Senin, 14 November 2016

Air Terjun Sekumpul – Hal Menarik & Informasi


Air terjun di Bali yang baru booming dibicarakan dan sedang ngehits dikalangan wisatawan domestik maupun mancanegara adalah Air Terjun Sekumpul atau biasa disebut Air Terjun Gerombong.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan terdiri dari tujuh air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berjauhan.

Dari ketujuh air terjun tersebut hanya dua air terjun yang bisa didatangi lebih dekat, sedangkan untuk sampai ke lima air terjun lainnya dibutuhkan tenaga dan  usaha ekstra. Keunikan dua air terjun ini berdampingan serta memiliki ketinggian dan debit air berbeda. Hal ini disebabkan karena dari dua sumber mata air yang berbeda.  Air terjun yang berada di sebelah kiri bersumber dari mata air, sedangkan air terjun di sebelah kanan atau letaknya yang lebih tinggi bersumber dari sungai.

Walaupun pada musim hujan, air terjun di sebelah kiri tetap memiliki air bening karena bersumber dari mata air. Sedangkan air yang ada di air terjun sebelah kanan akan berwarna coklat keruh karena bersumber dari air sungai. Asalkan pembaca tahu, bahwa Air Terjun Sekumpul dinamai oleh warga asing dengan nama Sevent Point Waterfall, sedangkan warga setempat menyebutnya dengan nama Air Terjun Pemuatan.

Aktifitas lain yang bisa lakukan wisatawan selain melihat pemandangan air terjun dan indahnya pegunungan adalah melakukan sesi foto prewedding dengan latar belakang air terjun, atau bisa juga hanya sekedar foto-foto bersama kawan, keluarga ataupun anggota wisata.

Waktu Terbaik Berkunjung

Bagi pembaca yang tertarik untuk mengunjungi dan melihat pemandangan Air Terjun Sekumpul, sambil melakukan aktivitas trekking. Alangkah baiknya berkunjung dan melakukan trekking di pagi hari dan  memulai perjalanan dari pukul 07:00 – 08:00 pagi. Karena di waktu inilah peluang hujan lebih kecil dibandingkan dengan sore hari.

Jika hujan, jalur jalan trekking akan menjadi licin dan agak sedikit sulit untuk melewati jalanan setapak. Sebelum melakukan trekking, wisatawan terlebih dahulu menuruni anak tangga yang menuju ke lokasi air terjun desa Sekumpul. Setiap wisatawan yang datang akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2000 / wisatawan lokal dan Rp. 5.000 / wisatawan asing.

Selama perjalanan menuju lokasi air terjun, sejauh mata memandang akan melihat beberapa rumah penduduk traditional yang mana dikelilingi pohon rambutan serta pohon durian. Setelah berjalan sekitar 10 menit, pemandangan yang tersaji berupa sawah terasering dan perbukitan yang menghijau serta pemandangan air tejun dari kejauhan nan eksotis.

Tentunya perjalanan terkking begitu melelahkan, rasa lelah akan terbayar setelah melihat keindahan Air Terjun Sekumpul. Cipratan serta udara nan sejik akan membuat tubuh kembali segar dan tentunya bisa menikmati segarnya air dengan cara berenang di dasar air terjun. Fasilitas dikawasan air terjun ini sudah dibuatkan jalan setapak yang dibeton dan juga ada beberapa gazebo untuk beristirahat.

Lokasi Air Terjun Sekumpul

Air terjun yang begitu mempesona ini berada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali, Indonesia. Berjarak sekitar 76 km dari Kota Denpasar atau krang lebih 20 km dari Kota Singaraja dengan waktu 1 – 1,5 jam perjalanan.

Aksesbilitas & Rute

Ada dua rute untuk menuju ke obyek wisaat Air Terjun Sekumpul. Rute pertama arahkan kendaraan ke Kota Singaraja dengan melewati Kawasan Wisata Bedegul ( DanauBeratan ), hingga sampai di Kota Singaraja ambil arah ke Kecamatan Sawan lalu sampailah ke Desa Sekumpul.

Sedangakan rute kedua setelah melewati Kawasan Wisata Bedegul sekitar 10 km ada sebuah pertigaan kecil, kemudian belok ke kanan dan ikuti terus jalan sekitar 12 km hingga tiba di pintu masuk Air terjun Sekumpul. Kondisi jalan pada rute kedua lumayan sempit, berkelok-kelok naik turun dengan pemandangan bukit serta jurang di kanan dan kiri jalannya. Perlu diingat, bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat tidak disarankan melewati rute ini. 

Setiba di area parkir, perjlanan masih berlanjut dengan berjalan kaki menyusuri jalan berpaving, menuruni ratusan anak tangga dan menyeberangi sungai. Jalan paving ini cukup curam dan beberapa diantaranya sangat licin karena berlumut. Setelah jalan paving habis, lalu menyusuri jalan setapak hingga sampailah di lokasi air terjun.

Bagi Anda yang ingin mendekati dasar Air Terjun Sekumpul, harus menuruni ratusan anak tangga lagi dengan kondisi jalan cukup curam. Selain itu menyeberangi sungai yang lumayan dalam, sekitar paha orang dewasa.

Obyek Wisata di Sekitar

Kabupaten Buleleng adalah objek wisata Bali di bagian utara, lebih terkenal dengan wisata alam perbukitan dengan air terjun yang masih alami. Jika pembaca memiliki rencana untuk mengunjungi air terjun desa Sekumpul, sebaiknya mempersiapkan kendaraan yang memang dalam kondisi bagus. Karena jalan yang akan ditempuh lumayan terjal dan berkelok – kelok.

Kabupaten Buleleng Bali Utara adalah tempat yang wajib kunjungi ketika berwisata di Pulau Bali, jika ingin melihat air terjun terindah di Bali yang masih alami. Kabupaten Buleleng memiliki lebih dari satu lokasi air terjun diantaranya adalah : Air Terjun Gitgit, Air Terjun Lemukih, Air Terjun Munduk, dan Air Terjun Les Buleleng.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Air Terjun Sekumpul – Hal Menarik & Informasi

0 komentar:

Posting Komentar