Jumat, 21 Oktober 2016

31 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

Kalau membahas makanan masyarakat Bandung memang jagonya, terbukti banyaknya sekali olahan yang diciptakan tangan trampilnya. Bagi Travelers yang hobi akan Wisata Kuliner, Kota Bandung bisa menjadi salah satu tujuan surganya makanan. Di daerah ini Anda sangat puas dengan aneka makanan yang di suguhkan dengan cita rasa unik, menarik dan tentunya akan menggugah selera.

Selain makanannya, Badung juga memiliki kerajinan yang tak luput untuk dijadikan buah tagan sebelum pulang ke rumah masing-masing. Setidaknya sudah menjadi tadisi, saat pulang dari liburan hampir kesemua wisatawan selalu menyempatkan diri berbelanja membeli sesuatu untuk keluarga, sanak saudara, teman, tetangga, pacar atau sekedar kenang-kenangan.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih buah tangan atau oleh-oleh dari Kota Bandung, di bawah sudah ada rangkuman macam-macam cemilan, makanan, baju, jajanan, hingga souvenir pun ada. Mari luangkan sedikit waktumu untuk menyimak ulasan beraneka macam oleh-oleh dari Kota Kembang ini adalah sebagai berikut :

1. Kue Surabi

Kue tradisional yang mendapat sentuhan variasi baru ini mulai banyak di cari wisatawan untuk oleh-oleh. Dari segi rasaya pun bisa di buat manis, gurih maupun asin membuat penikmatnya tak bosan-bosannya menyantapnya. Selain itu ada pula yang di kombinasikan dengan rasa buah seperti halnya rasa pandan, stowbery, coklat, keju dan masih banyak lainnya siap memanjakan lidah anda.

Yuk jangan ragu untuk mencoba kuliner unik khas Bandung ini dan tentunya sangat menyehatkan, apalagi cara memasaknya dengan cara di bakar di tunggu berbahan tanah liat.


2. Pisang Coklat ( Piscok )

Piscok merupakan jajanan yang di buat dari pisang berbalut kulit lumpia yang didalamya di berisi coklat dan gula. Jajanan ini sangat cocok di santap dengan di temani teh manis hangat pada saat santai. Rasa manis dan renyah adalah ciri dari makanan khas Bandung ini, bagaimana ? jangan lupa membeli ya.


3. Tahu Bandung

Tahu adalah makanan faforitnya orang Indonesia, maka tak mengherankan di setiap sudut daerah mempunyai makanan khas berbahan tahu ini. Seperti Tahu Bandung misalnya, tahu ini mempunyai rasa gurih dan teksturnya lebih lembut. Murah, enak, mudah di santap serta banyak mengandung protein siapa sih yang tak mau mencicipinya ?

Salah satu Tahu Bandung adalah Tahu Susu Lembang yang tempat penjualannya berada di Jalan Lembang No. 117. Bukan Cuma itu saja hlo sob, jika ingin menikmati tahu lainnya seperti Tahu Tauhid Anda bisa memeblinya di kawasan Jalan jenderal Sudirman No. 229, atau Tahu Talaga di Jalan Jenderal Sudirman No. 227, dan juga Tahu Sehat Bersih yang terletak di Jalan Astana Anyar No. 82.


4. Tempe Gila

Cemilan bikin gerah, berkeringat, dan ngos-ngosan ini lah Tempe Gila khas Bandung yang siap menggoyang bibir manismu. Tempe Gila tak lain dan tak beda berupa keripik tempe yang diracik dengan tikat kepedasan tertentu. Berani coba ? Pastikan ada air minum di dekat Anda jikalau ingin merasakan sensasi rasa pedas yang sesungguhnya dari tempe Gila tersebut.

Cemilan Tempe Gila ini menyediakan 4 varian yang mana adalah Cobian, Karesep, Aink, dan Gelo. Dari 4 varian yang sudah di sebutkan merupakan dari tingkat kepedasan mulai dari yang biasa sampai yang luar dari biasanya. Untuk menemukannya pun tak sulit, Tempe Gila banyak di temui di toko-toko  kuliner khas bandung ataupun pasar.


5. Keripik Maicih

Hay sobat penghobi menyantap yang pedas-pedas, jangan sampai terlewatkan keripik Maicih ini ya. Ups, Maicih sendiri ialah pengusaha kripik terbesar di Indonesia yang kantornya berada di Bandung, Jawa Barat. Produk-produk andalannya di antara lain berupa keripik singkong pedas, seblak, gurilem,dan basreng atau kepanjangannya bakso goreng.

