Sabtu, 12 November 2016

Pura Taman Ayun Mengwi - Hal Menarik & Informasi


Pura Taman Ayun berada di Desa Mengwi, Kabupaten Badung, Bali atau sekitar 18 km ke arah barat dari Kota Denpasar. Pura yang satu ini sangat indah, dan sesuai dengan arti namanya yakni pura di taman yang indah. Selain indah, Pura Taman Ayun juga memiliki nilai sejarah, tepatnya pada tahun 2002 lalu Pemda Bali mengusulkan ke UNESCO agar pura ini bisa masuk dalam World Heritage List.

Objek wisata Pura Taman Ayun merupakan pura Ibu atau Paibon bagi Kerajaan Mengwi di Bali. Yang mana dikelilingi kolam ikan, jadi pada saat berada di tempat ini seolah-olah berada tengah danau. Pura Taman Ayun Mengwi dibangun pada abad 17 (tahun 1556 Saka atau tahun 1634 M ) oleh seorang raja pertama Kerajaan Mengwi Tjokerda Sakti Blambangan atau I Gusti Agung Putu dengan diarsiteki seorang dari cina.

Sejarah

Pada ceritanya, I Gusti Agung Putu membangun sebuah pura di utara Desa Mengwi guna tempat pemujaan leluhurnya yang dinamakan Taman Genter. Setelah Mengwi telah berkembang dan menjadi sebuah kerajaan besar, I Gusti Agung Putu kemudian memindahkan Taman Genter ke arah timur dan memperluas bangunan tersebut.

Pura yang telah diperluas tersebut diresmikan sebagai Pura Taman Ayun pada hari Selasa Kliwon-Medangsia bulan keempat tahun 1556 Saka. Hingga saat ini, setiap hari Selasa Kliwon wuku Medangsia menurut pananggalan Saka, di lokasi pura ini diselenggarakan piodalan ( sejenis upacara ) untuk merayakan ulang tahun berdirinya pura.

Awal muasal didirikan pura ini karena pura-pura tempat peribadatan umat Hindu saat itu jaraknya terlalu jauh dijangkau oleh masyarakat Mengwi. Aspek seni, unik, menarik,  magis serta unsur nilai sejarah membuat pura ini banyak dikunjungi oleh para pelancong yang sedang melakukan perjalanan tour, dan menjadi salah satu objek wisata di Bali yang sayang di lewatkan.

Pada tahun 1917 pura ini hancur sebab terkena guncangan gempa bumi hebat, perbaikan besar-besaran dilaksanakan tahun 1937 dan di tahun 1949 dilaksanakan perbaikan terhadap kori agung, gapura, candi bentar, ditambah pembuatan wantilan nan luas. Perbaikan ketiga dilaksannakan pada tahun 1972 dan yang terakhir di tahun 1976.

Candi bentar serta tugu setinggi 16 meter di halaman bagian dalam pura tersebut dibangun sesuai arsitektur Jawa. Sedangkan tugu candi kecil yang berupa tempat duduk dari batu berjumlah 64 buah merupakan tugu peninggalan leluhur jaman megalitikum, guna mengenang para ksatria yang gugur dalam medan perang.

Pura Taman Ayun Mengwi ini memiliki luas 100 x 250 m2, yang mana terbagi menjadi pelataran luar dan pelataran dalam. Pelataran Luar berada disisi luar kolam, sedangkan pelataran Dalam dibagi menjadi tiga bagian, yakni :

- Peralatan pertama merupakan sebuah tempat untuk istirahat sambil menikmati keindahan Pura Taman Ayun Mengwi.

- Peralatan kedua adalah loksinya lebih tinggi dari pelataran dalam pertama serta tempat ini terdapat 9 relief penjaga setiap penjuru mata angin atau menurut kepercayaan Hindu dikenal sebagai simbol kekuatan Dewata Nawa Sanga.

- Peralatan ketiga terletak paling tinggi, pintu Gelung dengan posisi tengah hanya akan dibuka pada saat upacara yang jelasnya sebagai tempat keluar masuknya pretima, arca dan juga peralatan upacara lainnya.

Sedangkan dua pintu di sisi kiri dan kanan berfungsi sebagai keluar masuknya kegiatan sehari hari. Suasana Pura Taman Ayun Mengwi  tersebut sangat menenangkan, taman-taman tampak indah yang tertata rapi, dengan rumput-rumput hijau yang selalu dijaga kebersihannya. Tak terkecuali pohon-pohon tropis juga tertata begitu apik, menjadi sebuah perpaduan yang serasi antara tempat ibadah dan tempat wisata rekreasi yang asyik.

Puas menikmati keindahan taman pada pelataran utamanya,  kemudian para pengunjungnya bisa melanjutkan menyaksikan kemegahan pura dengan pahatan-pahatan seni dari jaman kerajaan.

Akses

Lokasi tempat wisata Pura Taman Ayun Mengwi  ini tidak begitu jauh, sangat mudah dijangkau dari Pantai Kuta, Pantai Sanur, maupun Pantai Nusa Dua. Menjelajahi Pulau Dewata nan eksotis ini tidak cukup hanya ke tempat wisatanya saja, tapi berbagai rekreasi juga perlu dikunjungi seperti berbagai permainan bahari atau olah raga air  watersport  di PantaiTanjung Benoa.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pura Taman Ayun Mengwi - Hal Menarik & Informasi

2 komentar:

  1. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan AKI RUSLAN SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit, kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI RUSLAN SALEH dan saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI RUSLAN SALEH saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Jika Anda Ingin Di Bantu Ritual Pesugihan Hubungi 0852=8584=7477 Atau [klik] AHLI PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    KEAMPUHAN RITUAL AKI RUSLAN SALEH
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris Usaha DLL
    Dan Masih Banyak Lagi, AKI RUSLAN SALEH Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    BalasHapus