Sabtu, 06 Agustus 2016

16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

Banyak sekali tempat wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ) yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Karena di kawasannya memiliki alam yang terbilang asri dengan menyimpan segala keindahan menajubkan didalamnya. Dari laut hingga daratannya terdapat berbagai tempat-tempat wisata yang sangat layak dan wajib untuk Anda kunjungi.

Letak Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ) berada di tenggara Indonesia dengan ibukota Kupang. Di provinsi ini terdapat Kepulauan Komodo yang dihuni habitat Komodo dan merupakan hewan satu-satunya di dunia atau termasuk dalam New Seven Wonder World. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur;

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur yang dikenal sebagai habitat asli hewan komodo dan juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini  berada disebelah timur Pulau Sumbawa yang dipisahkan oleh Selat Sape. Secara administratifnya berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan Pulau Komodo beserta pulau-pulau lain di kawasan Taman Nasional Komodo ( Pulau Rica, Pulau Padar dan Gili Motang ) sebagai warisan dunia, sebab keberadaan komodo yang hanya bisa dijumpai di kawasan tersebut. Pulau Komodo juga mendapatkan penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature, yakni penghargaan untuk 7 tempat wisata alam terbaik di dunia.

Di Pulau Komodo tak hanya berisi binatang komodo saja, tetapi ada banyak binatang lain penghuni pulau ini seperti kuda, rusa, beraneka burung, ular, dsb. Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan Pulau Komodo adalah melakukan trekking. Perlu diperhatikan saat Anda menjelajah sebaiknya meminta bantuan pemandu.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Pulau Kera

Nama yang sangat unik untuk sebuah pulau, tetapi pulau ini bukanlah dihuni oleh hewan kera. Adapun asal usul nama Pulau Kera adalah berasal dari kata Kea ( bahasa Rote bermakna penyu ), mungkin karena pengucapan lafal saja sehingga menjadi kera. Nah lokasinya terletak di Desa Uiasa, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pulau ini sudah berpenduduk sejak tahun 1911 dengan bermayoritas suku Bajo yang beragama Islam. Pulau Kera merupakan pulau kecil yang luasnya hanya sekitar 1 km persegi, dengan memiliki pasir pantai berwarna putih dan sedikit berwarna merah. Ketika Anda berlibur di pulau ini ada beberapa kegiatan mengasyikkan seperti diving, snokerling, maupun memancing. Beberapa spot terbaik untuk menikmati keindahan pemandangan sunset juga ada di pulau kecil ini.
3. Pulau Semau

Pulau Semau atau Nusa Bungtilu ( nama asli dari Pulau Semau ) termasuk dalam wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Konon di pulau ini adalah cikal bakal terbentuknya kain tenun adat dari beberapa suku di Nusa Tenggara Timur. Meskipun gersang dan kering, pulau yang jaraknya beberapa kilometer dari Pulau Timor ini punya pantai berpasir putih yang cantik.

Hamparan pantai-pantai indahnya menyebar di beberapa bagian Pulau Semau, dan lebih kerennya lagi kesemua pantainya masih alami karena masih jarang tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Tercatat ada 5 pantai yang wajib Anda kunjungi yaitu Pantai Liman, Pantai Otan, Pantai Onanbalu, Pantai Uih Make, dan Pantai Uitiuhtuan.

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan

4. Pantai Timor

Pantai Timor ialah salah satu pesona wisata pantai yang terletak di Kota Kupang. Pantai yang menyajikan keindahan lumut yang tumbuh subur di batu karang tersusun acak serta sunset akan memberi kepuasan tersendiri bagi pengunjungnya. Selain itu di Pantai Timor tersedia warung dan tempat duduk yang nyaman, jadi tak usah khawatir akan sensasi liburan Anda di pantai ini.

Bagi kamu yang dari luar daerah, bisa menginap di tempat inap yang lokasinya tak jauh dari Pantai Timor tersebut. Dengan fasilitas yang cukup lengkap para pengunjung pastinya akan terasa senang dan ingin berlama-lama liburan di sini.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata TerbagusDi Jambi

5. Pantai Lasiana

Inilah pantai yang menjadi andalan Kota Kupang, setiap akhir pekan atapun hari libur selalu ramai di kunjungi oleh masyarakat. Sebab jarak pantai tersebut sangat dekat dengan Kota Kupang yakni hanya 12 km dari pusat kota. Letaknya berada di wilayah Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ( NTT ).

