Jumat, 22 Juli 2016

50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu daerah penghasil tambang, di provinsi ini kaya akan hasil tambang berupa Emas, Tembaga, Nikel, Batu Gamping dan masih banyak lagi lainnya. Kawasannya memiliki banyak wisata pegunungan, alam bahkan pantai  yang indah dan bisa di manfaatkan sebagai tempat wisata andalan Provinsi Sumatera Barat.

Tidak perlu berlibur di luar negeri untuk mencari tempat wisata yang eksotik, di Indonesia masih banyak tempat-tempat wisata yang tak kalah indahnya.  Malah bisa jadi Tempat wisata Di Negara tercinta ini lebih eksotik dan menarik dari pada tempat-tempat wisata di luar negeri. Sayangnya masih banyak kawan kita yang belum mengetahui keindahan alam dan potensi lainnya yang di miliki Negara Indonesia tercinta ini.

Untuk kawan-kawanku yang ingin berlibur atupun ingin mengetahui tempat-tempat wisata di Sumatera Barat, berikut ada sedikit rangkuman tempat wisata di Sumatara Barat yang mungkin bisa memberi informasi dan pengetahuan bagi Anda semua. Oke langsung saja kita bahas satu persatu … !

1. Pulau Cubadak

Pulau cubadak terletak di Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan pantai berpasir putih nan bersih. Ikon di pulau cantik ini ialah adanya teluk, batu karang dan tanjung. Sejauh mata memandang akan terlihat paronama laut yang biru dan pulau-pulau menghijau membuat penikmatnya sangat kerasan.

Kegiatan liburan yang bisa dilakukan oleh wisatawan manapun yaitu hiking ( berlayar ), snokerling bahkan bermain canoe. Keindahan dan keseruan akan semakin terasa, cobalah naik ke atas bukit pemandangan Pulau Cubadak akan terlihat utuh . Penginapannya berdeda dengan yang lainnya, disini tersedia penginapan berbahan alami yang di kelola secara professional oleh investor Itali.

Para wisatawan yang berlibur di Pulau Cubadak pasti puas, karena fasilitasnya lengkap dan yang paling utama keindahan yang dimilikinya dari perairan sampai daratan sangat memukau. Sebutan lain dari pantai yang elok nan surga di Pulau Cubadak adalah The Paradise of The South dengan luasnya sekitar 710 ha dan lebih di kenal dengan sebutan Pantai Pincuran Talu.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

2.  Pulau Sikuai

Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang letaknya ada di sebelah barat Pulau Sumatera. Nah, pulau ini juga menjadi tujuan favorit wisatawan karena memiliki alam bawah laut yang berisikan berbagai jenis terumbu karang dan ikas hias. Luas Pulau Sikuai sekitar 44,4 ha dengan iklim tropis sepanjang tahun dengan pantainya berpasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang sangat alami.

Pantainya berombak sedang sehingga para travelers yang berkehendak bermain air ataupun snokerling sangat aman dan nyaman sekali. Keindahan sunset bisa Anda lihat di tepi pantai, jika menginginkan keindahan yang lebih dapat melihatnya dari puncak pulau. Untuk menuju ke puncak pulau, telah di sediakan anak tangga dengan jarak tempuhnya selama 45 sampai satu jam.

Pihak pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta, untuk memfasilitasi Pulau Sikuai dengan hotel resort bintang tiga. Hotel disini menyediakan 54 buah cottage, restoran, kolam renang, dan ruangan rapat. Meskipun harga sewanya lumayan mahal, tetapi pengunjung masih bisa menikmati keindahan pantai dengan mengitari pulau, menjelajahi hutan, panjat tebing maupun wisata bahari.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

3. Pulau Pasumpahan

Suatu keindahan alam yang sangat unik, denga luas 5 ha Pulau Pasumpahan ini memiliki hamparam pasir putih dengan air laut yang jernih. Keunikannya berada pada permukaan laut yang terbagi tiga yakni air jernih di pinggir, air berwarna hijau di depannya dan warna biru berada di tegah laut. Pemandangan di pulau kecil ini sangat indah sekali maka tidak heran jika banyak wisataan lokal maupun asing yang berlibur di sini.

Pulau Pasumpahan berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. Untuk bisa sampai ke lokasi biasanya para pengunjung menggunakan jasa transportasi perahu kayu atau speed boat dari Sungai Pisang. Ketika berada di pulau, sejauh mata memandang akan takjub dengan pesona alam yang di sajikan.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

4. Kepulauan Mentawai

Kabupaten Mentawai merupakan destinasi wisata yang sudah Internasional, pantainya adalah tempat favorit bagi pecinta selancar. Secara geografis tempat wisata ini terletak di Samudera Hindia yang membuatnya memiliki ombak lumaya ekstrim dan sangat di buru oleh peselancar dari berbagai belahan dunia.

Kepulauan Mentawai sudah terkenal menjadi salah satu tempat berprtualang, wisata bahari, wisata budaya dan yang utama wisata surfing. Kepulauan ini merupakan rankaian pulau non-vulkanik dimana gugusan kepulauannya bagian dari satu punggung pegunungan bawah laut. Tercatat terdapat empat pulau yang membentuk Kepulauan mentawai yakni Pulau Siberut, Pulau Sipora , Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

5. Pantai Padang

Berikut adalah pantai yang sangt mudah di jangkau dan wajib travelers kunjungi karena letaknya persisi di pinggir jalan raya, tepatnya berada di tepi jalan pusat kota. Sebagian besar penduduk Kota Padang menyebut pantai ini sebagai Tapi Lauik ( TAPLAU ). Pantai dengan memilki obak yang cukup kuat tak hayal jika Pantai Padang di gunakan untuk olahraga selancar.

Meskipun letaknya di tengah-tengah kota, Pantai Padang juga memiliki paronama alam yang mempesona apalagi di waktu senja tiba keindahan sunset matahari terbenam akan menghipnotis mata. Di tempat wisata tersebut sangat cocok untuk melepas lelah dan berbagai aneka jajanan bisa di nikmati seperti masakan laut, jagung bakar dan bermacam minuman menyegarkan.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

6. Pantai Gondoriah

Gondoriah adalah sebuah tempat wisata pantai yang terletak sekitar 100 meter dari pusat Kota Pariaman , Sumatera Barat. Setiap tahunnya pada tanggal 10 Muharram rutin dilaksanakan upacara pembuangan Tabuik saat matari terbenam. Akses menuju ke pantai bisa menggunakan kereta api dari Kota Padang, dengan ongkos yang sangat murah sekali yakni Rp 3.500.