Serunya lagi dari produk yang di buat Keripik Maicih para pembeli bisa memilih kepedasan dari level 1 hingga ke level 10. Lebih serunya lagi bro, ketika Anda sudah memakannya. Eh, jangan sampai lupa menyediakan air minum sebanyak-banyaknya ya bro.


6. Brownies Kukus

Pada awal kemunculan Brownies Kukus ala Amanda, sangatlah unik sebab tidak seperti biasanya pemasakan brownis dengan cara di kukus. Ternya proses pengukusan menjadikan tekstur kue ini menjadi sangat lembut, dengan rasa coklat yang berasa dan harga yang relatif murah jadilah cemilan ini semakin populer di kalangan masyarakat.

Lama kelamaan banyak varian rasa yang di suguhkan seperti rasa coklat original,brownies cheese cream, bluberry, choco marble, sarikaya pandan, banana bizz, tiramisu dan masih banyak lainnya. Usaha Amanda awalnya di sebuah outlet kecil di jalan Rancabolang No. 29, Margahayu Raya dan semakin berjalannya waktu kini usahanya ada di berbagai kota di Indonesia.


7. Pisang Bollen Kartika Sari

Pisang Bollen dari toko oleh-oleh khas Bandung menjadi incara para wisatawan saat berlibur ke Bandung. Kepopuleran Pisang Bollen bukan lagi booming melainkan sudah sejak tahun 70-an hingga kini masih tetap eksis dengan mempertahankan resep asli turun temurun. Beraneka varias bisa Anda pilih di tempat ini mulai dari rasa coklat, keju, Kacang Hijau , durian, dll.

Tidak cuma Pisang Bollen saja yang disediakan, melainkan masih banyak aneka pastry dan kue-kue menggoda selera lainnya sebagai contoh kue pastel, kroket, bagelen, risoles, dsb. Pisang Bollen menjadi pilihan favorit oleh-oleh Bandung tak lain karena enak dan terjaga kualitasnya. Alamat : Jalan H. Akbar ( Kebon Kawung ) No. 4 Bandung, Jawa Barat, Indonesia.


8. Bakso Goreng ( Basreng )

Serasi dengan namanya, Basreng memiliki tekstur renyah, gurih bagi siapapun penikmatnya akan selalu ketagihan. Basreng tersebuat biasanya terbuat dari adonan ikan tengiri, yang kemudian digoreng garing secara tradisional menggunakan kayu bakar dengan racikan bahan alami sehingga menghasilkan Kerupuk basreng yang renyah, gurih dan tahan lama tanpa bahan pengawet.

Rasa pedas yang ada di cemilan ini berasal dari ramuan cabai asli bukan cabai bubuk powder, sehingga rasa yang di hasilkan ialah pedas alami yang segar. Warna merah yang terlihat bukanlan berasal dari pewarna makanan tetapi dari sistem penggorengan yang di buat agak kemerah-marahan agar mendapat kesan lezat.


9. Cimol

Aci di Gemol adalah kepanjagan dari kata Cimol dengan bahan dasar berupa tepung kanji sehingga menghasilkan sebuah makanan bertekstur kenyal, empuk apalagi di padu dengan bumbu tertentu lezat abis dah. Pada bumbu yang di taburkan di Cimol juga banyak variasinya yakni menurut selera pembeli hlo, seperti balado, pedas, asin, jagung bakar dan masih banyak rasa-rasa unik lainnya.

Makanan khas Bandung ini tak hanya di temui di daerahnya melainkan dalam beberapa tahun belakangan ini Cimol sudah banyak di temukan di penjuru kota di Indonesia. Bila lebih mudah menemukannya cobalah membeli di sekolahan-sekolan pasti di antara banyaknya pendagang ada yang menjual makanan khas Bandung ini.


10. Picnic Roll

Dimana jajanan sejenis kue yang berisi cincanagan ayam atau daging berukuran lumayan besar dan tentunya rasanya yang membuat pembeli selalu menggandrunginya. Di dalam informasi yang sudah dihimpun tercatat ada 2 varian rasa yakni danging sapi dan daging ayam yang kesemuanya memiliki keunikan dan rasa tersendiri.

