Sabtu, 12 November 2016

Danau Batur Kintamani – Hal Menarik & Informasi


Pulau Bali memiliki danau dengan daya tarik yang bisa dibiang sangat baik, danau tersebut adalah Danau Batur. Nama dari danau ini diambil dari nama Gunung Batur yang ada sampingnya,  yang mana letak Danau Batur tepat di lereng gunung tersebut. Danau Batur Kintamani menjadi salah satu destinasi wisata alam selain Pantai-Pantai di Pulau Bali yang sudah begitu tersohor.

Viewnya sanagat menawan, juga langsung bisa dirasakan saat berdiri di pinggir danau dengan disuguhi pemandangan air berwarna hijau kebiruan yang mempesona. Air danau ini sangat alami yang mana berasal dari air hujan dan mata air dari hutan yang ada di pegunungan.  Kawasannya yang dikelilingi pegunungan yang diselimuti pepohonan rindang sehingga menjadikan hawa disekitar sangat sejuk, nyaman dan aman untuk dijadikan wisata bersama keluarga.

 Danau Batur merupakan danau terluas di Bali, yang keberadaannya pada ketinggian 1.050 diatas permukaan air laut. Luas permukaan Danau Batur Kintamani sekitar 16 km2 dan kedalamannya sekitar 65 meter. Danau ini  termasuk dalam kategori danau kaldera aktif yang terbentuk karena letusan Gunung Batur pada ribuan tahun lalu.

Paronama Cantik Danau Batur

Keunikan lain yang dimiliki Danau Batur adalah ketika dilihat dari ketinggian, danau ini bentuknya mirip bulan sabit, dimana panjangnya mencapai 7 km dan lebar 2,5 km. Travelers bisa melihat secara keseluruhan keindahannya dari Desa Penelokan yang daerahnya lebih tinggi dari obyek wisata tersebut. Selain itu para pengunjungnya bisa berkeliling menggunakan sampan ataupun sebuah perahu yang di sediakan oleh warga sekitar.

Kamu juga dapat memancing di danau ini hlo Sob, jika tidak membawa pancing dikawasannya sudah banyak yang  menyediakan jasa sewa pancing dengan harga yang bersahabat. Restoran dan hotel juga banyak yang menawarkan tempat dimana pengunjungnya dapat menyaksikan keindahan Danau Batur dari atas.

Selain itu para pengunjung juga bisa menikmati megahnya Gunung Batur yang menjulang tinggi. Gunung ini masih aktif dan pernah meletus pada tahun 1917, tidak usah risau karena gunung tersebut masih dalam keadaan aman. Pemanfaatan Danau Batur tak Cuma sebagai objek wisata, namun juga dimanfaatkan sebagai sumber keaneka ragaman hayati , seperti berbagai biota darat maupun air.

Masih bisa ditemui beraneka macam ikan yang hidup di air Danau Batur ini, itulah sebabnya banyak para pemancing yang menyelurkan hobinya. Di sebelah barat ada sebuah desa tertua di Bali yaitu Desa Trunyan, yang terkenal dengan keunikannya dalam ritual pemakaman orang yang telah meninggal dunia.

Penyebab warna air yang berubah-ubah dipengaruhi oleh senyawa belerang yang ada di dasar laut sehingga terkadang terlihat kebiruan lalu berubah menjadi hijau kekuningan. Dan karena berada di daerah pegunungan, suhu udaranya sanagat dingin berkisar antara 22 – 260 C. Sangat di sarankan bagi yang ingin berwisata di tempat ini bawalah jaket atau sejenisnya.

Karena banyaknya keunikan yang ada diarea sekitar Danau Batur, membuat UNESCO tertarik dan menetapkan kawasan Danau Batur sebagai Global Geopark Network atau Taman Bumi. Jadi selain bisa menikmati cantiknya danau, wisatawan yang datang juga bisa belajar tentang berbagai satwa endemik, batuan serta semua hal yang berkaitan dengan geopark.

Bagi yang hobi fotografi, Kalian bisa sepuas mungkin berfoto-foto dengan background pegunungan, paronama yang cantik Danau Batur, pepohonan hijau, air yang membiru, serta langit dengan awan-awan yang terbang rendah. Cobalah untuk menginap, agar tidak melewatkan momen sunset dan sunrise yang menajubkan mata.

Alamat

Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia.

Akses & Rute Menuju Ke Danau Batur

Dari Pusat Kota Singaraja menuju ke Danau Batur akan melewati Jalan Gunung Batur dan  melewati Desa Kubutambahan, atau sekitar 58 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Kalau dari Kota  Denpasar berjarak sekitar 65 km dengan di mulai dari Bandara Internasional Ngurah Rai melewati Gianyar, dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 – 2 jam.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Danau Batur Kintamani – Hal Menarik & Informasi

0 komentar:

Posting Komentar