Kamis, 15 Desember 2016

Pura Langgar – Pura Berarsitektur Unik


Selamat membaca sahabat blogger yang baik hati !!!

Anda mencari tempat wisata yang unik sekaligus menarik di Bali, dihalaman ini sangat pas dengan yang anda cari. Oh iya Guys, penduduk Pulau Bali masyoritas besar beragama hindu, meskipun begitu kerukunan serta kedamaian antar agama lain berjalan dengan baik. Pastinya dari sebagian besar pembaca udah tak asing dengan bangunan pura di daerah ini.

Untuk pembahaasan kali ini seperti yang sudah di sebutkan di atas ( judul ) yakni membahas tempat wisata Pura langgar. Tunggu dulu Pura Langgar ? memang pura ini bernama langgar. Nah, jika ada orang jawa pasti sudah tak asing dengan kata “Langgar”. Langgar dalam pengertian bahasa jawa adalah tempat ibadah agama islam yaitu “musholla”.

Keunikan nama serta arsitek pura tersebut sebagaimana persis tempat ibadah agama islam ( musholla ), karena kemiripan tersebut maka pura ini dinamai dengan Pura Langgar atau Pura Dalem Jawa Penataran Agung. Selain itu, pura ini juga memiliki sejarah yang mana masih sangat erat dengan kebudayaan Islam yang masuk ke Bali.

Keindahan dan pesona Pura Langgar ini terletak diatas kolam yang dihiasi dengan bunga teratai nan elok. Funngsi daripada Pura Langgar masih sama dengan pura-pura lainnya di bali yakni sebagai tempat pemujaan. Untuk pemujaannya sendiri menggunakan hewan untuk sesajen yang menggunakan daging ayam dan itik bukan daging babi pada umumnya.

Uniknya lagi, dalam proses melaksanakan pemotongan hewan kurban jugaa seperti pada Hari Raya Idul Adha. Hanya saja pelaksanaannya dilakukan sehari sebelum Hari Raya Nyepi atau biasanya jatuh di bulan Februari. Meskipun Pura Langgar menjadi tempat pemujaan umat Hindu, tak mencegah wisatan yang datang dan ingin mengagumi keunikan yang dimiliknya hlo Guys.

Dari banyaknya informasi yang didapatkan, bahwa berdirinya Pura Langgar karena adanya keterkaitan sejarah antara Kerajaan Bunutin dengan Kerajaan Blambangan di Banyuwangi, Jawa Timur. Pada saat itu Raja Bunutin Ida I Dewa Mas Blambangan masih merupakan keturunan Raja Blambangan yang jatuh sakit setelah dinobatkan menjadi raja.

Keunikannya semakin menjadi karena Pura langgar dilengkapi dengan berbagai fasiitas seperti halnya tempat ibadah agama islam, mulai dari tempat wudhu, tempat sholat bagi umat Islam, toilet dan tak ketinggalan  area parkir.

Alamat Pura Langgar atau sering kali disebut Pura Dalem Jawa Penataran Agung ini berada dikawasan Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia. Pura Langgar merupakan satu-satunya pura di Pura Bali yang berarsitektur persis malahan sangat mirip sekali dengan bangunan langgar/ musholla yang mana tempat ibadahnya agama islam pada umumnya.

Keunikan tempat wisata dikawasan Kabupaten Bangli masih banyak lagi yang seru untuk dieksplor hlo Guys, Yuk baca juga :



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pura Langgar – Pura Berarsitektur Unik

3 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat tertarik dengan artikel terkait keberadaan Pura Langgar di Bali. Kebetulan saya sedang memiliki tugas karya ilmiah tentang kunjungan wisatawan ke Pura Langgar. Apabila berkenan, saya akan mengirim kuisioner ke email anda, untuk membantu menambah data tugas saya. Mohon balasannya. Terima kasih

      Hapus
  2. Bingung mencari kendaraan?
    Bingung menyewa kendaraan dimana?
    Bingung mencari harga yang pas?
    Share Trans solusinya.
    Share Trans merupakan jasa penyewaan mobil online yang menghubungkan calon penyewa mobil dengan Rent Car atau Owner yang menyediakan kendaraan
    Kontak Info 087865097776/08990151556 atau cek di website kami www.sharetrans.id

    BalasHapus