Pantainya berpasir putih dengan hamparan batu karang di sepanjang tepinya, serta terdapat pohon kelapa yang rindang. Didalam areal Pantai Lasiana ini banyak dijumpai Lopo-lopo ( bangunan khas Timor yang beratap alang-alang ).

Baca juga; 39 Tempat Wisata Di Banten Yang Menjadi Incaran Wisatawan

6. Pantai Pasir Panjang

Menikmati pesona wisata Pantai Pasir Panjang di Kupang Nusa Tenggara Timur memang sangat unik. Air lautnya berwarna biru cerah dan sedikit warna hijau dengan  disekelilingnya terdapat karang besar sungguh pemandangan yang tak terlupakan. Memang pantai ini sangat luas dan panjang, sehingga di kenal sebagai nama Pantai Pasir Panjang.

Beristirahat sejenak di pesisir pantai, merasakan angin yang menghembus, serta berfoto ria bersama orang-orang tercinta membuat suasana berlibur menjadi sempurna di Pantai Pasir Panjang ini. Sayangnya tidak ada tempat untuk menggelar tikar duduk, sehingga pilihan satu satunya adalah duduk di atas pasir pantai so bawa happy aja.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku Utara Yang Menyenangkan

7. Pantai Tablolong

Keunikan dari Pantai Tabolong adalah sebagai Pusat Olahraga Memancing, turnamen ini diadakan oleh pemkot Kupang sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan wisata di Kupang. Pemilihan Pantai Tablolong bukan tanpa alasan, perairan sejauh 10 mil dari garis pantai  merupakan jalur migrasi ikan yang akan menuju ke laut Sawu.

Karena jumlah ikan yang banyak bermigrasi, maka kesempatan untuk mendapatkan ikan menjadi semakin besar pula. Beberapa ikan yang bisa ditemui di sekitar Pantai Tablolong adalah ikan marlin, ikan tengiri, layaran, wahai, barakuda, kuwe, lemadang, dan juga ikan tuna. Jadi tunggu apalagi, yuk siapkan peralatan pancing Anda.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

8. Pantai Neam

Nah loh, mungkin tidak semua orang Kupang tahu dimana keberadaan Pantai Neam atau Pantai Tanpa Nama, karena untuk mencapainnya harus menguji adrenalin. Sebab akses jalanan yang dilalui cukup menantang, bayangkan harus melewati pedesaan yang pintunya ditutup. Belum lagi melewati hutan belantara dengan kondisi jalan berliku yang bisa membuat lelah.

Namun jangan kecewa dulu, ketika kalian sampai di lokasi segala perjuanganmu tak sia-sia. Anda akan di sambut oleh obak yang cukup besar, gua misterius, pasirnya yang wah, dan lagi moment sunsetnya membuat ketenangan di jiwa karena sangat indah dan mempesona.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

9. Pantai Kolbano

Pantai yang berlokasi di Desa Kolbano, Pantai Selatan Pulau Timor, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT ini punya keunikan tersendiri yakni pantainnya berisi hamparan ribuan batu berwarna-warni. Pantai Kolbano tak pernah habis memiliki daya tarik, selain unik dengan batuan berwarna-warni, pantai ini juga memiliki batu karang raksasa berbentuk kepala singa.

Pantai Kolbano juga dikenal sebagai penghasil ikan di TTS, saat pasokan ikan dari Kupang menurun biasanya ikan dari Kolbano-lah yang diandalkan. Walaupun di pantai ini kaya akan hasil ikannya, para nelayan Kolbano masih mengandalkan pola tradisional dengan peralatan seadanya karena demi menjaga kelestarian alam.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

10. Pantai Koka

Jika dilihat secara geigrafis, Pantai Koka berada di Kecamatan Pada, Maumere, Kabupaten Sikka, Pulau Flores. Pantai cantik di Flores ini masih alami dan belum banyak terjamah, sebab keberadaannya yang belum banyak diketahui orang. Sepinya pantai ini akan memberikan nuansa liburan yang berbeda, kalian dapat merasakan seolah-olah berada dipantia pribadi dengan hamparan pasir putihnya.