Picnic Roll adalah prduk favorit dari Primarasa, sangat di sayangkan sekali bahwa makanan ini hanya mampu bertahan satu hari di luar kulkas. Selain itu Primarasa juga memproduksi menu andalan lainnya seperti brownies, mouse cake dan pudding mouse. Home produksi ini berada di Jalan Kemuning, dan produksinya kemudian didistribusikan ke toko-toko cabang lainnya yang menyebar di kawasan Bandung.


11. Misro

Cemilan bernama Misro pertama kali diperkenalkan di Kota Bandung ( Sunda ), Jawa Barat, Indonesia. Tahukah Misro itu apa ? Misro ialah jajanan berjenis gorengan dengan bahan parutan singkong yang didalamnya diberi  gula merah guna memberi cita rasa yang elegan. Walaupun makanan khas Bandung, di daerah lain tak luput dari makanan yang satu ini ya ibarat sudah global.

Singkatan Misro di ambil dari kata “Amis di Jerone” yang mana memiliki arti “ Manis di Dalamnya” didalam bahasa Sunda. Secara umum Misro berbentuk bulat dengan isian gula merah didalamnya, yang kemudian di goreng kecoklatan.


12. Combro

Bahan baku Combro masih sama dengan Misro yaitu parutan singkong, yang menjadikan perbedaan antara Combro dan Misol ialah isian yang ada dilamnya. Isian pada Combro adalah sambal oncom yang sudah dimasak sedemikian rupa, dengan pemasakan masih dengan cara di goreng sepertihalnya Misro tadi.
Combro merupakan singkatan dari “Oncom di Jero” atau dalam bahasa Indonesia berupa “Oncom di Dalam”. Asalkan Kalian semua tahu bahwa Combro tak hanya di kenal di Jawa barat saja, melainkan di daerah-daerah lainnya di Nusantara tercinta ini. Kebanyakan kuliner Combro memiliki cita rasa yang pedas, tak hanya nikmat tetapi Combro juga kaya akan protein, vitamin serta karbohidrat.


13. Gepuk

Unik, menarik, enak, sedap, mengenyangkan, siapapun pasti suka dengan makanan khas Bandung yang satu ini. Olahan Gepuk di buat dari bahan dasar daging sapi yang di kemas dengan rasa sedikit manis dan gurih sekali. Gepuk daging sapi adalah olahan masakan berupa daging sapi yang direbus matang sampai empuk kemudian di potong dan dimasak kembali bersama dengan racikan bumbu.

Ptongan daging sapi  berbentuk pipih yang sudah di masak bersama bumbu tersebut kemudian dimasak kembali dengan cara di goreng sampai menghasilkan cita rasa yang amazing. Untuk penyajiannya, gepuk sapi biasanya di santap bersama nasi putih hangat dan di selingi dengan lalapan segar beserta sambal pedas.


14. Cireng

Aci di goreng atau Cireng adalah makanan yang berasal dari daerah Sunda yakni Bandung, Jawa Barat, Indonesiaa. Cireng memiliki bermacam varian rasa dari rasa daging ayam, sosis, bakso, daging sapi, keju dan masih banyak lagi varian rasa yang belum sempat di sebutkan. Denagan raa yang enak serta harga yang terjangkau membuat Cireng banyak di temukan di seluruh pelosok Indonesia.

Dari tahun 80-an Cireng khas Bandung sudah populer yang di buat dengan tepung kanji, tepung terigu, garam, kedelai, air, bawang, minyak goreng dan saus sambal. Lambat laun zaman semakin canggih kini Cireng sudah mengalami banyak varian rasa seperti yang sudah di tulis di atas.


15. Cilok

Sebenarnya Cilok hampir sama dengan bakso, hanya saja teksturnya lebih kenyal dan penyajiannya menggunakan saus yang telah dikombinasikan dalam berbagai bahan. Di daerah Bandung banyak sekali penjual Cilok, dikarenakan cemilan asyik tersebut berasal dari kota ini dan sudah menjadi kebanggaan tersendiri.

Cilok adalah salah satu kuliner khas Bandung yang bersahabat dengan penikmatnya mulai dari anak-anak hingga orang tua. Agar Cilok lebih sedap bisa di sajikan dengan campuran mie rebus atau camouran lainnya yang intinya bisa menggugah selera. Dengan harga yang cukup ekonomis menjadikan Cilok sering di cari dan karena itulah banyak penjual Cilok.


