Minggu, 14 Agustus 2016

15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

Kepulauan Riau / KEPRI adalah provinsi dari hasil pemekaran Provinsi Riau, maka tak heran jika Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki daratan cukup kecil yakni 5% sedangkan 95% berupa lautan. Meskipun demikian, kawasan di Kepulauan Riau di anugerahi berbagai tempat indah dan bisa menjadi obyek wisata unggulan dari daerah tersebut.

Alam di Kepulauan Riau mempunyai iklim tropis, dan memiliki 2.408 pulau 30% diantaranya belum berpenghuni. Tidak usah berbasa-basi panjang lebar ya kawan, berikuat adalah tempat wisata di Kepulauan Riau yang wajib Anda kunjungi;

1. Danau Biru

Keberadaannya di kawasan Pulau Bintan, Kepulauan Riau yakni di daerah Galang Batang. Air di danau ini berwarna biru sesuai dengan namanya, pemandangan disekitarnya pun cantik dan di sekeliling danau dihiasi oleh beberapa bukit pasir. Danau Biru ini adalah bekas galian tambang pasir dan terbentuk di atas tanah liat yang cukup dalam.

Disaat cuaca lagi cerah, warna airnya akan memancarkkan warna biru muda yang sangat indah, sehingga mampu membius semua mata yang melihatnya. Meskipun begitu faktanya, sebenarnya danau ini bukanlah tempat wisata namun tempat penambangan pasir yang masih aktif.

Baca juga; 50Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Gunung Daik

Mendaki Gunung Daik penuh mistis namun eksotis, menakutkan tetapi mempesona, begitulah kiranya kesan pelancong saat mengunjungi gunung ini. Gunung teringgi di Kepulauan Riau sekitar 1.170 meter dpl memiliki rute puncak yang penuh dengan tantangan. Semua kelelahan akan terbayarkan ketika memasuki kawasan hutannya yang sejuk dan masih perawan.

Konstur medan yag beragam mulai dari jalan setapak yang berliku-liku, sangat cocok bagi anda yang menyukai olahraga ekstrim dan tentunya sangat menguji mental dan adrenalin. Sebelum melakukan perjalanan menuju ke puncak Gunung Daik, para pengunjung dianjurkan untuk lapor kepada petugas pariwisata setempat.

Hal tersebut sangat penting untuk memudahkan pemantauan dan kordinasi, untuk penunjuk jalan bisa minta bantuan jasa pemandu wisata. Dilihat dari admistratif Gunung Daik masuk di dalam wilayah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Baca juga; 42 Tempat Wisata Di Bali YangWajib Kamu Eksplor & Ketahui

3. Gunung Bintan

Pendaki akan mendapati banyak hal menarik ketika mendaki puncak Gunung Bintan yang dapat ditempuh selama 2 jam. Dari puncaknya terdapat keindahan pemandangan di sekeliling Pulau Bintan dan juga hutan tropisnya memiliki flora serta fauna yang khas. Selain itu, dikawasan Gunung Bintan ada perkebunan buah-buahan milik penduduk seperti durian, rambutan, manggis, duku, dsb.

Bagi pengunjung yang tertarik dengan acara-acara khas pariwisata, berkunjunglah pada bulan Juli. Di bulan Juli rutin diselenggarakan acara tahunan yang bertanjuk “ Bintan Mountain Tracking and Durian party “ yakni perlombaan melewati jalan berundak menuju puncak gunung pada malam hari. Nah, untuk ujung acaranya diakhiri dengan pesta makan durian dan ikan bakar.

Gunung Bintan ini berlokasi di Kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia.

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta YangSangat Menyenangkan

4. Gunung Ranai

Letak Gunung Ranai berada Kabupaten Natuna, Pulau Ranai, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Gunung ini berketinggian antara 300-1.050 meter dpl dan merupakan gunung dataran rendah, meskipun demikian wisatawan yang mendaki akan disuguhi fenomena menarik berupa gradasi bermacam tanaman dari hutan dataran rendah hingga hutan dataran atas.

Untuk dapat sampai ke puncaknya, harus melewati tiga puncak berupa tebing batu yang memiliki ketinggian berbeda-beda. Puncak Serendit adalah puncak pertama dengan ketinggian 968 meter dpl berupa gugusan tebing setinggi 100 meter, lalu Puncak Erik Samali berada di ketinggian 1.000 meter dpl dengan tinggi tebing 155 meter dan Puncak Datuk Panglima Husin berada diketinggian 1.050 meter dpl yang memiliki tebing kurang lebih 220-an meter.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata TerbagusDi Jambi

5. Bukit Senyum

Di Bukit Senyum menyimpan potensi wisata yang bagus yakni dari kawasan bukit pengunjung bisa memotret Negara Singapura beserta bangunannya dan juga lalu lalang kapal yang hilir mudik dari Batam ke Singapura. Tidak cuma itu, disini kita juga dapat leluasa menyaksikan pesawat-pesawat dari Bandara Internasional Chagi, Singapura, take off hingga ke atas bukit.

