Jumat, 11 November 2016

Trekking Di Desa Sambangan - Hal Menarik & Informasi


Ingin merasakan wisata di alam yang sesungguhnya dan seru? Trekking Di Desa Sambangan dapat menjadi pilihannya. Air terjun, pemandangan persawahan terasering serta hutan lindung akan Anda telusuri selama trekking di Desa Sambangan. Topografi di Desa Sambangan cukup bervariasi, jadi sangat cocok bagi Anda yang menginginkan kegiatan wisata adventure di Bali.

Desa Sambangan berada di ketinggian antara 500 hingga 1.020 meter di atas permukaan laut (dpl) sementara suhu udara di kawasannya berkisar di angka 100 C hingga 140 C. Di bagian utara desa tofografinya relatif datar, sedangkan di beberapa tempat relatif curam dengan kemiringan lereng 40 derajat.

Pemandangan alam di Desa Sambangan masih natural, indah dan alami, sangat cocok bagi Kalian yang ingin menikmati keseruan rekreasi alam. Terbukti banyaknya wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang hanya untuk melihat secara detail keindahan pemandangan di Desa Sambangan.

Keindahan Desa Sambangan semakin lengkap karena masih memiliki air terjun  yang alami dan indah. Tercatat ada 7 air terjun yang merupakan daya tarik utama wisatawan melakukan trekking di Desa Samabangan, yaitu Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kroya, Air Terjun Canging, Air Terjun Cemara,Air Terjun Kembar, Air Terjun Aling-Aling dan Air Terjun Dedari.

Fasilitas trekking di Desa Sambangan terbagi menjadi 3 golongan yaitu short trekking, medium trekking serta long trekking.

1. Short Trekking: fasilitas wisata yang hanya menempuh jarak sekitar 500 m, atau lebih tepatnya hanya mengunjungi spot plesir air terjun aling-aling.

2. Medium Trekking: fasilitas wisata menuju ke Air Terjun Dedari dan kemudian dilanjut menuju ke lokasi Air Terjun Cemara dengan tingkat kesulitan yang lebih jika dibandigkan dengan fasilitas short trekking.

3. Long Trekking: selain mengunjungi objek wisata Air Terjun Dedari dan Air Terjun Cemara, pengunjung juga dapat ke Goa Tirta Kuning.

Para petani di Desa Sambangan bekerja sama dengan satu sama lain dalam mengelola lahan sawah mereka. Para petani ini mempunyai organisasi dalam pengelolahan dan pembagian air, yang mana organisasi tersebut dinamakan “Subak“.

Menjelajahi Desa Sambangan dengan trekking dapat dilakukan dalam waktu selama kurang lebih 3 jam. Perjalanan dapat dimulai dari perkebunan atau “orientasi Secret Garden” yang akan memakan waktu sekitar 30 menit. Sepanjang trekking di kawasan ini, para peserta akan disuguhi pemandangan perkebunan dengan berbagai jenis tanaman, seperti kopi, cokelat, salak, pohon aren, nangka, pisang dan masih banyak yang lainya. Sesampainya di daerah Tibuan Puncak Sari, para trekking berkesempatan istirahat berendam di kolam renang alami serta disuguhi dengan buah-buahan yang masih segar.

Perjananan trekking kemudian dilanjutkan dan air terjun Aling-Aling sudah menanti kehadiran Anda. Kurang lebihnya 1 jam perjalanan para trekking akan menjumpai 4 air terjun sekaligus yakni Air Terjun Kroya, Air Terjun Kembar setinggi 10 meter, dan Air Terjun Pucuk dengan tinggi 15 meter. Di lokasi air terjun tersebut  para trekking isa bersantai, bermain di air terjun, berenang dan berselfie sebagai dokumentasi wisata yang dilakukan.

Setelah itu perjalanan trekking di lanjutkan, selama perjalanan akan melihat para petani mengolah tanah sawah mereka. Setelah itu Kamu akan di antar mengunjungi Pantai Lovina dan menyantap makan siang ala prasmanan.

Menjelajah tempat wisata dengan cara trekking memang asik dan tak akan kehilangan keseruannya. Selain lebih santai, Kalian juga berkesempatan untuk melihat pemandangan lebih lama dan bisa berinteraksi dengan penduduk setempat. Pokoknya dijamin, nggak bakal ada moment satpun yang terlewat. Tak heran jikakalau trekking semakin digemari dan disebut-sebut sebagai hits pengganti olahraga running.

Lokasi Desa sambangan

Desa Sambangan berlokasi di daerah Bali utara, tepatnya di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. Desa Sambangan berdekatan dengan Pantai Lovina, salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal akan lumba-lumba. Dari Desa Sambangan menuju ke pantai tersebut membutuhkan waktu sekitar 20 menit mengunakan kendaraan bermotor.

Jikalau wisatawan berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, akan memerlukan waktu setidaknya 3 jam untuk mencapai Desa Sambangan. Dan jika dari Kota Singaraja, hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Trekking Di Desa Sambangan - Hal Menarik & Informasi

1 komentar:

  1. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan AKI RUSLAN SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit, kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI RUSLAN SALEH dan saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI RUSLAN SALEH saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Jika Anda Ingin Di Bantu Ritual Pesugihan Hubungi 0852=8584=7477 Atau [klik] AHLI PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    KEAMPUHAN RITUAL AKI RUSLAN SALEH
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris Usaha DLL
    Dan Masih Banyak Lagi, AKI RUSLAN SALEH Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    BalasHapus