16. Batagor

Mulai dari pedagang kaki lima hingga beberapa hotel berbintang banyak yang menyediakan menu makan Batagor. Rasa enak tak bisa di pungkiri dari makanan bernama Batagor, yang terdiri dari paduan dari bakso dan tahu goreng serta di siram dengan saus kacang yang pekat. Daging yang di gunakan untuk membuat Batagor biasanya menggunakan Ikan Tengiri sebagai ciri khas Batagor asli Bandung.


17. Siomay Bandung

Makanan khas Bandung yang bisa di nikmati setiap saat baik bersama teman, keluarga, maupun pacar pun bisa jadi hal yang menyenangkan. Sajian Siomay biasanya di beri bebrapa jenis sayuran yang kemudian disiram dengan saus kacang yang gurih. Namun jangan salah sangka dulu, sebenarnya yang dinamakan Siomay adalah acinya.

Aci tersebut di masukkan kedalam tahu, pare maupun daun kol. Siomay Bandung merupakan salah satu jenis siomay yang cukup populer di kalangan penggemarnya. Karena Kota Bandung terkenal dengan keuletan dalam membuah sebuah kuliner unik, menarik dan juga rasanya yang mudah beradaptasi dengan lidah penikmatnya.


18. Bandros

Secara global Kue Bandros memiliki rasa asin dan lebih cenderung gurih, namun juga ada yang membuatnya dengan tambahan rasa manis. Jelasnya, Kue Bandros adalah kue basah tradisional sederhana asli buatan orang Sunda, Bandung, Jawa Barat. Adonan Kue Bandros di masak menggunakan cetakan cekung khas dengan diberi sedikit kelapa parut, yang menghasilkan aroma dan cita rasa yang lezat.

Menikmati Kue Badros ialah selagi masih hangat di padu dengan teh manis atau minuman sesuai selera masing-masing. Walaupun sudah dingin Kue bandros juga masih enak kok, yups jadi tak ada salahnya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.


19. Colenak

Dilihat dari namanya saja makanan ini sudah unik, menarik dan juga menggelitik bagi siapapun yang mendengarnya. Colenak merupakan singkatan dari kata “Colek Enak” dan termasuk makanan legendaris Kota Bandung yang sudah ada sejak tahun 1930-an. Colenak berbahan dasar dari tape singkong ( Peuyeum ) yang di bakar dan di beri saus gula kelapa dalam penyajiannya.

Lebih menariknya lagi, rasa gosongnya yang membuat rasa Colenak menjadi khas dan patut untuk Anda coba. Di Bandung masihbanyak warung atau lapak-lapak yang menjajakan Colenak, jadi ketika Anda berada di Bandung tak terlalu sulit untuk menemukan dan merasakan nikmatnya Colenak ini.


20. Peuyeum

Adalah hasil dari fermentasi singkong rebus yang di campur ragi, kemudian didiamkan ke dalam wadah beralaskan daun pisang dan ditutup rapat. Singkong rebus yang sudah menjadi Peuyeum sempura akan memiliki tekstur lembek, rasa manis dan sedikit asam. Waktu maksimal dalam pembuatan singkong rebus menjadi peuyeum ialah tiga hari untuk menghasilkan Peunyum yang memuaskan.

Oalahan Peuyeum bisa lansung dimakan atau dikreasikan kembali menjadi cemilan yang unik-unik. Atau juga bisa dijadikan pelengkap sajian seperti halnya es doger, er campur, pelegkap kolak dan lain sebagainya. Asalkan pembaca tahu perbedaan antara peuyeum dan tape adalah tekstur peuyeum lebih kering dari pada tekstur tape.


21. Perkedel Bondon

Jangan remehkan makanan yang satu ini, meskipun banyak di jual di emperan stasiun Hall Kereta Api Bandung, Perkedel Bondon memiliki rasa yang super enaknya.  Biasanya Perkedel Bondon di santap bersama nasi putih dan di lengkapi sambal pedas wuihh sedapnya. Perkedel Bondon jika dilihat secara detail sebenarnya mirip dengan perkedel kentang seperti biasanya.

Yang membedakannya ialah resep serta campuran bumbu didalamnya. Cara penggorengannya pun cukup unik dengan tunggu api yang menggunakan penghantar panas arang atau kayu. Banyak yang mengklaim jika cara memasak seperti itu adalah jurus ampuh untuk mmembuat perkedel Bondon yang lezat.