Ketika malam, keindahannya pun tak terkalahkan yakni keindahan lampu-lampu kapal dan bangunan tinggi di Singapura tampak bekerlap-kerlip. Suatu cara untuk menikmatinya bisa duduk santai di atas rumput maupun kursi-kursi yang di sediakan oleh pedagang setempat.

Baca juga; 39 Tempat Wisata Di Banten YangMenjadi Incaran Wisatawan

6. Pulau Bawah Ambalas

Pulau Bawah adalah gugusan pulau di Provinsi Kepulauan riau yang diklaim sebagai pulau tropis terindah di Asia atau Asia’s top five tropical island paradises yang mengalahkan Koh Cang dan Similan Islan di Thailand, Langkawi di Malaysia serta Teluk Halong di Vietnam. Pulau ini sangat menyenangkan bagi mereka yang menyukai diving dan snokerling.

Dengan memiliki air yang jernih berwarna biru, pemandangan di perairannya sangat jelas sekali. Selain itu pula vegetasi di Pulau Bawah bervariasi dari pohon-pohon kelapa dan aren kanopi hutan lebat di atas lereng memberikan latar belakang yang begitu dramatis.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku UtaraYang Menyenangkan

7. Pulau Abang

Pulau Abang berukuran sekitar 2.000 x 5. 000 m, yang terletak di sebelah selatan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Abang ini juga merupakan tempat wisata laut yang menarik, oleh karena memiliki terumbu karang, beragam jenis ikan hias berwarna-warni serta biota laut yang di anggap setara dengan taman laut Bunaken oleh para penggemar snokerling.

Terbukti karena banyaknya pemancing ikan yang datang di kawasan Pulau Abang ini untuk memburu ikan selar, ikan pasir merah, ikan lencing, ikan kakap merah, ikan pinang, dan masih banyak lainnya. Pulau ini dapat di akses dengan menggunakan perahu bot ( perahu bot pompon ) dari jembatan 6 Barelang  yang jaraknya kurang lebih 13 km.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku YangMemukau

8. Pulau Penyengat

Berwisata sejarah di Pulau Penyengat adalah suatu yang harus kamu kunjungi jika sudah berada di Provinsi Kepulauan Riau. Disini kalian akan disuguhi wisata bersejarah Masjid Raya Sultan Riau yang konon terbuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam Raja Ali Haji ( pahlawan nasional ), kompleks istana kantor serta benteng pertahanan di Bukit Kursi.

Usut punya usut sejak dari tanggal 19 Oktober 1995, Pulau Penyengat dan kompleks istana telah dicalonkan atau diajukan ke UNESCO guna dijadikan salah satu situs warisan dunia. Dari Pulau Batam pulau ini berjarak sekitar  37 km, bisa di tempuh dari Tanjungpinang dengan menggunakan perahu yang sudah disediakan.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung YangMenyenangkan

9. Pantai Nusantara

Pantai satu ini sangat diminati oleh wisata asing karena menawarkan keindahan alam yang berpadu dengan penataan ruang yang cukup baik serta mudah dijangkau. Pantai Nusatara selalu bersih dengan pasir putihnya yang wah, membuat siapapun betah menghabiskan waktu liburannya. Wisatawan bisa bersantai sambil menikmati bermacam makanan dan minuman yang disediakan pengelola pantai.

Tempat wisata ini selalu ramai pengunjung di saat akhir pekan ataupun hari liburan. Apabila pengunjung yang ingin menginap, di kawasan pantai terdapat 3 unit villa yakni 2 unit berada dipantai dan 1unit lainnya menjorok sedikit kelaut.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di KepulauanRiau Yang Menarik

10. Pantai Trikora

Pantai berpasir putih serta ombak yang landai, pantai ini menjadi salah satu pantai terindah yang banyak dikunjungi wisatawan di Pulau Sumatera. Anda juga bisa menikmati pesona bawah lautnya dengan cara ber-snokerling, selain itu banyak juga yang memancing di antara batu-batu besar di pinggir pantai menjadi tempat yang sangat asik.

Keindahan ombak juga semilir anginnya sangat lengkap jika dinikmati di dalam pondok peristirahatan dekat pantai. Beberapa hotel di kawasan pantai juga menyediakan tur menyusuri pulau tak berpenghuni, menyelam, permainan banana boat, kano, dll.  Seletah puas, kini saatnya mencari santapan yang bisa anda dapat dengan mudah di sepanjang pantainya dengan masakan khasnya otak-otak.

Lokasinya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Kepulauan Rau, Sumatera. Kebanyakan wisatawan yang ingin ke Pantai Triloka ditempuh dari Tanjung Pinang ke perbatasan Kabupaten Bintan, melewati jalan yang sudah bagus dan lebar hingga dapat dilalui empat jalur mobil.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau YangMempesona

11. Pantai Nongsa

Pantai ini berada di bagian timur laut Pulau Batam, yakni di Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Konon, sebelum di kenal banyak orang kawasan ini adalah lahan kosong yang dipenuhi semak belukar. Tetapi berkat jasa salah satu tokoh Melayu, kawasan ini berubah menjadi daerah yang sangat potensial dan berhasil membuat investor membangun bermacam resot di sekitarnya.