Travelers bisa leluasa menikmati garis pantainya menggunakan kendaraan roda dua / empat, maupun hanya berjalan kaki. Sebab kawasannya didukung sarana dan prasarana yang lengkap termasuk fasilitas jalanan penghubung Pantai Gondoriah dengan beberapa tempat wisata pantai di sekitarnya.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

7. Pantai Carocok Painan

Saat paling indah di Pantai Carocok Painan adalah ketika sang surya terbenam, paronama jingga yang memantul di atas Samdera Indonesia sangat wah dan moment yang harus di abadikan. Berbagai kegiatan yang bisa di lakukan para pengunjung di sini antara lain bermain air, berenang, snokerling, dan memancing bagi Mereka yang berminat.

Selain itu berbagai pemainan yang seru seperti halnya jetski, ekstrim game, flying fox, banana boat dan masi banyak lainnya. Biaya masuk hanya sebesar Rp 2.000-3.000 / orang, wisatawan sudah bisa menikmati segala keindahan alam yang tersaji di Pantai Carocok. Kelengkapan berlibur semakin terasa karena adanya bermacam cindera mata dan makanan khas padang dengan harga yang terjangkau.

Pantai Carocok Painan berada di Kabupaten Pesisir Selatan, untuk menuju lokasi dari Kota Padang ke obyek wisata kira-kira membutuhan waktu  sekitar 2,5 jam. Fasilitas; mushola, toilet umum, dll.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

8. Pantai Aie Manih / Air Manis

Pantai Air Manis sangatlah favorit di kunjungi wisatawan, karena di kawasannya memiliki gelombang ombak kecil dan paronama Gunung Padang. Letaknya berada 15 km dari pusat Kota Padang, pantai ini terkenal luas dan landai. Ketika surut para travelers bisa berjalan menuju ke Pulau Pisang Ketek yang jaraknya -+200 meter dari bibir Pantai Air Manis.

Di tepi pantai terdapat batu Malin Kundang dan beberapa perlengkapan Kapalnya, usut punya usut Malin Kundang di Kutuk menjadi Batu oleh ibunya di Pantai Air Manis ini. Wisata kulinernya ialah ikan bakar, nasi kapau. Bermacam souvenir kerajinan berbahan karang  juga bisa Anda bawa untuk oleh-oleh di kios dekat pantai.

Dari bandara Internasional Minangkabau dapat di akses menggunakan transportasi umum menuju ke Plaza Sentral Pasar Raya. Nah, dari pusat kota kemudian naik angkot umum dengan jurusan Bungus dan jangan lupa minta turun di Pantai Air Manis.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

9. Pantai Caroline

Pantai Caroline merupakan surga bagi peminat olahraga surving, yang dimana keadaan ombaknya sangat menantang untuk di taklukkan. Selain itu masih banyak kegiatan yang menyenangkan bisa Anda lakukan seperti halnya memancing, sepak bola, berenang, dan snokerling. Oh iya di kawasan Pantai Caroline juga menyimpan berbagai terumbu karang dan ikan hias yang eksotis.

Kondisi pasir pantainya berwarna putih bersih dengan di lengkapi pohon kelapa yang tubuh subur di tepinya. Kepopuleran pantai ini di imbangi dengan sarana berbagai penginapan dengan harga yang terangkau serta aneka makanan laut khas Sumatera Barat. Di jalur transportasinya juga mudah di dapatkan, pastikan pengunjung membawa uang cash karena belum adanya mesin ATM.

Letak Pantai Caroline di sebelah selatan Kota Padang, Sumatera Barat yakni di Teluk Bungus yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pesisir Selatan. Dari banyaknya pantai yang ada di sepanjang Pantai Padang, Pantai Caroline ini masuk dalam kiteria pantai dengan memiliki potensi laut yang masih terjaga dan terawat.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

10. Pantai Nirwana

Kata nirwana bermakna surga, karena keindahan yang di miliki oleh pantai tersebut sangat menajubkan bah surga. Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera yang berjarak 14 km dari Kota Padang. Sepanjang pesisir pantai di tumbuhi pohon kelapa yang membuat semakin indah, khususnya pada waktu air pantainya surut maka batu karang dan koral yang bertebaran menjadi incaran kamera para fotografer.

Pada bulan Juni-Agustus keindahan matahari terlihat jelas, indahnya sunset yang berpadu perahu nelayan membuat kesan yang tak terlupakan. Di saat senja, Pantai Nirwana berhiaskan lampu bangunan pelabuhan Teluk Bayur yang terlihat indah dan membuat suasana yang romantis.  Menuju ke Pantai Nirwana dapat dijangkau dengan transportasi umum dari pusat Kota Padang.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

11. Pulau Emas

Mendengan namanya saja orang-orang pasti bertanya-tanya dan penasaran. Kali ini Pulau Emas adalah sebuah nama pantai dan tempat wisata penginapan belaka yang bernamakan Suwarnadwipa beach & Resort. Pualau ini mempunyai perairan yang cukup tenang sehingga menbuat kenyamanan lebih bagi siapapun.

Suwarnadwipa sendiri merupakan julukan dari pulau Sumatera yang berasal dari bahasa Sansekerta berarti Pulau Emas, Suwarnabhumi atau tanah yang bersinar. Di kawasannya menyediakan penginapan yang nyaman berkonsepkan kesejukan alam. Dengan keadaan alamnya yang masih alami, perairan Pulau Emas merupakan lokasi transplantasi terumbu karang serta perlindungan flora dan fauna bawah laut.

Aha, di saat snokerling Anda dapat menjupai bintang laut dan berbagai biota laut yang unik salah satunya ikan hias nan lucu bernama ikan nemo. Alat transportasi yang di gunakan oleh wisatawan untuk menuju ke Pulau Emas biasanya Speed Boat yang bisa di dapatkan di Pantai Bungus Padang.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat Yang Indah

12. Pulau Pemutusan

Liburan ke tempat wisata pulau Pemutusan dapat di jadikan salah satu destinasi berlibur bersama keluarga. Sebab tempat ini menawarkan wisata yang lengkap baik dari pegunungan, alam dan lautan. Pulau Pemutusan ibarat sepotong surga yang tersembunyi di tengah Samudera Hindia yang belum banyak di jamah oleh pengunjung.