22. Martabak

Martabak Bandung memang sangat menggoda, karena rasanya yang lembut dan tidak eneg adalah salah satu ciri khasnya. Buah tangan ini bisa dibilang favorit dan sangat di minati segala umur, oleh karenanya penjual Kue Martabak Bandung mudah ditemui di berbagai sudut Nusantara. Selain itu ada berbagai varian rasa yang semakin pembelinya tak bosan-bosan untuk menyantapnya.

Martabak merupakan jenis makanan atau cemilan khas orang Indonesia yang bisa dibilang paling enak dikelasnya. Martabak terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang di racik secara khusus sehingga menjadi sebuah makanan yang bertekstur lembut, enak, pokoknya makanan ini cocok disantap bersama teman maupun keluarga eh bersama pacar juga oke.


23. Mie Kocok

Belum puas mencicipi makanan khas Bandung ? Cobain nih Mie Kocok yang super duper enaknya. Selain mengenyangkan, makanan tersebut kaya akan zat-zat baik yang di butuhkan tubuh hloo. Bagaimana tidak Mie Kocok adalah hidangan Mie yang di campur dengan bermacam-macam sayuran dan kikil sapi.

Mie Kocok jelas sangat berbeda dengan mie bakso apalagi dengan mie ayam,  kuah Mie Kocok dominan lebih kental dan lebih beraroma segar. Sementara itu isian dari Mie Kocok terdiri dari mie gepeng, tauge, macam-macam sayuran, dan kikil sapi. Jadi masihkah anda menyamakan Mie Kocok dengan Mie bakso atau Mie ayam ?


24. Oncom Raos

Hasil oalahan dari pada fermentasi kedelai yang diolah menjadi sebuah makanan sedemikian rupa. Oncom tersebut kemudian bisa dijadikan bahan baku masakan enak lainnya seperti contoh oncom goreng yang sudah banyak yang ngefans. Oncom Raos ialah salah satu dari banyaknya produksi oncom yang menyediakan olahan oncom berkualitas.

Tak hanya Oncom Goreng, di sini juga menyediakan macam-macam buah tangan khas Bandung yang bisa anda bawa pulang seperti aneka kripik, sale pisang dan lain-lain.  Alamat kedai Oncom raos : Jalan Cihampelas 91 B, dekat dengan pusat perbelanjaan Cihampelas walk.


25. Lotek

Mirip sekali dengan pecel, namun bukan pecel hlo. Daalam penyajian Lotek menggunakan saus kental berbahan utama kentang,gula, merah dan kacang tanah. Dari segi rasanya bisa di katakan bersensasi menarik seperti halnya asin, manis, pedas, gurih dan intinya sangat istimewa ketika bertemu dengan lidah.

Secara umum kuliner bernama Lotek terasa lebih manis dari pada pecel dan tak jarang olahan ini di beri tempe, terasi, dan bawang putih dalam sausnya. Sayur yang terdapat pada kuliner Lotek sanagt komplit yang di rebus setengah matang agar terlihat segar. Sementara rahasia dari bumbu kacangnya adalah campuran antara kacang tanah dan kacang mete yang berdominan dan serasi.


26. Kafetaria 170

Berlokasi di jalan Pasirkaliki No. 170, Bandung yang merupakan destinasi wisata kuliner yang menyediakan bermacam menu populer Nusantara hingga masakan Asia. Di tempat ini Anda bisa sepuas mungkin menyantap berbagai masakan yang dioalah secara profesional oleh chef handal dengan berbahan masakan yang tentunya berkualitas baik.

Tidak hanya menyediakan berbagai menu masakan saja, Kafetaria Pia 170 menawarkan macam-macam oleh-oleh khasnya orang Bandung. Tempatnya yang bersih, nyaman dan lokasi yang strategis menjadikan Kafetaria 170 sebagai tempat makan ideal, berkumpul keluarga, meeting, arisan ataupun acara-acara lainnya.


27. Kupat Tahu

Menu Kupat Tahu seringkali di ajajakan paada waktu pagi hari, yap sebagai sarapan sebelum melakukan rutinitas sehari-hari. Haraganya yang murah serta tidak terlalu mengenyangkan sangatlah cocok untuk santapan tatkala pagi menjelang. Walaupun ada bermacam jeniis variasi bumbu kupat tahu Bandung, Kupat tahun akan terasa sedap jika bau kencurnya nendang.

Selain bau kencurnya yang nendang paduan rasa pedas, manis, asam, gurih dari saus kacang harur benar-benar pas. Meskipun namanya Kupat tahu, namun dalan isiannya ada toge dan berbagai bahan pelengkap lainnya.