Serunya, Pantai Nongsa sangat dekat dengan pesisir pantai Singapura bagian selatan, hanya butuh sekitar 30 menit untuk menuju ke pantai Singapura tersebut. Pantai nan cantik ini menghadap ke barat laut hingga sangat mendukung untuk menikmati sunsetnya, oh iya ternyata pemandangan bawah lautnya juga tak mau kalah.

Banyak sekali fasilitas yang bisa anda temui disini seperti hotel, resor berkelas internasional, lapangan golf , aneka rumah makan dan restoran dengan hidangan andalannya berjenis seafood. Jangan lewatkan pula membawa oleh-oleh khas dan cinderamata yang bisa anda dapat di pusat souvenir Pantai Nongsa.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di PapuaYang Sangat Cantik

12. Pantai Melur

Disepanjang pantainya adalah hamparan pasir putih dengan suasananya yang mendukung untuk bersantai dan mencari inspirasi. Selain sebagai tempat bercengkerama, biasanya pengunjung yang datang melakukan olahraga ringan seperti voli pantai, sepakbola pantai dan sebagainya. Berenang dan bermain air sambil mencari ikan maupun bintang lautnya akan menambah daya tarik tersendiri.

Nah untuk kalian yang gemar melakukan wisata kuliner, di area pantai ini banyak warung yang menyediakan aneka makanan laut mulai dari kepiting, sotong, dan beberapa jenis ikan yang siap memuaskan perut anda. Letak Pantai Melur di sisi barat Pulau Galang, Barelang, Tanjung Pinang, sekitar 50 km sebelah selatan Pulau Batam yang keberadaannya persis di sebelah jembatan V.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa TenggaraTimur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

13. Pantai Marina

Belum lengkap rasanya jika tidak berlibur di Pantai Marina yang merupakan wisata bahari di Batam. Selain itu, kawasan Pantai Marina juga berfungsi sebagai pelabuhan Ferry International Water Front City dan menjadi tempat wisata  favorit bagi warga Batam. Pantai nan indah, bahkan di saat cuaca cerah pengunjung bisa melihat marina Bay Sands di Singapura.

Di tepi pantainya terdapat taman hijau yang tertata menarik serta dilengkapi arena permainan anak-anak, sehingga tidak hayal sebagai tempat liburan keluarga. Pemandangan sunset di Pantai Marina adalah suatu moment yang banyak di cari wisatawan. Bagi travelers yang ingin menikmati lebih lama bisa menginap di Harris Resort dan Holiday Inn yang jaraknya tidak jauh dari pantai.

Baca juga; 24 TempatWisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

14. Jembatan Barelang

Jembatan ini menjadi ikon Kota Batam, yang popular sebagai landmark-nya Pulau Batam. Tahaukah anda bahwa nama asli dari Jembatan Barelang adalah Jembatan Fisabilillah, nama Barelang tersebut di ambil dari nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan itu yakni Batam, Rempang, dan juga Galang. Untuk nama lainnya Jembatan Barelang ialah Jembatan Habibie serta Jembatan Satu.

Pembangunannya merupakan Pilot Project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia dan tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Dibangun guna memperluas Wilayah Kerja Otoria Batam ( OB ) sebagai regulataor daerah industry Pulau Batam. Pembangunannya menghabiskan dana sebesar Rp 400 M dari anggaran OB pada tahun 1992-1998.

Baca juga; 32 Tempat Wisata DiSumatera Utara Yang Seru

15. Megawisata Ocarina Batam

Sebuah tempat wisata pantai yang berlokasi di Pulau Batam , Kepulauan Riau yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan Januari 2009 silam. Wahan ini berada di atas lahan seluas 40 hekra yang letaknya persis di tepan Teluk Kering dan kompleks perumahan mewah Costarina. Tempat wisata satu ini sangat lengkap karena semua pengunjung bisa mencoba berbagai macam wahana yang cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

6 komentar:

  1. wisata pantai disana emg beneran enak, jadi pngen liburan kesana lgi

    http://www.marketingkita.com/2017/08/effective-call-dalam-ilmu-marketing.html

    BalasHapus
  2. Numpang ya min ^^

    Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  3. artikel yang bagus
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus
  4. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus
  5. Terimakasih kak sudah nulis tentang artikel ini. sangat membantu banget setelah membacanya.
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini
    Berikut link Harga Tiket wisata dari beberapa tempat wisata di indonesia .
    Harga Tiket The Lodge Maribaya

    Harga Tiket Taman Legenda Keong Mas

    Virtual Tour Indonesia

    Harga Tiket agung fantasi waterpark

    Harga Tiket watersplash darmawangsa

    Harga Tiket rinjani waterpark

    Harga Tiket Go splash panjibuwono

    Virtual Tour Indonesia

    BalasHapus