Dimana pulau ini cocok bagi penggemar foto, karena banyaknya spot-spot yang bertemakan hamparan pemandangan alam nan asri dan indah. Tidak cuma itu saja, biota laut dan terumbu karangnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Ketika ingin beristirahat, terdapat sebuah cottage yang bisa di singgahi dan bersantai sambil menikmati keindahan di depannya.

Pulau yang menajubkan ini memiliki pasir putih, pohon keapa khas pantai, air laut jernih dan ada juga hutan mangrove serta perbukitan yang hijau sungguh suatu paket liburan yang lengkap. Bagi travelers yang ingin berlibur di tempat yang sunyi maka pulau ini bisa jadi tempat yang pas, Anda akan merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi sebab tempanya tidak terlalu ramai.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Aceh Yang Memukau

13. Danau Maninjau

Keberadaan Danau Maninjau di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Disini menikmati keindahan danau yang jernih sambil menikmati cemilan khas Maninjau yakni Rinuak bersama keluarga adalah suatu moment yang sangat di dambakan. Danau Maninjau merupakan danau berjenis vulkanik yang bertempat di ketinggian 461,50 meter dpl.

Terbentuknya danau ini akibat letusan besar gunung api yang menghamburkan sekitar 230-250 km3  material pirokastik. Danau Maninjau ialah sumber air dari pada sungai Batang Sri Antokan, yang mana di salah satu bagian danau terdapat PLTA Maninjau. Secara keseluruhan keindahan danau ini bisa dilihat dari Puncak Lawang.

Untuk bisa mencapai ke Puncak Lawang dari arah Bukit Tinggi adalah melewati jalan berliku yang dikenal dengan nama kelok 44 yang jauhnya sekitar 10 km dari Ambun.

Baca juga; 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

14. Danau Kembar

Danau Kembar merupakan sebutan dari dua buah danau berdekatan. Danau Kembar berada di Kecamatan Lambang Jaya dan Kecamatan Lembah Gumanti , Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Dari pusat Kota Padang berjarak 60 km atau berjarak 50 km dari pusat Kota Solok. Jarak antara kedua danau sekitar 300 meter, kedua danau tersebut sebenarnya memilki nama yang berbeda.

Nama Danau Kembar adalah Danau Diateh dan Danau Dibawah, walaupun di sebut danau kembar tetapi bentuk dan uasnya sangat berbeda. Di dekat danau ada beberapa rumah makan dan penginapan, bahkan di kawasan Danau Diateh tersedia ruangan pertemuan serta beberapa permainan anak. Yang terunik dari tempat wisata ini ialah danau yang berada di atas bernama Danau Dibawah.

Jalur akses menuju ke lokasi sangat mudah bisa meggunakan transportasi umum maupun kenaraan pribadi. Biaya tiket masuk ke kawasan Danau Kembar sangat  terjangkau hanya Rp 2.000 / orang dewasa dan Rp 1.500 /  untuk anak-anak.

Baca juga; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo Yang Menajubkan

15. Danau Singkarak

Danau Singkarak membentang di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Danau yang luasnya 107,8 km² adalah danau terluas ke-2 setelah Danau Toba. Banyak manfaat yang di hasilkan Danau Singkarak, salah satunya adalah pembangkit tenanga listrik. Air danau ini merupakan hulu dari Batang Ombolin.

Terbentuknya Danau Singkarak adalah hasil dari proses tektonik dan danau ini merupakan bagian dari Cekungan Singkarak-Solok yang termasuk di antara segmen dari Sesar sumatera. Cekungan ini terbentuk dari amblesan akibat aktivitas pergerakan Sesar Sumatera. Saking dalamnya, bahkan tidak banyak jenis ikan yang mampu bertahan hidup di danau Singkarak ini.

Baca juga; 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

16. Air Terjun Lembah Anai

Lokasinya yang berada di di sisi jalan, membuat tempat wisata ini ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar negeri. Keindahan alam yang di miliki obyek wisata Air Terjun Lembah Anai adalah citra alam yang masih sangat asri. Sumber air yang di curahkan berasal dari Gunung Singkalang, dengan air yang sangat jernih membuat siapapun betah berlama-lama menikmati kesejukan suasananya.

Jalan menuju lokasi dari Kota Padag ataupun Kota Bukit Tinggi akan melewati jalan yang cukup berkelok-kelok dan di lengkapi dengan pemandangan indah. Lokasi Air Terjun Lembah Anai tepatnya berada di Lembah Anai, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

17. Air Terjun Nyarai

Lokasinya berada di Hutan Gamaran , Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Ketinggian air terjun ini kira-kira 7-8 meter, hal yang menarik dan menjadi ikonnya adalah kolam besar dengan airnya berwarna kehijauan yang merupakan rumah bagi ikan-ikan.

Kolam ini diapit oleh batu besar berbentuk seperti pintu, di tempat inilah lokasi untuk berenang sepuasnya sambil menangkap ikan dan bermain ayunan dari akar pepohonan. Keindah sempurna yang dimiliki air terjun ini karena keberadaannya di dalam hutan, sehingga untuk mencapainya harus berjalan kaki. Selama perjalanan sejauh mata memndang akan di suguhi bermacam pemandangan alam yang asri dan alami.

Baca juga; 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

18.  Air Terjun Timbulun

Keindahan yang tersembunyi telah di miliki Air Terjun Timbulun, keindahannya terletak dimana air terjunnya terdiri dari 7 tingkatan yang kesemuannya mempunyai bentuk dan lubuk yang berbeda. Hulu dari pada air terjun ini berasal dari areal Taman Nasional Kerinci Seblat dan bermuara di Samudera Indonesia atau di Teluk Painan.

