Kamis, 10 November 2016

Pura Batu Bolong – Hal Menarik & Informasi


Pulau Bali atau Pulau Dewata adalah pulau yang dijuluki sebagai pulau seribu pura, dan di antara banyaknya pura-pura yang tersebar di Bali salah satunya adalah  Pura Batu Bolong.  Dari lokasi Pura Batu Bolong ini para pengunjungnya dapat menyaksikan panorama yang indah, yakni hamparan pantai nan panjang yang berada di daerah kawasan Kuta dan kawasan Bukit.

Keindahan Pura Batu Bolong sering kali disejajarkan dengan Pura Tanah Lot yang mana letaknya menjorok dari garis pantai. Suasana spritual Pura Batu Bolong masih kental apalagi ditambah dengan letak pura yang berhadapan dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali, gunung yang disucikan oleh umat Hindu.

Bangunan Pura Batu Bolong terdiri dari dua pura, pertama ialah pura yang terletak di bawah pohon dan berada di dekat pintu masuk setelah menuruni beberapa anak tangga bernama Pura Ratu Gede Mas Mecaling. Sedangkan pura yang kedua berada di atas karang, dengan tingginya sekitar 4 meter berada di posisi yang menjorok.

Persis seperti pura-pura yang ada di Lombok, setiap pengunjung diwajibkan untuk mentaati beberapa peraturan seperti diharuskan memakai selendang kuning yang dililitkan pada pinggang dan bagi wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk datang ke pura ini. Jangan lupa untuk sukarela menyumbang uang sebagai dana kebersihan dan perawatan pura ini ya Sob.

Pura Batu Bolong adalah tempat pemujaan kepada Ida Batara Segara yang merupakan salah satu Pura Kayangan Jagat di Bali. Masyarakat Hindu di Bali selalu datang setiap hari untuk melakukan sembahyang dan berdoa agar diberikan kerahayuan dan kerharmonisan. Selain itu Pura Batu Bolong  merupakan tempat penyucian benda-benda sakral milik pura-pura yang ada di Bali.

Pura Batu Bolong ini terawat baik, bersih dan asri. Untuk area parkirnya sendiri berada disebelah bangunan pura. Karena lokasi pura ini berada tepat di Pantai Canggu, bagi wisatawan yang berkunjung ke pura ini dapat sekaligus menikmati indahnya panorama alam Pantai Canggu yang begitu mempesona.

Sejarah Pura Batu Bolong

Sejarah dari pembangunan Pura Batu Bolong belum diketahui secara detail, baik berupa peninggalan-peninggalan dalam bentuk prasasti ataupun tersurat dalam purana tersendiri. Selain itu,  berbagai versi dan cerita terdapat dalam lontar yang ada di Bali yakni Lontar menurut Empu Kuturan dan Lontar Lokakranti, serta Lontar Tutur Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh.

Menurut dari Lontar Empu Kuturan dan Lontar Lokakranti, Pura Batu Bolong ini di bangun pada abad XIV, disaat Empu Kuturan ikut dan bersama Raja Udayana mengadakan pertemuan di Samuan Tiga, Bedulu, dan Gianyar. Dalam perjalanannya, Empu Kuturan menemukan batu karang yang berada di sebelah selatan Linggasana ( Tabanan ), di lokasi tersebut Ia melihat orang tua bertapa dengan khidmat.

Kemudian Empu Kuturan menegur petapa tersebut. Tetapi, orang yang bertapa itu tidak bergeming sedikitpun dari tapanya. Setelah pertapa itu terjaga, terjadilah pembicaraan dengan Empu Kuturan, yang mana singkat cerita dari hasil pembicaraan tersebut akhirnya tempat ini disepakati keduanya dengan nama Parang Bolong.

Sedangkan menurut Lontar Tutur Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh, koleksi I Gede Suci, Pemangku Pura Puseh, Banjar Pipitan Canggu yang terkait dengan Lontar Dwijendra Tatwa, disebutkan bahwa Pura Batu Bolong didirikan tahun 1489 Masehi, abad XV. Dengan demikian berkaitan dengan anjangsana Ida Danghyang Dwijendra alias Danghyang Nirartha alias Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh turun ke Bali.

Bagi masyarakat Pengempon Pura Batu Bolong yang berasal dari Banjar Kayutulang, Banjar Umabuluh, dan Banjar Pipitan, asal usul terbentuknya Pura Batu Bolong tersebut memang meragukan. Selain terdapatnya banyak versi sejarah, dan minimnya peninggalan-peninggalan suci bersejarah lainnya. Walaupun demikian, masyarakat Pengempon Pura Batu Bolong masih tetap percaya, bahwa Ida Sang Hyang Widhi ( Tuhan ) yang bersemayam di Pura ini yang akan senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan bagi umat disekitarnya.

Lokasi

Terletak di Desa canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Dari Kota Denpasar berjarak sekitar 18 km atau setara dengan 45 menit perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Pura Batu Bolong terletak kurang lebih 50 meter dari bibir Pantai Canggu, dengan posisi pura menghadap kearah selatan pulau. Seperti halnya pura-pura kayangan jagat yang ada di Bali, pura ini juga memiliki Tri Mandala yaitu nistaning mandala (jaba sisi), madianing utama (halaman tengah) dan utamaning mandala (jeroan).

Baca juga :

13 Pantai Indah Di Pulau Bali Yang Disukai Wisatawan Indonesia

30 Cafe Kekinian Dengan Desain Menarik, Unik Dan Kece Buat Selfie Di Bali

13 Makanan Tradisional Khas Bali Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

21 Oleh-Oleh Khas Bali Yang Enak, Tahan Lama Dan Mudah Di Dapat

20 Wisata Kuliner Terkenal Di Bali Yang Enak Dan Murah

20 Makanan Khas Di Bali Yang Enak Dan Murah

11 Tempat Wisata Kesukaan Wisatawan Indonesia Di Bali

42 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

Daftar Pantai Di Pulau Bali Yang Bisa Kamu Kunjungi



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pura Batu Bolong – Hal Menarik & Informasi

1 komentar:

  1. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan AKI RUSLAN SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit, kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI RUSLAN SALEH dan saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI RUSLAN SALEH saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Jika Anda Ingin Di Bantu Ritual Pesugihan Hubungi 0852=8584=7477 Atau [klik] AHLI PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    KEAMPUHAN RITUAL AKI RUSLAN SALEH
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris Usaha DLL
    Dan Masih Banyak Lagi, AKI RUSLAN SALEH Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    BalasHapus