28. Angklung

Selain membawa oleh-oleh khas bandung berupa jajanan, cemilan maupun makanan, hal lainnya yang bisa Kamu jadikan sebagai buah tangan yang awet ialah Angklung. Ya, alat musik Angklung merupakan alat musik tradisional Bandung yang sudah di akui dunia. Alat musik berbahan bambu ini akan menciptakan alunan melodi yang indah dan syahdu.

Travelers bisa mendapatkan barang ini di Saung Angklung Udjo yang bertempat di Jalan Padasuka No. 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Selain disediakan berupa alat musik, Angklung juga ada miniaturnya berbentuk gantungan kunci dan hiasan ruangan rumah.


29. Kerajinan Tangan Lembang

Daerah Lembang selain penghasil Tahu Susu dan keindahan alam yang mempesona juga penghasil Kerajinan Tangan Khas Lembang berupa anyaman, bermacam kerajinan dari bahan bambu, dan juga keramik. Kebanyakan dari mereka mengolah sebuah kerajinan hanya menggunakan peralatan yang sederhana dan tradisional.

Dengan cara mendatangi langsung ke galery seni kerajinan Lembang, wisatawan bisa lebih leluasa melihat atau memilih benda apa saja yang di anggap menarik untuk di bawa pulang. Galery Kesenian lembang berada di Jalan Raya Lembang, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.


30. Tas Dan Sepatu Khas Cibaduyut

Ini loh Guys surganya belanja murah dan berkualitas, Cibaduyut ialah daerah yang menjadi pusatnya kerajinan sepatu dan tas di Bandung, Jawa Barat. Bahkan di sepanjang Jalan Cibaduyut banyak sekali toko-toko yang menjual tas dan sepatu dengan bentuk serta warna yang sangat menarik. Meskipun terkenal dengan tas dan sepatu, daerah ini juga ada jaket kulit, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, dsb.

Produk yang di buat berdasarkan pesanan memiliki nilai lebih, karena dapat di sesuaikan dengan keinginan pemesan seperti warna, model, serta ukuran, penambahan aksesoris pun tak luput oleh pengrajinnya.


31. Pakaian Khas Factory Outlet

 Fasion tak pernah lepas dari Kota kembang ini, salah satunya ialah Factory Outlet yang menyediakan berbagai jenis model pakaian yang hits. Factory Outlet yang paling terkenal adalah Rumah Mode di Jalan Setiabudi, tempatnya besar dan juga area parkirnya juga luas. Bagi wisatawan yang lapar tak perlu pergi jauh-jauh untuk membeli makanan, karena di Rumah Mode Bandung juga menyediakan restoran yang memiliki sajian makanan khas Bandung.


Selain di Rumah Mode Bandung, Factory Outlet The Secret yang berada di Jalan Riau juga tak kalah lengkapnya. Ada satu lagi EST Factory Outlet di jalan Sumatera, sangat di sarankan ketika di disini jangan sampai tak mencicipi makanan khas peninggalan Belanda di restoran Indische Tafel yang letaknya berada di seberang EST Factory Outlet.

Baca juga; 

Alangkah baiknya baca juga;





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 31 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

8 komentar:

  1. "yuhuuuu kabar gembira untuk kalian pecinta gadget...
    http://zapplerepair.com/iPhone-6-lcd-ada-bayangan-hitam-diganti-baru-juga-sama.html
    http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html
    http://zapplerepair.com/perbedaan-antara-lcd-iPhone-original-sama-iPhone-lcd-ori-kaca-palsu.html"

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ijin Post Yahh
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    BalasHapus
  4. Numpang ya min ^^

    Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  5. artikel yang bagus
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus
  6. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus
  7. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat ??
    Memiliki Banyak Permainan yang digemari oleh Penggemar Online
    SPORTBOOK
    LIVE CASINO
    TOGEL
    POKER DOMINO
    SLOT
    Promo Yang Berlaku Di LIGA UTAMA
    HOT PROMO :
    - Bonus New Member 15%
    - Bonus Deposit 10% (max 100 rb) Minimal TO 3x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Cashback Slot MIngguan 5%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Poker 0.2%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%
    Contact Us
    Website : JUARAUTAMA.INFO
    WA: +85516326756
    Kami Siap Melayani Anda 24 Jam Nonstop

    BalasHapus