Jalan menuju Air Terjun Timbulun cukup mudah berupa jalan yang di cor, dari pusat Kota Painan berjarak kurang lebih 3 km dan 79 km dari Kota Padang. Setelah itu berjalan kaki menelusuri Sungai Batang Timbulun sejauh 500 meter dari pos penjagaan masuk. Tempatnya berada di Kampung Painan Timur, Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

19. Air Terjun Belek

Tempat liburan Air Terjun Belek terbilang masih sangat asri dan alami, untuk mencapainya saja Kalian harus menempuh perjalanan selama 2,5-3 jam melewati pepohonan rindang di Hutan Gamaran. Letaknya memang di tengah-tengah hutan di Desa Gamaran, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Bagi travelers yang doyan akan wisata alam dengan medan yang menantang, maka Air Terjun Belek yang memiliki ketinggian 15 meter ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Selama perjalanan akan melewati jembatan darurat dari kayu, kayunya dibuat renggang guna memudahkan para pejalan kaki untuk melangkah. Uniknya di dasar Air Terjun Belek terdapat bebatuan yang bisa digunakan untuk duduk dan ada juga kolam. Di depan air terjun ada dataran luas sepanjang 20 meter, karena permukaannya yang licin biasanya lokasi ini digunakan untuk area mainan berseluncur.

Baca juga; 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

20. Air Terjun Talago

Air Terjun Talago masih satu lokasi dengan Air Terjun Nyarai Dan Belek yakni berada di Kawasan Hutan Gamaran. Air terjun ini lebih mempesona, lebih hijau dan lebih anggun dengan lubuk yang luas, berjarak sekitar 7 jam perjalanan dari Air Terjun Nyarai. Untuk menuju ke lokasinya memang membutuhkan ketahanan fisik dan medan belukar, namun semua akan terbayar dengan keindahannya.

Di kawasannya sangat asik untuk mandi dan bermain air karena airnya yang dingin, membuat kesegaran bagi siapa saja yang berada di sini. Anda perlu membawa persiapan dari rumah seperti bahan kosumsi, obat-obatan, dan perlengkapan lainnya mengingat tempat wisata yang satu ini jauh dari perkampungan serta berada di tengah-tengah hutan.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

21. Air Terjun Babang

Keindahan Air Terjun Babang sungguh eksotik yang memiliki 3 tingkatan. Tikat pertama dengan lubuk yang dangkal, biasanya disini tempat anak-anak bermain ria. Tingkat kedua memiliki lubuk yang agak dalam dengan ketiinggian air terjun mencapai 20 meter, dan lokasi tingkatan ketiga bisa di bilang jarang dikunjungi karena jaraknya yang lumayan jauh hanya penduduk setempat yang mungkin pernah ke tempat itu. 

Anda akan melalui tepian sungai selama 1 jam perjalanan berjalan kaki dengan kondisi jalanan berupa sisa-sisa pengaspalan tahun 80-an. Lokasi Air Terjun Babang berada di Dusun Surantiah, Koto Buruak, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

 22. Air Terjun Tigo Tingkek

Air terjun Tigo Tingkek ialah obyek wisata alam yang berlokasi dikaki Bukit Barisan yang berketinggian kurang lebih 600 meter dpl. Persis dengan namanya Air Terun Tigo Tingkek memiliki tiga tingkatan, selain bernama Tigo Tingkek kebanyakan masyarakat Cindarir menyebutnya sebagai Lubuk Hitam. Dari pusat Kota Padang berjarak kira-kira 23 km dapat menggunakan via angkot berjurusan Padang-Bungus Teluk Kabung.

Tempat ini sangat seru di gunakan untuk liburan yang mempunyai tiga tingkat air terjun tempat dimana menikmati ciptaanTuhan. Terletak di Desa Koto, Lubuk Hitam Cindakir, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

23.  Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Ketinggian Air Terjun Sarasah Banyak Gariang adalah sekitar 40 meter yang terdapat di pedalaman Hutan Bukit Barisan. Karena jaraknya yang relative dekat dari Lik Gadut, tempat wisata ini termasuk sering di kunjungi oleh para wisatawan. Usut punya usut nama dari Air Terjun Sarasah Banyak Gariang ialah dahulunya kolam yang berada di bawah air terjun ini kaya akan ikan Gariang.

Dari LIK Garut berjarak sekitar 2 km sebelah timur Padang atau 17 km sebelah timur Padang yang kesemuanya bisa di akses menggunakan kendaraan roda dua maupun beroda empat. Telak tepatnya berada di desa Koto Baru, Gadut, Kelurahan Limau anis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

 24. Pemandian Air Panas Bukik Kili

Pemandian Air Panas Bukik Kili merupakan suatu tempat wisata yang sangat favorit sekaligus tempat terapi kesehatan. Pemandian yang bersumber air panas ini berasal dari Guung Talang di Kampung Batu Dalam. Kebanyakan para pengunjung yang datang dari dalam maupun luar negeri ingi menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, rematik, kra, nyeri sendi, asam urat dan masih banyak lainnya.

Suhu air disini mencapai 42-45 derajat Celsius, jadi harus melakukan pemanasan dengan cara menyiram dikit  demi sedikit ke anggota badan. Di kawasan wisata ini memiliki 2 kolam terpisah masing-masing untuk kaum laki-laki dan perempuan, sehingga membuat kenyamanan yang lebih bagi mereka yang risih ke pemandian campuran.

Obyek wisata Pemandian Air Panas Bukik Kili di buka untuk wisatawan selama 24 jam penuh, sehingga tidak usah ragu jika datang pada jam yang tak lazim. Tempat ini selalu ramai baik di hari biasa maupun akhir pekan dan akan sangat ramai pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk menjangkaunya dapat naik angkot dari Solok, ataupun dari Kota Padang sekitar 44 km dengan melewati pemandangan alam yang sangat indah.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

25. Pemandian Lubuk Minturun

Pemandian Lubuk Minturun sudah digunakan sejak jaman pejajahan Belanda di tahun 1883 yang sebenarnya memiliki dua lokasi wisata yakni Mekah Mini dan Lubuk Minturun. Maka sebelum bulan Ramadhan tiba banyak pengunjung yang datang melakukan tradisi Balimau, tradisi untuk membersihkan diri sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Tempat pemandian ini menawarkan air berendam yang jernih dan sejuk serta memiliki keindahan alam yang asri. Pemandian Lubuk Minturun berada sekitar 10 km dari pusat Kota Padang, Sumatera Barat yang dapat di tempuh menggunakan kendaraan pribadi. Jika menggunakan angkutan umum pilihlah jurusan Tabing-Lubuk Minturun ke arah batas kota kemudian turun di Simpang Lubuk Minturun.

Dari simpang ini kemudian perjalanan masih berlanjut dengan menggunakan jasa ojek, sepanjang perjalanan sejauh mata memandang akan di hibur dengan pemandangan bunga dan bibit buah-buahan yang dijual oleh penduduk.  Untuk memasuki kawasan wisata Anda harus membayar tiket sebesar Rp 5.000 / orangnya.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

26. Pemandian Tirta Alami

Tempat pemandian umum Tirta Alami mempunyai luas 5 ha yang terdiri 4 kolam pemandian yang di buat berundak. Lokasinya yang berada di ketinggian 600 meter dpl menjadikan suasananya yang sejuk khas pegunungan. Kolamnya terbuat dari batu yang memang bernuansa alami airnya bersih, tanpa kaporit dan spot pemandiannya di bagi menjadi beberapa kolam sesuai dengan kedalamannya.

Susananya yang sejuk dan tidak perlu menggunakan sunblok, karena tempat pemandiannya terlindung oleh rimbunnya pepohonan. Lokasinya di Malibo Anai, Kecamatan Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 60 km dari padang dengan harga tiket masuk yang relative murah yakni sebesar Rp 3000 / orang.

Sumber air ini berasal dari Gunung Tandikek, Pemandian Tirta Alami juga lebih di kenal dengan nama Anai Resort. Belakangan pengelola wisata menambahkan sejumlah fasilitas Flying Fox, ATV Road dan beberapa temat bermain lainnya.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

27. Pemandian Alam Sako Tapan

Pemberian nama Pemandian Alam Sako Tapan diambil dari tempat lokasinya yaitu berada di Kampung Muaro Sako, Kenagarian Sungai Gambir Sako Tapan. Tempat wisata ini biasanya di gunakan wisatawan untuk melepas lelah sembari menikmati keindahan alam, menghirup udara segar pegunungan dengan ditemani merdunya kicauan burung.

Para traveler yang berkunjung bisa mandi dengan puas dan gratis, suasana alami serta batu-batu besar dan air  yang jernih membuat tempat ini sering dikunjungi. Keasrian dan kealamian Pemandian Alam Sako Tapan membuat lokasi tersebut bebas dari polusi dan sampah. Di kawasannya pengunjung bisa menikmati aneka jajanan , yang mana tempatnya di buat lesehan oleh pedagangnya.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku UtaraYang Menyenangkan

28. Pemandian Lubuak Bonta



Keindahan paronama alam disini terasa semakin lengkap dengan adanya air terjun mini. Air yang berada di pemandian tersebut bersumber dari mata air Gunung Tandikek yang terdiri dari dua kolam renang. Salah satu dari kedua kolam ini berada di atas yang berkelebihan airnya jernih dan penuh dengan ikan-ikan.

Di kolam bagian atas airnya tidak terlalu dalam sehingga para pengunjung cenderung banyak bermain di kolam ini. para pengunjung di kolam atas tersebut juga dapat menikmati sumber air berukuran besar dan bergelombang yang muncul dari permukaan tanah.

Baca juga; 39 Tempat Wisata Di Banten Yang Menjadi Incaran Wisatawan

29. Pemandian Lubuak Mato Kuciang

Pemandian Lubuk Mato Kuciang adalah salah satu dari sekian banyaknya tempat wisata di Sumatera Barat yang masih ramai dikunjungi wisatawan. Kolam pemandian yang memiliki air berwarna biru layaknya seperti mata seekor kucing ini sangatlah sejuk dan jernih. Pastinya pengunjung akan kerasan bermain air atau sekedar menikmati keindahan di sekitar pemandian.

Sumber dari Pemandian Lubuk Mato Kuciang berasal langsung dari mata air Gunung Singgalang. Kolam utamanya terletak di atas, pada bagian tengah dinding tebing yang terjal terdapat batu cadas yang di sediakan bagi mereka yang ingin melakukan atraksi lompat indah. Lokasinya berada di Kelurahan Pasar Usag, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata TerbagusDi Jambi

30. Tapian Puti

Kolam renang alami yang menjadi tempat wisata favorit pengunjung, Tapian Puti menyuguhkan pemandangan hutan belukar. Tapian Puti merupakan pemandian alam yang airnya mengalir di atas kolam-kolam batu dengan bentuk bertingkat. Kolam-kolam kecil inilah tempat untuk berendam maupun mandi, jumlahnya sekitar 7 kolam.

Kolam ini sangat jernih dan bersih, membuat kesegaran di badan jika berendam di dalamnya. Selagi berendam, pemandangan alam disekitar dapat dinikmati sambil menghirup udara yang terbebas dari polusi. Selain menjadi tempat wisata, pemandiaan alam Tapian Puti juga di gunakan oleh masyarakat setempat untuk melakuan tradisi Balimau.

Obyek wisata alam ini berada di daerah Korong / Desa Sikabu, Lubuk Alung. Lokasinya sekitar 25 km dari sebelah timur Kota Pariaman, atau sekitar 40 km dari Kota Padang.

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan

31. Lubuak Paraku

Kawasan wisata Sungai Lubuk Paraku terletak di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Air di sungai ini sangat jernih sekali, hingga dasar sungai yang dipenuhi bebatuan kecil bisa terlihat jelas. Untuk sampai ke wisata tersebut, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan angkutan umum yang menuju ke Sorok.

Lokasi wisata sungai Lubuak Paraku ini terletak di tepian jalan antara Kota Padang dan Kota Sorok. Di kawasannya terdapat beberapa fasilitas mulai dari tempat duduk berkanopi payung hingga ruang ganti baju. Berbagai kegiatan berlibur dapat dilakukan karena lokasinya yang cukup luas dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 / orang.

Baca juga; 42 Tempat wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

32. Batang Tabik

Kolam renang Batang Tabik terletak di Kanagarian Sungai Kamuyang, Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota. Air di kolam renang Batang Tabik ini bersumber dari mata air alami yakni dari Danau Singkarak. Pemandian Batang Tabik merupakan obyek wisata pemandian alam dengan air yang sangt jernih dan sejuk serta kawasannya di kelilingi hamparan sawah dan pemandangan alam yang indah.

Selain sebagai tempat pemandian dan rekreasi yang selalu ramai, airnya juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber air oleh PDAM Kota Payakumbuh untuk konsumsi masyarakat. Berbagai fasilitas yang sudah dimilikinya di antaranya toilet, musholla, ruang ganti pakaian daan warung-warung penjual aneka makanan dan minuman konsumsi.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik 

33. Sitinjau Lauik

Sininjau Lauik atau bisa di sebut dengan Padang Scenic Point adalah tempat wisata dimana untuk menikmati pemandangan luas dan hijau dengan latar belakang Samudera Hindia di ketinggian 1000 meter dpl. Temat wisata ini memiliki udara yang sejuk khas pegunungan yang bebas polusi, sejauh mata memandang akan melihat keindahan yang tak ada duanya di Kota Padang.

Pada malam hari keindahan disini bah surga berhiaskan lampu-lampu yang berpijar di pusat kota menjadikan suasana yang sangat romantis. Di tempat itu terdapat dua pos pengamatan, pos 1 lokainya tidak terlalu tinggi sehingga pandangan masih terhalang oleh perbukitan. Pos 2 yang di tandai adanya gazebo dengan desain khas rumah adat Minang, di pos 2 inilah yang di sebut sebagai Padang Scenic Point karena tempat ini akan memanjakan mata Kita dengan pemandangan hijaunya perbukitan, Kota Padang serta birunya laut.

34. Janjang Seribu

Memang tidak ada habisnya membahas tempat wisata di Sumatera Barat, nah tempat wisata yang satu ini memiliki anak tangga sebanyak seribu.  Tangga ini di buat untuk menyusuri tebing menuju kebawah lembah Ngarai Sianok. Dahulu Janjang Seribu di manfaatkan oleh penduduk sekitar untuk jalan mengambil air, namun sekarang sudah jarang dilakukan karena penduduk desa sudah menggunakan angkutan umum.

Kini Janjang Seribu menjadi salah satu obyek wisata untuk penghobi petualangan dengan menghadirkan wahana tracking. Keindahan alam di sekitar tegaknya Gunung Merapi dan gunung Singkalang yang tampak mempesona dari kejauhan. Hal tersebut akan menjadi obat pelepas lelah dengan di lengkapi kesejukan dan keasrian alam yang cantik.

35. Lobang Jepang

Lobang jepang ialah obyek wisata bersejarah yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Lobang Jepang dulunya merupakan sebuah trowongan pertahanan yang di bangun secara paksa oleh penjajahan Jepang pada tahun 1942. Panjangnya mencapai 1400 meter dan lebar 2 meter dengan rute yang berkelok-kelok.

Di sepanjang trowongannya terdapat ruangan khusus di antaranya adalah ruang penyergapan, ruang pengintaian, ruang penjara dan gudang senjata. Lokasinya yang strategis, dahulunya merupakan pusat pusat pemerintahan sumatera Tengah. Bahan untuk membuat dinding ialah tanah berjenis yang jika bercampur air akan semakin kokoh, bahkan gempa yang mengguncang daerah Sumatera Barat pada tahun 2009 silam tidak banyak merusak bangunan trowongan ini.

36. Jam Gadang

Kata Jam Gadang dalam bahasa Minangkabau mempuyai makna Jam Besar atau Jam Raksasa. Jam Gadang merupakan nama sebuah menara yang terletak di pusat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Menara ini memiliki jam berukuran besar di empat sisinya, selain sebagai pusat penanda Kota Bukittinggi tempat ini menjadi sebagai obyek wisata berhiaskan taman di sekitarnya.

Keunikan angka 4 dalam penulisan di Jam Gadang ini adalah IIII, seharusnya angka romawi angka 4 ialah IV. Jam tersebut di datangkan dari Rotterdam, Belanda melalui Pelabuhan Teluk Bayur serta digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hannya di buat 2 unit saja di dunia yaitu Jam Gadang dan Big Ben di London, Inggris.

37. Bukit Langkisau

Bukit Langkisau yaitu perbukitan yang berderet memanjang di sisi sebelah utara Kota Painan. Jalan menuju ke Bukit Langkisau melalui jalanan beraspal yang menanjak dan langsung sampai ke puncaknya. Jadi untuk menuju puncaknya tidak perlu susah payah berjalan atau menyusuri hutan, cukup menggunakan kendaran sudah bisa sampai kepuncak Bukit Langkisau.

Dengan akses yang cukup mudah menjadikan bukit ini lebih terbuka untuk semua orang, para wisatawan biasanya melakukan kegiatan paralayang ataupun sekedar menikmati paronamanya. Bukit Langkisau sudah di kenal oleh para pecinta olahraga paralayang, pada salah satu sisi puncaknya sudah tersedia tempat khusus.

38. Puncak Lawang

Ketinggian Puncak Lawang berada pada 1210 meter dpl, di ketinggian ini kita bisa leluasa menikmati keindahan paronama di kawasan Tanah Maninjau. Dari sini Kita juga dapat menyaksikan Smudera Hindia di sebelah barat perbukitan Danau Maninjau. Selain itu Puncak Lawang di jadikan lokasi olahraga paralayang dan pernah di gelar Event Internasional.

Pada jaman penjajahan, tempat wisata ini digunakan sebagai tempat peristirahatan bangsawan Belanda. Untuk sampai ke lokasi Puncak Lawang, para wisatawan akan melalui jalur jalan satu-satunya yaitu kelok 44. Puncak Lawang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Indonesia.

39.  Istana Pagaruyung

Obyek wisata yang cukup menarik dan merupakan salah satu icon dari kebudayaan suku Minang. Isata Pagaruyung saat ini adalah replica, namun tidak mempegaruhi wisatawan datang untuk mengetahui sejarah kebudayaan Minangkabau. Lokasi dan transportasi letaknya tidak terlalu sulit untuk di jangkau, berjarak 5 km dari Batu Sangkar.

Loakasinya berada di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupate Tanah Datar, Sumatera Barat. Untuk sampai ke lokasi traveler bisa menggunakaan berbagai macam jenis kendaran seperti kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

40. Lembah Harau

Green Canyon tidak Cuma ada di Amerika US sana, Lembah Harau merupakan Green Canyonnya Indonesia. Lembah Harau di apit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter dan batu pasir yang berwarna warni dengan tingginya 100 meter serta panjangnya mencapai 500 meter. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh.

Di kawasan wisata ini terbagi menjadi dua tempat wisata yakni Sarasah Bunta, tempat ini memiliki 5 air terjun serta kolam penampug air terjun. Yang kedua adalah Akar Berayun, disini terdapat kolam untuk berenang dan tempat berkemah. Lembah Harau sangat berbeda dengan lembah-lembah lainnya karena di kawasannya terdapat Lembah echo.

Lembah echo sendiri adalah tempat penghasil gema terbaik dan sempura, jika Anda berteriak akan menghasilkan gema sempurna sebanyak 7 kali. Usut punya usut tempat yang bisa menghasilkan gema sempurna hanya berada di satu tempat yakni di Lembah Echo ini, sungguh fenomena alam yang sangat menajubkan tentunya.

41. Kawasan Wisata Mandeh

Mandeh ini adalah kawasan wisata yang berada di Kecamatan Koto IX Tarusan yang berbatasan langsung degan Kota Padang. Kawasan Wisata Mandeh mencakup 7 kampung dan 3 Nagari, kawasan ini juga disebut sebagai Mandeh Resort yang sudah dikenal nasional maupun internasional. Kawasan Wisata Mandeh kini menjadi destinasi utama sebagai wisata bahari nan cantik.

Lokasi di kawasan ini disebut Mandeh Resort karena di salah satu Kampung yang bernama Kampung Mandeh yang terletak di tengah Teuk Carocok Tarusan. Teluk carocok Tarusan memiliki pantai yang landai dan tidak berombak, kerena disekitarnya terdapat beberapa pulau kecil yakni Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau sironjong Besar dan Kecil, serta Pulau Cubadak.

Tidak berlebihan bila kawasan ini di juluki sebagai The Paradise In The South ( Surga Selatan di Bagian selatan Provinsi Sumatera Barat ). Di surga inilah kedamaian bisa anda dapatkan dan penduduk memanfaatkan ketenangan serta kedamaian teluk ini dengan melayarinya, menyelam ataupun berlayar dengan menggunakan kapal penangkap ikan.

Sedangkan pengunjung yang datang biasanya memanfaatkan danau laut untuk berenang, menyelam, maupun bersnokerling untuk menikmati keindahan bawah laut yang berisikan bermacam jenis karang dan biota laut nan eksotik.

42. Puncak Anai Resort Golf Course

Puncak Anai jika dari Bandara International Minangkabau ( BIM ) hanya berjarak sekitar 40 km menuju ke Kota Bukittinggi dengan waktu selama 1 jam perjalanan. Anani Resort memiliki luas 400 ha dan di ketinggian 700 meter dpl ini berada dikaki Gunung Tandikat. Karena lokasinya berada di tempat yang tinggi membuat suhu udaranya dingin, tentunya bisa membuat nyaman para Golfer.

Adapula bangunan villa dengan desain bertema keaslian alam sekitar semakin menciptakan suasana natural bagi penikmat pecinta alam. Selain bermain golf masih ada kegiatan lain yang dapat Anda lakukan misalnya berenang, flying fox atau menjelajah hutan tropis.

43. Pantai Muaro Binguang

Pemandangan alam yang tersajikan di pantai Muaro Binguang adalah hutan bakau dengan pemandangan pantai yang mempesona. Hutan bakau disini di dominasi oleh pohon bakau ( Rhizophora sp ) dan nipah ( Nypa fructicans ). Kombinasi pohon ini semakain seru dengan adanya monyet ekor panjang, pengunjung bisa berkeliling hutan bakau dengan menggunakan perahu sewa milik nelayan.

Setelah puas mengelilingi hutan mangrove, cobalah mengunjungi pantai yang begitu mempesona. Pantai ini bernama Muaro Binguang dengan keadaan pantai yang bersih dan berpasir putih, namun kalian harus berhati-hati jika ingin berenang. Sebab pantai ini memiliki ombak yang cukup besar yang sangat berpotensi jika di kembangkan sebagai areal surfing ( Berselancar ).

Pantai Muaro Binguang berada di Kecamatan Kinali, lokasinya cukup terpencil dan jauh dari keramaian. Sepanjang jalan jalurnya melewati perkebunan kelapa sawit milik perusahaan swasta dan warga setempat. Sangat amat disarankan mebawa kendaraan lebih dari satu, karena mengingat jaraknya yang jauh dan jarang sekali perumahan warga.

44. Jembatan Akar Pesisir Selatan

Jembatan Akar terbuat dari dua akar pohon yang dianyam sedemikian rupa yang tumbuh berseberangan dan membentang di atas sungai Batang Bayang di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Masyarakat setempat menyebut Jembatan akar dengan nama Titian Aka, panjang Jembtan Akar 25 meter dan lebarnya 1,5 meter.

Konon jembatan ini mulai di bangun pada tahun 1890 dan bisa digunakan pada tahun 1916. Dulunya pendesain Jembatan Akar ini adalah seorang Ulama bernama Pakih Sokan yang bertujuan untuk menghubungkan dua kampung. Uniknya semakin lama bangunan ini semakin kuat dan kokoh, sangat berbeda dengan bangunan yang lain memang sangat jenius sekali pendesainnya.

45. Museum Adityawarman

Museum yang di resmikan pada 16 maret 1977 ini adalah museum budaya di Kota Padang, Sumatera Barat. Pengambian nama Adityawarman berasal dari salah seorang Raja Malayapura pada abad ke-14 yang sejaman dengan Kerajaan Majapahit. Selain terkenal dengan nama Museum Adityawarman, bangunan ini juga memiliki julukan Taman Mini ala Sumatera Barat.

Sebaagai museum budaya, museum ini menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah salah satunya adalah Rumah Gagonjong ( Baanjuang ) yang merupakan cagar budaya Minangkabau. Koleksi utamanya di kelompokkan menjadi sepuluh macam koleksi yakni geografika/geologika, etnografika, biologika, historika, arkeologika, numismatika/heraldika, seni rupa, teknalogika, keramologika, dan filologika.

46. Jembatan Sitti Nurbaya

Jembatan yang membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat menghubungkan pusat kota dengan seberang Padang dan akses menuju Gunung Padang. Pada malam hari di sekitar kawasan jembatan akan di penuhi penjual makanan yang menawarkan kuliner khas Padang.

Para pedagang menjual sate Padang, soto Padang, pisang Bakar, jagung bakar dan minuman khas sesuai selera. Selain itu Anda dapat menikmati keindahan lereng Gunung Padang berhiaskan kerlap-kerlip lampu dari pemukiman warga.

47. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau bisa di sebut Kebun Binatang Bukittinggi merupakan sebuah kebun binatang yang letaknya di atas Bukit Cubadak Bungkuak Bukittinggi, Sumatra Barat, Indonesia. Tempat wisata margasatwa ini merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia dan hanya satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat yang mempunyai koleksi hewan terlengkap di Pulau Sumatera.

Pada awalnya kebun binatang ini  di bangun oleh pemerintahan Hindia Belanda dengan nama stormpark ( Kebun Bunga) pada tahun 1990-an. Pembangunannya di arsistekturi oleh Gravenzande, Controleur Belanda. Mulanya hanya berupa taman, kemudian pada 3 juli 1929 beberapa koleksi hewan mulai dimasukkan kedalam taman tersebut. setelah itu tempat tersebut berganti nama menjadi Fort De Kocksche.

Tidak Cuma itu di tahun 1935, pada kawasan ini dibangun Rumah Adat Baanjuang ( Rumah Gadang ) yang memiliki 9 ruangan serta ajungannya berada di bagian kanan dan kiri. Kemudian terjadi perubahan nama lagi menjadi Taman Puti Bungsu, dan pada tahun 1995 terjadi perubahan nama yaitu Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan.

48. Benteng Fort De Kock

Benteng ini adalah peninggalan Belanda yang berada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Pendirinya ialah Kapten Bouer di tahun 1825 yang berfungsi sebagai pertahanan dari serangan Rakyat Minangkabau. Hingga saat ini Benteng Fort De Kock masih berdidri kokoh bercat putih-hijau setinggi 20 meter dengan dilengkapi meriam kecil disetiap sudutnya.

Kawasan sekitar benteng sudah di kelola oleh pemerintah daerah menjadi sebuah taman yang asri dengan banyak pepohonan rindang dan mainan anak-anak. Tempat wisata ini masih satu lokasi dengan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

49. Museum Bung Hatta

Museum Bung Hatta dulunya adalah rumah dimana Bung Hatta dilahirkan hingga umur 11 tahun. Kemudian Bung Hatta melanjutkan pendidikan menengahnya di Kota Padang ( Meer Uitgebred Lager Onderwijs ). Pada tahun 1960-an rumah ini runtuh, kemudian di bangun kembali atas gagasan Ketua Yayasan Pendidikan Bung Hatta.

Museum ini dibangun seperti bentuk aslinya, sebagian besar perabotan yang ada didalamnya masih asli dari peninggalan masa kecil Bung Hatta. Koleksi di Museum Bung Hatta antara lain berupa perabotan yang berhubungan dengan kehidupan masa kecil Bung Hatta, seperti lemari, tempat tidur, kursi, jam antik, dan masih banyak barang-barang lainnya.

50. Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta atau Gedung Negara Tri Arga dulunya adalah gedung bekas kediaman Wakil Presiden Indonesia Mohammad Hatta yang berada di pusat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Bangunan yang masih berdiri sampai saat ini ialah hasil renovasi yang karena pada tahun 1960-an di hancurkan oleh Militer Belanda.

Sebelum kemerdekaan, bangunan ini silih berganti menjadi tempat kedudukan Residen Padangse Bovenlanden dan Asisten Residen Agam.  Serta Selama delapan bulan dari bulan Juni 1947 – Februari 1948 gedung tersebut beralih fungsi sebagai tempat kedudukan Wakil Presiden Mohammad Hatta.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

15 komentar:

  1. Salam,
    Info destinasi wisata di Padang, Bukittinggi, Sumatera Barat, silahkan lihat di blog ini:
    http://www.pelanconganpadang.blogspot.com
    disitu ada juga info Paket Percutian/Wisata dan Sewa Kereta/Mobil.

    BalasHapus
  2. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    untuk kalian yang menunggu liburan dan bingung untuk cari tempat yang NYAMAN,MURAH dan STRATEGIS :) langsung aja yu kunjungi di HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

    BalasHapus
  3. Jembatan Akar Pesisir Selatan unik ya min, jembatannya itu loh bikin gemes heheh
    thanks info tempatnya min

    BalasHapus
  4. Waaaaaaaahhhhh.... subhanallah... aku baca semuaaa,dan semua bikin aku jatuh cinta.seandainya aku belum berkeluarga,pastilah aku minta pindah tugas di sumatera barat... aku akan menikmati seluruh alam di sumatera barat yang luar biasa... keren Indonesiaku...

    BalasHapus
  5. https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=543487726000663&id=536221276727308

    BalasHapus
  6. Terimakasih infonya sangat menarik http://bit.ly/2vplrBi

    BalasHapus
  7. terimakasih infonya sangat menarik, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2CEy6Fs

    BalasHapus
  8. CUMA di EDENPOKER yang kasih kamu uang jajan banyak dengan GAMPANG! Menangkan belasan hingga puluhan juta rupiah hanya di EDENPOKER!
    Ada bonus 10.000 juga GRATIS LHO!
    BURUAN DAFTAR sekarang juga hanya di www. EDENPOKER. CO .

    WA : +855 7863 3569
    LINK : WWW. Edenpoker .co
    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .BET
    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .CO .

    BalasHapus
  9. Numpang ya min ^^

    Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  10. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus
  11. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus
  12. Ayo pasang angka keberuntunganmu di sini bersama BOLAVITA!! Tersedia berbagai macam pasaran togel yang bisa Anda coba, salah satunya adalah pasaran Singapore Pools.

    Dengan Jam Pasaran :
    > Tutup Pasaran : 17.25 WIB
    > Buka Pasaran : 17.40 WIB

    Dengan HADIAH dan DISKON Togel :

    *****HADIAH TOGEL*****
    ♠ 4D x 3000
    ♠ 3D x 400
    ♠ 2D x 70

    *****DISKON TOGEL*****
    ♠ 4D = 65%
    ♠ 3D = 59%
    ♠ 2D = 29%

    Dengan minimal betting Rp 1.000 saja sudah dapat memainkan permainan Togel.

    Bolavita juga bekerja sama dengan Bank ternama Indonesia. Guna mempermudah Anda untuk bertransaksi.

    Yuk gabung sekarang dan jadilah Pemenang Jackpot di BOLAVITA !!

    Hubungi kami di sini :
    WA / TELEGRAM : +628122222995

    #bolavita #togel #togelonlineterbaik #agentogelterbaik #juditogelterpercaya #togelsgp #togelhongkong #situstogelterbaik #togelonlineterpercaya #juditogel #togelsydney #togelbolavita #togelidn #togelisin #liveidn

    BalasHapus