Jumat, 05 Agustus 2016

24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

Provinsi Nusa Tenggara Barat ( NTB ) berada di timur Indonesia, tepatnya berada di tengah-tengah antara Provinsi Bali dan Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ). Membahas tentang tempat wisata di provinsi ini pastilah yang ada didalam agenda liburan Anda berada di Pulau Lombok. Memang tak bisa dipungkiri bahwasanya Pulau Lombok memiliki keindahan alam serta budayanya.

Namun selain di Pulau Lombok masih banyak pulau lainnya yang elok nan eksotis dengan pesona alamnya yang begitu indah di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya pastikan untuk mengetahui tempat liburan terlebih dahulu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Oke langsung saja, berikut tempat-tempat wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mungkin akan Anda kunjungi;

1. Pulau Moyo

Pulau ini masih berada diwilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, sekitar 3 km dari Pulau Sumbawa. Pulau Moyo merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan domestic maupun mancanegara. Keindahan alamnya yang alami dan sepi memikat hati siapapun yang datang, serta pulau ini memberikan nuansa ketenangan.

Dikawasannya adalah surga bagi 86 spesies burung, bahkan Mick Jagger dan Putri Diana pernah kesini. Selain dapat menikmati keindahan hutannya, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang juga masih terjaga kealamiannya. Kegiatan yang biasa Anda dilakukan adalah hiking, snokerling, dan masih banyak lagi kegiatan lain yang seru.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Pulau Paserang

Nah, buat Kamu para penghobi snokerling dan  free diving / diving, tak perlu capek-capek menyusuri Pulau Paserang untuk mencari spot terbaiknya. Pulau tersebut dikelilingi pantai berpasir putih yang halus dan bersih, serta memiliki dataran hijau yang luas. Di bagian utara dan selatan terdapat sebuah bukit yang lumayan tinggi.

Di puncak bukit itulah semua keindahan yang ada di Pulau Paserang terlihat dengan sempurna, biasanya wisatawan tak luput dari moment tersebut sambil mengabadikannya. Pulau ini merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau bernama Gili Balu ( sebanyak 8 pulau berjajar di muka Pelabuhan Poto Tano ). Agar bisa mencapainya hanya butuh waktu 15 menit menggunakan Speed boat.

Baca juga; 42 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

3. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa menawarkan keindahan yang spektakuler, meskipun dengan berjalan kaki travelers sudah bisa mengelilinginya. Keberadaannya masih di Kabupaten Sumbawa, yang letaknya tidak jauh dari pelabuhan Poto Tano. Ketika menginjakkan kaki di Pulau Kenawa, sensai yang akan anda dapatkan ialah bagai berlibur di pulau pribadi.

Memang Pulau Kenawa ini tidak berpenghuni, namun ada sebuah pondok kecil yang disediakan bagi Kamu yang ingin menginap atau ganti baju dan  gratis. Daratan dan lautan di kawasan pulau memiliki keindahan yang menajubkan berupa hamparan padang rumput dan mempesonanya alam bawah lautnya.

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan

4. Desert Point ( Pantai Bangko-Bangko )

Lokasi Desert Point ini berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Teggara Barat. Mempunyai tipe ombak yang tak mudah pecah, sehingga salah satu organisasi resmi olahraga selancar tingkat dunia menetapkan bahwa keganasan ombak di Pantai Bangko-Bangko di Lombok masuk kedalam 10 besar yang terbaik di dunia / nomor 6.

Mungkin bagi Kalian yang tidak suka olahraga surfing, tidak pernah mendengar nama tempat ini. Namun bagi kalangan peselancar professional, mengunjungi Pantai Bangko-Bangko ( Desert Point ) adalah suatu impian yang diidamkan. Tidak usah kecewa dulu, karena selain berselancar masih banyak kegiatan lain yakni berjemur, memancing, menjelajah hutan mangrove, berenang dan snokerling.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata Terbagus Di Jambi

5. Pantai Yoyo

Yoyo adalah pantai eksotik yang juga menjadi tempat bertelurnya bermacam jenis penyu dan terleak di Kecamatan sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Suasana di pantai ini relative sunyi, hanya ada beberapa hotel kecil kelas menengah yang tersebar di beberapa tempat. Pantai Yoyo terkenal dengan ombaknya yang sangat ideal untuk kegiatan olahraga surfing.