Pemandangan alam lautnya juga tak mau ketinggalan, sangat mempesona sekali berisikan terumbu karang dan biota laut yang siap menggoda para penggemar snokerling. Setiba dilokasi, kamu akan disambut oleh suara deburan ombak laut Flores yang sudah menanti Anda untuk berenang. Hamparan batu karang yang menantang serta hamparan pasir putih dengan air lautnya yang jernih semakin melengkapi kecantikannya.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

11. Taman Laut Selat Pantar

Memang keindahan dan keunikan alam bawah Taman Laut Selat Pantar sangat menajubkan dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Di taman ini terdapat keunikan yang mempesona dengan berbagai jenis ikan, aneka bentuk dan warna terumbu karang serta gugusan pulau kecil nan elok seolah-olah menjaga taman surga ini.

Bahkan diklaim bahwa Taman Laut Selat Pantar adalah taman laut terbaik dan terindah di Indonesia. Karena selama kegiatan snokerling banyak ditemui fenomea taaman laut yang langka dan sangat menarik. Maka tak heran para diver kelas dunia banyak yang datang di kawasan ini. jika Anda berminat untuk snokerling di Taman Laut Selat Pantar lokasinya berada di Kabupaten alor, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

12. Danau Kelimutu

Eksotiknya air di Danau Kelimutu sangat menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara. Letaknya di puncak Gunung Kelimutu, Pulau Flores, NTT atau tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau Kelimutu juga terkenal dengan sebutan Danau Tiga Warna, karena memiliki tiga gradasi warna yang berbeda yaitu merah, biru, dan putih.

Danau Kelimutu berada di ketinggian kurang lebih 1.600 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 1.055.000 meter persegi. Dari segi adminitratif Danau Kelimutu berada di 3 kecamatan, kecamatan Detsuko, Kecamatan Wolowalu dan Kecamatan Ndona. Dapat diakses dari Kupang menggunakan pesawat menuju ke Kota Ende, Pulau Flores sekitar 45 menit-an.

Kemudian perjalanan berlanjut menggunakan angkutan umum menuju ke Desa Koanara yang berjarak 93 km / 3 jam perjalanan. Setelah itu dari Desa Koanara menuju ke Danau Kelimutu berjalan sejauh 3 km.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

13. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang yang letakanya di Kabupaten Manggarai Barat ini adalah danau vulkanik yang terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di sini yaitu fotografi, keliling danau, tracking, mengamati burung, wisata budaya dan religi, serta mengunjungi pemandian air hangat.

Akses menuju ke Danau Sano Nggoang tergolong sulit, satu-satunya menggunakan jalur darat dari Kota Abuan Bajo dengan waktu sekitar 3,5 sampai 4 jam perjalanan melewati jalanan yang sedikit rusak. Bagi kamu yang ingin ke Danau ini pintu masuknya berada di Dusun Nunang, di dusun tersebut sudah ada home stay milik masyarakat yang terletak di tepi danau.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

14. Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu memiliki pemandangan yang asri dan airnya tak pernah mengering meskipun di musim kemarau. Air Terjun Oenesu juga memiliki 4 tingkatan air terjun dimana masing-masing tingkatannya terdapat kolam-kolam yang terbentuk secara alamiah. Air yang mengalir mengandung kapur, saat musim hujan curahan airnya begitu melimpah kendati begitu airnya tetap jernih.

Keindahan di sekitar Air Terjun Oenesu banyak dimanfaatkan untuk selfi, foto model hingga foto prewedding. Terletak di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca juga; 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

15. Air Terjun Cunca Wulang

Pengambilan nama dari Air Terjun Cunca Wulang karena lokasinya memang berada di Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbelilling, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Keindahan tempat wisata Air Terjun Cunca Wulang bisa membius mata siapa saja yang memandangnya. Sepintas, air terjun ini seperti Grand Canyon versi mini dengan aliran sungainya berada diantara tebing bebatuan besar serta air terjunnya berada di atas batu-batu yang keluar melalui celah bebatuan.

Karena terletak di ketinggian 200 meter dpl, tentu air yang dialirkan begitu dingin dan sejuk. Nah, di sungai air terjun ini Travelers  bukan hanya bisa bermain-main air saja tetapi juga berenang. Berkeliling dengan memanjat bebatuan  dan terjun dari atas batu ke sungai adalah pengalaman tak terlupakan.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

16. Air Terjun Cunca Rami

Nama Cunca Rami mempunyai suatu arti yaitu air terjun yang di kelilingi hutan kecil di sekitarnya. Lokasi Air Terjun Cunca Rami terletak di Kampung Roe, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Ketinggian Air Terjun Cunca Rami sekitar 30 meter dengan kolam dibawahnya yang berdiameter 5-8 meter dan kedalaman 12 meter.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

2 komentar:

  1. artikel yang bagus
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus
  2. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus