang bergantung pada tali. Dari arti tersebut dapat di simpulkan bahwa Pura Melanting ialah tempat persembahan hasil bumi yang dipersembahkan kepada Ida Ayu Swabawa ( Dewa penguasa pasar ).

Bangunan Pura Melanting cukup megah yang lokasinya berada di tengah hutan. Suasana di kawasan Pura Melanting juga alami dan asri, yang mana keadaan alam sekelilingnya sangat hijau dengan suburnya. Keunikan daripada Pura Melanting terletak pada bangunan-bangunan candinya yang amat menawan dan megah.

Pertama-tama ketika sampai di kawasan pura ini, Kalian akan di sambut dengan tangga yang disisi kanan dan kirinya terhias dengan banyaknya patung naga dari bawah tangga sampai ujung atas bawah tangga dengan kepala naga berada di bagian awal tangga. Sesampainya di ujung tangga terdapat ditemui candi betar yang bisa dikatakan cukup megah.

Selain itu juga tak sedikit bangunan-bangunan suci megah lainnya di kawasan Pura Melanting ini, sembari mengaguminya tak luput untuk melakukan aktivitas seolah-olah wajib dilakukan ketika berwisata yakni  berfoto-foto ria. Di dalam Pura Melanting juga dapat dilihat tebing yang berdiri kokoh diatasnya.

Tebing tersebut akan menghijau oleh lumut pada saat musim penghujan dan akan mengering  pada musim kemarau. Pemandangan alam yang ditawarkan di kawasan Pura Melanting bisa membius mata siapapun yang mwlihatnya, hal tersebut dikarenakan lokasi Pura Melanting berada di tengah hutan yang masih alami.

Pembaca tak usah risau, meskipun lokasinya berada di tengah hutan namun masih bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat kok Sob. Jika pembaca ingin mengunjungi Pura Melanting, lokasinya berada di Banyupoh, Kecamatan gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia.

Jika sobat-sobat dari Pantai Lovina, jarak yang akan ditempuh sejauh 45 Kilometer atau setara dengan waktu 2-3 jam perjalanan. Setelah sampai di Pura Pulaki yang mana berada di tepi Jalan Raya Singaraja – Gilimanuk, perjalannmu masih berlanjut memasuki gang kira-kira 2 kilometer. Karena lokasi Pura Melanting berada di atas Pura Pulaki ini.

Yuk baca obyek wisata menarik lainnya di Kawasan Kabupaten Buleleng, lihat di bawah ini ya Sob.

Pura Dalem Jagaraga di Singaraja




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pura Dalem Melanting – Wisata Buleleng

0 komentar:

Posting Komentar