Keindahan pasir putihnya sangat mempesona, sehingga tak jarang para Honeymooner memilih Pantai Yoyo sebagai tempat berbulan madu. Gugusan batu karang dan ikan laut berwarna-warni menambah keindahan alam bawah laut yang bisa Kamu nikmati. Lokasinya  dapat di tempuh dengan jalur darat ataupun menggunakan kapal Ferry dari pelabuhan Kayangan Lombok Timur.

Baca juga; 39 Tempat Wisata Di Banten Yang Menjadi Incaran Wisatawan

6. Pantai Ai Manis

Di Pantai Ai Manis sangat cocok digunakan kegitan camping, snokerling, menjelajah hutan tropis, dsb. Hutan tropis di sekitar kawasannya menawarkan pesona alami berisi berbagai jenis flora dan fauna yang endemic. Obyek wisata ini berlokasi di daratan Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa tenggara Barat ( NTB ).

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan pemandangan bawah laut berupa karang dan beraneka biota laut. Untuk menuju ke Pantai Ai Manis ada beberapa akses pemberangkatan diantaranya melalui Labuhan Sumbawa, Tnjung Pasir, Pantai Kencana ataupun Ai Bari Kecamatan Moyo Utara.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku Utara Yang Menyenangkan

7. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi memiliki keindahan paronama yang memikat hati, sehingga banyak turis asing yang berlibur disini. Air lautnya begitu jernih dan bersih, bahkan dapat melihat langsung terumbu karang beserta kawanan ikan yang berenang di dasar pantai. Snokerling di Pantai Senggigi adalah pengalaman yang tak terlupakan, Anda bisa menyewa alat-alatnya di lokasi.

Sejauh mata memandang akan melihat cantiknya garis pantai yang panjang, maka tidak hayal jika menjadi lintasan jogging. Dikala sore hari, pemanndangan sunset menjadi primadonanya para wisatawan yang kemudian diaabadikan melalui jepretan foto. Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di pesisir Pulau Lombok.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

8. Pantai Kuta

Mendengar Pantai Kuta pasti banyak yang mengira berada di Bali, tetapi Pantai Kuta yang satu ini berada di Lombok. Memang begitu adanya, pantai ini memiliki pasir berwarna putih mirip merica dan sering disebut sebagai Pantai Merica, letaknya di Desa Kuta. Setiap setahun sekali diadakan upacara Bau Nyale di Pantai Kuta.

Upacara Bau Nyale sendiri adalah dimana para pelaut banyak yang mencari cacing Nyale. Dalam legendanya pada waktu dahulu ada seorang Putri bernama Mandalika yang cantik. Sehingga ada 3 pangeran yang menyukainya, tetapi sang putri tidak ingin melukai hati mereka dan kemudian menjatuhan diri ke laut.

Saat itulah rambut sang putri yang panjang berubah menjadi cacing yang berwarna-warni, sebelum kejadian itu sang putri sudah berjanji akan datang sekali dalam satu tahun. Ternyata cacing Nyale keluar di Pantai Kuta setahun sekali tepatnya di bulan Februari-Maret.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

9. Pantai Sekotong

Pantai ini dikelilingi perbukitan yang melingkar, air laut jernih berwarna biru dan pantainya memiliki pasir putih bersih. Pantai Sekotong terbilang masih alami, terbebas dari polusi serta belum banyak dijamah manusia. Belakangan mulai dibangun sarana akomodasi berupa hotel dan penginapan. Disini para pengunjung dapat mendaki bukit-bukit kecil di dekat pantai sembari menikmati pemandangan dengan leluasa.

Tidak terlupakan dan tidak ketinggalan keindahan yang dimilikinya tidak hanya terlihat di luar permukaan namun juga di dalamnya. Bagi Anda pecinta aktivitas snokerling maka Pantai Sokotong patut dicoba, aneka terumbu karang yang elok dan ribuan ikan hias akan menhipnotis mata selama menyelam. Pantai sekotong terletak di Kecamatan sekotong, kabupaten Lombok Barat, NTB.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

10. Pantai Pink

Pantai Pink atau bernama asli Pantai Tangsi dari Pulau Lombok berada di Desa Sekaroh Kecamatan Jerowu, Kabupaten Lombok Timur merupakan tempat wisata unik dan patut untuk dikunjungi. Asalkan kalian tahu, bahwa Pantai ini merupakan salah satu dari 7 pantai di dunia yang mempunyai pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia.

Warna pink di pasirnya tercipta dari paduan butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang berwarna merah muda. Pantai ini sangat tenang dan hanya memiliki ombak yang relative kecil, sehingga membuat pengunjungnya lebih nyaman. Keindahannya semakin sempurna tatkala adanya hamparan bukit di sekelilingnya berpadu dengan bukit padang rumput yang luas.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

11. Pantai Tanjung Aan

Pastinya disetiap tempat wisata memiliki ciri khas tersendiri seperti halnya Pantai Tanjung Aan ini. sepintas pasir di pantai ini terlihat sama, namun jika diteliti ada disuatu wilayah yang warna pasirnya agak kekuningan. Setelah menginjakkan kaki di atas dua jenis pasir tersebut akan terasa perbedaan yang mencolok.

Ternyata eh ternyata butiran pasir yang berwarna kekuningan memiliki ukuran sebesar biji merica. Sedangkan pasir yang berwarna putih terasa lembut bah tepung atau bedak bayi. Akibat keunikannya menjadikan Pantai Tanjung Aan mendapatkan julukan Pantai Merica dan Pantai Tepung. Perbatasan  kedua pasir tersebut dikarenakan sebuah bukit atau tanjung yang cukup tinggi.

Di kawasan pantai Anda bisa snokerling, berenag,  ataupun menikmati keindahannya di atas bukit. Pantai Tanjung Aan terletak di sebelah selatan Pulau Lombok dan lokasinya tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

12. Pantai Sekongkang

Letak Pantai Sekongkang di Desa Sekongkang Bawah, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Selama mata memandang akan takjub dengan keindahan pasir putih, air jernih ( bergradasi warna hijau dan biru ), dan di lengkapi hijaunya bukit yang menjulang akan memberikan kesan tersendiri. Memang pantai yang satu ini masih perawan, belum banyak wisatawan yang berkunjung.

Pantai Sekongkang merupakan salah satu pantai di NTB yang wajib di kunjungi bagi mereka para pecita selancar yang ingin menaklukkan ombaknya. Tak hanya itu, keindahan yang di miliki Pantai Sekongkang ini membuat banyak resor yang membangun kediaman didekat kawasannya. Salah satunya ialah Tropical Club & Spa Resort yang menghadap langsung ke bibir pantai. Oh iya, Desa Sekongkang juga mempunyai sebuah bandara kecil milik Endru White.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

13. Pantai Maluk

Ombak di Pantai Maluk dijuluki Super Suck, yang dikarenakan ombak yang menuju ke daratan terpecah oleh Tanjung Ahmad. Lebih dasyatnya ombak ini menggulung di atas dua meter, maka sangatlah pantas jika ombak di Pantai Maluk masuk ke dalam daftar ombak terbaik bagi kalangan peselancar. Bagi Mas Bro yang ingin bermain selancar maupun kano, di dekat pantai banyak jasa penyewaannya.

Di tepi pantai juga ada tempat penangkaran penyu, pancuran terbuka, area voli serta area bermain anak-anak. Setelah puas bermain dan menikmati semua keistimewaan Pantai Maluk bisa istirahat di rumah makan dengan sajian makanan berjenis Sea Food. Pantai Maluk terletak di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari Pantai Maluk para Travelers juga bisa melihat pesona eloknya Teluk Maluk.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

14. Pantai Sire

Tempat rekreasi yang pas untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di Pantai Sire Lombok. Jika cuaca lagi cerah kamu bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani di tepi pantai. Pantai Sire Lombok mempunyai garis pantai yang cukup panjang dan berlekuk-lekuk, yakni sekita 3,9 km. warna pasir pantainya agak kekuningan tetapi memiliki tekstur yang lembut.

Kegitan seru yang bisa kamu lakukan di pantai ini adalah canoeing, snokerling, memancing, bahkan bermain golf. Di sekitar pantai terdapat pohon-pohon kelapa yang rindang dan tertata rapi serta di imbangi dengan rumput nan hijau nan karpet, menjadikannya sebagai tempat favorit untuk liburan keluarga. Pantai Sire juga sering digunakan untuk menggelar even dan upacara tradisional ( music dangdut, upacara Laurangn, pesta pantai ).

Pantai Sire berjarak sekitar 45 km dari Kota Mataram, di daerah pesisir Barat Pantai Lombok. Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan selama kurang lebihnya 1 jam perjalanan.

Baca juga; 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

15. Gili Trawangan

Gili Trawangan sebenarnya sebuah pulau kecil sepanjang 2 km dan lebar 1,5 km, namun pulau tersebut merupakan destinasi favorit dunia yang menyuguhkan pengalaman bahari yang sangat mengesankan. Disini kita bisa menikmati sunset dan sunrise sekaligus, yang dikarenakan memiliki pantai yang menghadap ke timur dan ke barat.

Adapun kegiatan yang menjadi favoritnya wisatawan di Pulau Gili Trawangan ialah diving, snokerling, bermain kayak dan tidak ketinggalan berselancar. Di pualu ini kalian tidak akan menemui kendaraan bermotor, sebab tidak diijinkan oleh aturan lokal. Kegiatan asik lainnya adalah belajar berkuda mengelilingi pulau yang bisa Anda temui di beberapa tempat.

Di Pulau Gili Trawangan juga ada kesenian bela diri tradisional bernama ( presean / stick fighting ) yang bisanya dipertontonkan di sekitar pasar seni Gili Trawangan. Ternyata Pulau Gili Trawangan berpenduduk sekitar 800 jiwa, dan meiliki fasilitas yang beragam untuk wisatawan yakni “ Tir na Nog” yang mengkalim bahwa Gili Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

16. Pantai Tanjung Beloam

Pantai Tanjung Beloam lebih dikenal sebagai wilayah konservasi penyu dengan habitatnya yang ada disepanjang garis pantai yang memanjang dari ujung selatan sampai ujung utara. Selain itu pantai ini juga memiliki keindahan alam yang masih alami, ketika tiba di pantai akan disuguhi hamparan pasir putih serta air laut yang jernih membiru.

Daya tarikya terletak pada paronama batu cadas, dua buah tebing batu cadas yang mengapit Tanjung Boleam ini sungguh sangat eksotis dengan warna kuning keemasan diselingi corak hitam tak beraturan terlihat sangat cantik berpadu dengan birunya air laut. Bagi Anda penghobi photograpy, Pantai Tanjung Boleam adalah tempat yang sempurna untuk menemukan spot yang istimewa.

Jika menginginkan paronama alam yang lebih, cobalah naik ke atas bukit. Dari sudut ini Anda akan melihat hamparan pantai yang begitu mempesona dan lebih leluasa mencari spot yang akan di abadikan. Pantai Tanjung Boleam berlokasi di wilayah Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

17. Tanjung Ringgit

Inilah surganya para pemburu gambar foto, memang Pantai Tanjung Ringgit memiliki paronama sunrise yang memukau. Hebohnya, saking banyaknya yang ingin melihat sunrise di Tanjung Riggit, sebagian besar dari mereka rela menginap dan mendirikan tenda. Paronama matahari terbit akan semakin elegan karena berpadu dengan Gunung Rinjani dan Pulau Sunbawa sekaligus.

Keindahannya semakin lengkap, hamparan pantai dikelilingi bukit dan diatas bukit terlihatlah lautan dengan warna bergradasi dari beberapa warna sekaligus seperti biru pekat, toska dan biru muda serta tebing curam mengelilinginya. Pantai di bawah tebing ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk snokerling.

Agar bisa menemukan spot-spot menyelam, kalian hanya perlu menumpang kapal nelayan dengan biaya yang sudah disepakati. Pemandangan bawah lautnya sangat bagus, mungkin karena jarangnya dikunjungi wisatawan membuat kehidupan biota lautnya lebih terjaga. Pantai Tanjung Ringgit masih atu lokasi dengan Pantai Tanjung Boleam yakni di wilayah Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

18. Gunung Rinjani

Mendengar Gunung Rinjani yang beada di Lombok Utara tentu sudah tidak asing lagi bagi Warga Indonesia. Gunung dengan ketinggian lebih dari 3.700 meter dpl adalah gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia dan menjadi primadonanya wisata di Pulau Lombok. Pemandangan alam yang di miliki Gunung Rinjani merupakan pemandangan terindah di Indonesia, bahkan diklaim gunung terindah di Asia.

Oleh sebab itu, Gunung Rinjani menjadi gunung favorit para pendaki yang biasanya merupakan mahasiswa, pecinta alam, penduduk lokal, bahkan wisatawan asing. Waktu yang ramai dan banyak yang mendaki ialah di bulan Juli dan agustus. Kebanyakan dari mereka menuju ke puncak gunung Rinjani selain untuk menikmati paronamanya juga untuk mendapatkan kepuasan tersendiri.

Tiap tahunnya di bulan Agustus ( untuk merayakan kemerdekaan ) jumlah pendaki semakin banyak, dan sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa pecinta alam dari berbagai daerah di Indonesia. Namun perlu di perhatikan bahwa pada bulan Agustus sering kali mendapati angin kencang di puncak Gunung Rinjani ini.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

19. Gunung Tambora

Letak dari Gunung Tambora berada di dua kabupaten yakni Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, Pulau Sumbawa. Dengan memiliki ketinggian sekitar 4.000 meter dpl, gunung ini mampu memikat banyak hati para pendaki dengan menawarkan pesona alamnya yang sangat unik. Lebar kawah sebesar 7 km dan kedalaman 800 m yang dikenal dengan The Greatest Crater in Indonesia ( Kawah terbesar di Indonesia ).

Kawah tersebut terbentuk akibat letusan terbesar di dunia yang juga dikenal dengan The Largest Volcanic Eruption in History. Keindahan lainnya ialah padang pasir luas di sepanjang bibir kawah yang di tumbuhi subur bunga Edelweiss kerdi sekitar 0,5 m dengan jarak masing-masing 2-100 m. Selain itu batua-batuan berlapis yang cantik dengan di bagian atasnya berbentuk datar menyerupai meja menjadikan suatu fenomena alam yang menajubkan.

Ada satu lagi keindahan yang sangat sayang dilewatkan adalah keindahan pemandangan kawah, lautan, Pulau Satonda, padang pasir luas yang terlihat eksotis di puncaknya.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

20. Danau Segara Anak

Danau segera Anak adalah kawah dari Gunung Rinjani yang berada di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tengga Barat. Sebutan Segara Anak untuk danau ini berarti anak laut, karena warna biru dari air di danau tersebut seperti air laut pada umumnya. Danau Segara Anak berada di ketinggian sekitar 2.000 meter dpl dan umumnya para pendaki bermalam disana.

Dari danau terlihat sebuah Gunung Baru Jari yakni gunung baru jadi ( Gunung Volcano ) yang merupakan anak Gunung Rinjani. Di dekat Gunung Volcano juga terdapat sumber air panas yang banyak dipercayai mampu mengobati bermacam penyakit kulit. Satu lagi di kawasan dekat daerah perkemahan Danau segera anak terdapat sebuah pohon tua yang dikeramatkan penduduk setempat. Usut punya usut dengan perantara pohon tersebut segala keinginan dapat terkabul.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

21. Danau Satonda

Keunikan yang dimiliki Danau Santonda yang berada di tengah Pulau Satonda, Kabupaten Dompu, NTB ialah airnya asin seperti halnya air laut. Diperkirakan air asin di danau ini akibat tercampur air laut yang meluap dan terperangkap pada saat Gunung Tambora meletus. Sangat mungkin karena jarak Pulau Satonda dengan Gunung Tambora sangatlah dekat dan letusannya tergolong besar sehingga memungkinkan terjadinya gelombang besar.

Luas Danau Satonda sekitar 3 km2 dan belum diketahui jenis habitat yang ada di dalamnya. Dua ilmuwan dari Eropa ( Stephan Kempe dan Josef Kazmierczak ) pernah merintis penelitian di Danau tersebut. Pertama kali mengunjungi Danau Satonda saat Dutch Indonesia Snellius II Expedition pada bulan November 1984, kemudian kembali meneliti pada tahun 1989 dan 1996.

Menurut kedua peneliti itu, Danau Satonda merupakan fenomena alam yang langka karena air asinnya mempunyai tingkat kebasaan ( Alkalinitas ) yang tinggi dibandingkan denga air laut pada umumnya.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata diSulawesi Barat yang layak di kunjungi

22. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu ( Queen Waterfall ) berada di Pulau Moyo yang lebih tepatnya di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB. Air terjun ini memiliki 3 undakan air beserta 7 kolam berwarna hijau. Sanagtlah unik, airnya sangat bersih yang terlihat biru muda seperti air laut.

Stalaktid dan stalagmite yang menghiasi permukaaan dinding Air Terjun Mata Jitu menambah indahnya pemandangan. Bentuk dari batuan tersebut beragam sehingga menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Keindahannya sudah dikenal hingga ke manca Negara, maka tak heran jika tempat wisata ini selalu rami pengunjung.

Untuk bisa mencapai ke Air terjun Mata Jitu, wisatawan dapat menyewa perahu nelayan dari Desa Ai Bari di Sumbawa. Selama kurang lebih 2 jam perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan Pulau Moyo yang mengagumkan dan pemandangan savana serta perbukitan yang indah sekali.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

23. Air Terjun Sendang Gile

Lokasinya berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Ternyata air yang dicurahkan Air Terjun Sendang Gile berasal dari mata air Gunung Rinjani sehingga mempunyai kesejukan dan tentunya alami. Air Terjun ini berketinggian 600 m dpl dan memiliki ketinggian sekitar 31 dari dasar sungai.

Penduduk setempat sering menyebut Air Terjun Sendang Gile sebagai Batu Ko’ (batu kerbau , yang menurut cerita rakyak dahukunya sendang Gile adalah tempat mandi Bidadari ketika turun ke bumi. Untuk menuju ke tempat wisata ini, travelers harus melalui sekitar 200-an anak tangga dengan ketinggian mencapai 40 meter.

Setelah itu melewati jembatan berlubang melalui sebuah lembah dengan waktu perjalanan sekitar 20 menit. Adapun jalur alternatifnya yakni menyusuri pinggir lembah yang lumayan curam dan mengikuti saluran irigasi serta menyeberangi jembatan berbahan rotan.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

24. Taman Narmada

Saatu lagi hal menarik di Pulau Lombok adalah berwisata ke Taman Narmada yang cukup terkenal di Pulau Lombok karena keindahan taman dan kolam yang dimilikinya. Setiap pengunjung yang berada disini akan merasakan ketenangan dan kesejukan yang tak ada duanya. Taman ini berada di Daerah Narmada yakni di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Tengah.

Menurut sejarahnya awal mula taman ini di buat oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem dari kerajaan Karangasem. Sehinga Taman Narmada Lombok terkesan dan persis dengan taman yang berada di Karangasem, Provinsi Bali. Dulunya taman ini di buat untuk tempat upacara Pakelem ( upacara yang dilaksanakan pada bulan purnama kelima / tahun caka ). Dengan demikian, tempat wisata ini selain menyajikan keindahan yang wah juga menyimpan banyak nilai sejarah.

Baca juga;


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

10 komentar:

  1. Menarik banget ni info wisata https://www.17sekians.com

    BalasHapus
  2. pantai paintainya bagus kelihatan masih terawat banget
    dktourjogja

    BalasHapus
  3. Numpang ya min ^^

    Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus
  5. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus
  6. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus
  7. Ayo pasang angka keberuntunganmu di sini bersama BOLAVITA!! Tersedia berbagai macam pasaran togel yang bisa Anda coba, salah satunya adalah pasaran Singapore Pools.

    Dengan Jam Pasaran :
    > Tutup Pasaran : 17.25 WIB
    > Buka Pasaran : 17.40 WIB

    Dengan HADIAH dan DISKON Togel :

    *****HADIAH TOGEL*****
    ♠ 4D x 3000
    ♠ 3D x 400
    ♠ 2D x 70

    *****DISKON TOGEL*****
    ♠ 4D = 65%
    ♠ 3D = 59%
    ♠ 2D = 29%

    Dengan minimal betting Rp 1.000 saja sudah dapat memainkan permainan Togel.

    Bolavita juga bekerja sama dengan Bank ternama Indonesia. Guna mempermudah Anda untuk bertransaksi.

    Yuk gabung sekarang dan jadilah Pemenang Jackpot di BOLAVITA !!

    Hubungi kami di sini :
    WA / TELEGRAM : +628122222995

    #bolavita #togel #togelonlineterbaik #agentogelterbaik #juditogelterpercaya #togelsgp #togelhongkong #situstogelterbaik #togelonlineterpercaya #juditogel #togelsydney #togelbolavita #togelidn #togelisin #liveidn

    BalasHapus
  8. ZEUSBOLA SITUS TOGEL TERPERCAYA DAN TERAMAN

    Keyakinan memang dapat menjadi referensi yang sangat hemat biaya untuk digunakan. Situs permainan online seperti sekarang memang cukup, karena perlu kesempatan untuk menang, pemain juga harus memastikan jika mereka menggunakan sistem yang tepat sehingga hasilnya lebih banyak menguntungkan.

    Pemain akan merasa lebih nyaman dan lebih aman saat bermain dan tentu saja tidak perlu memindahkan Bandar Pibndah lagi. Zeustoto menyediakan 12 Pasar Lottery WLA resmi untuk pemain sebagai berikut:
    ♣CAMBODIA POOLS
    ♣HONGKONG POOLS
    ♣MAGNUM4D POOLS
    ♣MASSACHUSETTS EVENING POOLS
    ♣MASSACHUSETTS MID DAY POOLS
    ♣MEKONG POOLS
    ♣NEW JERSEY EVENING POOLS
    ♣NEW JERSEY MID DAY POOL
    ♣SINGAPORE POOLS
    ♣TAIWAN POOLS
    ♣TOTO MACAU
    ♣SYDNEY POOL

    Semua game lottery atau kasino online semuanya dapat diputar dengan 1 akun saja.


    SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI:
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame


    #agentogel #angkajitutogel #togelsgp #togelteraman #livecasino #bandartogel #togelonline #juditogel #judionline24jam

    BalasHapus